STRUKTUR KOMUNITAS IKAN DI DANAU PALUI KABUPATEN BARITO SELATAN

Ummi Suraya(1*), Aunurafik Aunurafik(2)

(1) Universitas Palangka Raya
(2) Universitas Palangka Raya
(*) Corresponding Author

Sari


      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberadaan struktur komunitas ikan ditinjau dari segi keanekaragaman, keseragaman dan dominasi jenis ikan di Danau Palui. Sedangkan manfaat penelitian ini adalah untuk menambah pengetahuan dan keterampilan tentang struktur komunitas ikan yang hidup di perairan tersebut. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat dijadikan informasi dasar dalam penelitian, pemantauan dan pengelolaan lingkungan perairaan.

Kegiatan penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan yaitu pada bulan September 2018 sampai dengan bulan Desember 2018 sedangkan lokasi penelitian  dilaksanakan di Danau Palui Kecamatan Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah pemasangan jarring insang (Gill net) dengan ukuran Mesh Size 1 inchi, 2 inchi dan 3 inchi. Serta pengambilan sampel ikan sebanyak 3 (tiga) kali dengan selang waktu sebulan sekali. Dari hasil penelitian diperoleh 6 (enam) famili dan telah diidentifikasi sebanyak 10 (sepuluh) spesies dengan jumlah total individu 306 (tiga ratus enam) individu yaitu : famili Cyprinidae : Menangin (Thynichthys polylepis), Seluang (Rasbora jacopsoni), Banta (Osteochilus triporos), Puhing (Cycloheilichthys apogon), Kelabau (Osteochils melanoplenura), famili Siluriade : Lais junggang (Cyptopterus micronema), famili Bagridae : Baung (Macrones Nemurus), famili Belontidae : Sepat rawa (Trichogaster trichopterus), famili Pangasidae : Riu (Pangasius macronema) dan  famili Anabantidae : Betok (Anabas Testtudineus).

Hasil analisis data menunjukan bahwa struktur komunitas ikan di perairan Danau Palui diperoleh indeks keanekaragaman (H’) berkisar antara (0,709 - 0,827) nilai ini menunjukan bahwa tingkat keanekaragaman di perairan Danau Palui tergolong rendah karena kurang dari 1. Indeks keseragaman (E) berkisar antara (0,866 - 0,911) ini menunjukan bahwa penyebaran jumlah per jenis hampir sama karena indeks keseragaman (E) mendekati 1. Sedangkan nilai indeks dominasi (D) berkisar antara (0,178 – 0,211) (mendekati 0), ini menunjukan bahwa diperairan Danau Palui tidak ada jenis ikan yang dominan.


Kata Kunci


Danau Palui, strutur komunitas ikan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonim, 2017. Laporan Tahunan Dinas Perikanan Buntok. Kabupaten Barito Selatan.

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP). 2017. Laporan Tahunan 2016. Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah. Palangka Raya.

Kiki Wulandari, Asriyana dan Alili. 2018. Struktur komunitas ikan di perairan Rawa Aopa Kecamatan Angata Kabupaten Konawe Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara. Jurnal Manajemen Sumber Daya Perairan, 3(1): 75-81.

Kottelat, M. A. T., Whitten, S. N,. Kartika dan S. Wijoatmojo, 1993. Freshwater Fishery of Western Indonesia and Sulawesi. Perplus Edition Ltd. Jakarta.

Krebs, C. J. 1978. Ecology The Wxperimental Analysis Of Distribution And Abundance. Harper And Row Publication. New York.

Nasir, M., 1988, Metodologi Penelitian. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Saanin, H. 1984. Taksonomi dan Kunci Identifikasi Ikan I dan II. Bina Cipta Bogor.

Soegianto, A. 1994. Ekologi Kuantitatif, Metode Analisis Populasi dan Komunitas. Usaha Nasional Surabaya.

Ummi Suraya dan Haryuni. 2013. Evaluasi Perikanan Tangkap di Sungai Rungan Kalimantan Tengah. Jurnal Ilmu Hewani Tropika. Vol. 2 Edisi 2.

Ummi Suraya, Aunurafik dan Fahrizal. 2015. Struktur Komunitas Ikan Yang Tertangkap Di Danau Pampait. Jurnal Of tropical Fisheries. . Vol. 11 Edisi 1

Wawan Hermanto, Siti Nursinar dan Mulis. 2013. Struktur Komunitas Ikan Di Perairan Danau Limboto Desa Pentadio Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Jurnal Ilmu Perikanan dan kelautan. Vol. 1 No. 3.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/zmip.v45i3.2895

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

 

    

 

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.