Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

Jurnal ini Fokus pada Hasil Penelitian yang Orisinil  dan Ruang Lingkup jurnal pada Bidang :

1. Agronomy

2. Agrotechnology

3. Agribisnis

4. Animal Production

5. Animal Feed and Nutrition

6. Social and Economic agriculture

7. Forestry

8. Fisheries and Marine Technology

8. Food Technogy and Industry

9. Food Science

 

Kebijakan Bagian

Artikel

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review
 

Proses Peer Review

1. Naskah akan direview apabila mengikuti panduan penulisan Jurnal Ziraa'ah dan      mengikuti template yang sudah disediakan

2. Naskah akan direview oleh 2 orang Mitra Bestari

3. Lamanya waktu  perbaikan naskah 7 hari setelah naskah dikembalikan oleh editor

4. Penulis yang tidak mengembalikan dalam tenggang waktu tersebut dianggap  mengundurkan diri

 

 

 

Frekuensi Penerbitan

1 volume 1 tahun terdiri atas 3 nomor penerbitan yakni  Bulan Pebruari, Juni dan Oktober

 

Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar.

 

Pengarsipan

OJS sistem LOCKSS berfungsi sebagai sistem pengarsipan terdistribusi antar-perpustakaan yang menggunakan sistem ini dengan tujuan membuat arsip permanen (untuk preservasi dan restorasi). Lanjut...

 

Kebijakan Plagiarisme

Setiap naskah yang akan dimuat diproses dengan mesin anti plagiarisme "PLAGIARISM CHECKER X"

 

Author Fee

Article Submission: 0.00 (IDR)
Authors are not required to pay an Article Submission Fee as part of the submission process to contribute to review costs.

Article Publication: 400.000 IDR 

If this paper is accepted for publication, you will not be asked to pay an Article Publication Fee to cover publications costs.

 If you do not have funds to pay such fees, you will have an opportunity to waive each fee. We do not want fees to prevent the publication of worthy work.

 

Etika Publikasi

Ziraa'ah : Majalah ilmiah Pertanian adalah jurnal elektronik nasional bermitra bestari yang diterbitkan tiga kali setahun (Pebruari, Juni dan Oktober) melalui sistem manajemen open journal system oleh Pusat Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin. Pernyataan ini menjelaskan perilaku etis seluruh pihak yang terlibat dalam penerbitan artikel dalam jurnal Ziraa'ah, termasuk penulis, dewan penyunting, mitra bestari, dan penerbit. Pernyataan ini didasarkan pada COPE’s Best Practice Guidelines for Journal Editors.

Pedoman Etik Penerbitan

Penerbitan artikel dalam Majalah Ilmiah Pertanian Ziraa'ah merupakan sebuah blok bangunan penting dalam perkembangan suatu jejaring pengetahuan yang koheren dan dihormati. Hal ini merupakan cerminan langsung dari kualitas kerja para penulis dan lembaga-lembaga yang mendukung mereka. Artikel-artikel yang di-review mendukung dan mengandung metode ilmiah. Karena itu, penting untuk menyetujui standar-standar perilaku etis yang diharapkan untuk seluruh pihak yang terlibat dalam penerbitan, yaitu: penulis, penyunting jurnal, mitra bestari, penerbit, dan masyarakat. 

Pusat Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin sebagai penerbit majalah Ilmiah Pertanian Ziraa'ah bertanggungjawab mengawal seluruh tahap penerbitan secara sungguh-sungguh dan mengakui tanggungjawab etik dan tanggungjawab lainnya. Lembaga berkomitmen untuk membantu komunikasi dengan pengelola jurnal dan/atau penerbit yang lain jika dipandang berguna dan diperlukan.

Keputusan Penerbitan

Penyunting Ziraa'ah Majalah Ilmiah Pertanian bertanggungjawab memutuskan mana dari artikel-artikel yang diserahkan harus diterbitkan. Validasi karya tersebut dan arti pentingnya bagi peneliti dan pembaca harus selalu mendorong keputusan tersebut. Para penyunting dapat dipandu oleh kebijakan dewan penyunting jurnal dan dibatasi oleh ketentuan hukum sebagaimana yang harus ditegakkan menyangkut pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta, dan penjiplakan (plagiarism). Penyunting dapat berunding dengan penyunting yang lain atau tim penilai dalam membuat keputusan ini.

Perlakuan yang Adil

Penyunting selalu menilai naskah berdasarkan kandungan intelektualnya tanpa membedakan ras, gender, orientasi seksual, keyakinan agama, asal usul etnik, kewarganegaraan atau filsafat politik para penulis.

Kerahasiaan

Para penyunting dan staf penyunting tidak boleh mengungkapkan informasi apapun mengenai naskah yang diserahkan kepada orang lain selain penulis, penyunting ahli, mitra bestari, dan penerbit.

Pemberitahuan dan Konflik Kepentingan

Bahan-bahan yang tidak diterbitkan yang diungkap dalam naskah yang diserahkan tidak boleh digunakan dalam riset penyunting sendiri tanpa persetujuan tertulis yang jelas dari penulis.

Kontribusi kepada Keputusan Editorial

Penilaian mitra bestari membantu penyunting dalam membuat keputusan editorial dan melalui komunikasi editorial dengan penulis bisa juga membantu penulis menyempurnakan tulisannya.

Kecepatan

Setiap penilai yang dipilih yang merasa tidak memenuhi kualifikasi untuk menilai penelitian yang dilaporkan dalam suatu naskah atau mengetahui bahwa ulasan cepatnya akan tidak mungkin harus memberitahu kepada penyunting dan membebaskan dirinya dari proses penilaian.

Kerahasiaan

Setiap naskah yang diterima untuk dinilai harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Dokumen itu tidak boleh ditunjukkan atau dibahas dengan orang lain kecuali diberi wewenang oleh penyunting.

Standar Objektivitas

Penilaian harus dilakukan secara objektif. Kritik bersifat pribadi terhadap penulis tidak dibenarkan. Penilai harus menyatakan pandangan mereka secara jelas dengan argumen yang mendukung.

Pengakuan Sumber

Penilai harus mengidentifikasi karya yang diterbitkan yang relevan yang tidak dikutip oleh penulis. Setiap pernyataan bahwa suatu observasi, derivasi, atau argumen telah dilaporkan sebelumnya harus disertai dengan kutipan yang relevan. Seorang penilai juga harus meminta penyunting untuk memperhatikan kemiripan atau tumpang tindih antara naskah yang dinilai dan tulisan lainnya yang telah diterbitkan.

Pemberitahuan dan Konflik Kepentingan

Informasi atau pendapat rahasia yang diperoleh melalui penilaian mitra bestari harus disimpan rahasia dan tidak boleh digunakan untuk kepentingan pribadi. Para penilai tidak boleh menimbang naskah di mana mereka memiliki konflik kepentingan yang berasal dari hubungan atau koneksi yang bersifat persaingan, kerja sama, atau lainnya dengan penulis manapun, perusahaan, atau lembaga yang terkait dengan tulisan.

Standar Pelaporan

Penulis harus menyajikan laporan yang akurat dari karya yang dibuat dan pembahasan yang objektif tentang signifikansinya. Data pokok harus direpresentasikan secara akurat dalam tulisan. Sebuah tulisan harus mencakup detail dan referensi yang cukup untuk memungkinkan orang lain mengulangi karya itu. Pernyataan-pernyataan curang atau yang dengan sengaja tidak akurat merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

Orisinalitas dan Penjiplakan

Para penulis harus memastikan bahwa mereka telah menulis karya-karya yang seluruhnya asli, dan bahwa mereka telah mengutip dengan benar jika menggunakan karya dan/atau kata-kata orang lain.

Penerbitan Ganda, Pengulangan atau Berbarengan

Seorang penulis secara umum tidak boleh menerbitkan naskah yang secara esensial menjelaskan penelitian yang sama dalam lebih dari satu jurnal atau penerbitan utama. Menyerahkan naskah yang sama kepada lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku tidak etis dan tidak dapat diterima.

Pengakuan Sumber

Pengakuan wajar terhadap karya orang lain harus selalu diberikan. Para penulis harus mengutip publikasi yang berpengaruh dalam menentukan sifat dari karya yang dilaporkan.

Kepengarangan Tulisan

Kepengarangan harus dibatasi kepada mereka yang memberikan sumbangan penting kepada konsepsi, desain, eksekusi atau penafsiran kajian yang dilaporkan. Seluruh orang yang memberikan sumbangan penting harus dicantumkan sebagai penulis bersama (co-authors). Jika terdapat orang lain yang ikut serta dalam aspek-aspek penting tertentu dari projek penelitian, mereka harus diakui atau dicantumkan sebagai penyumbang (contributors). Penulis yang tepat harus memastikan bahwa seluruh penulis bersama yang tepat dimasukkan dalam tulisan, dan bahwa seluruh penulis bersama telah melihat dan menyetujui versi akhir dari tulisan dan telah menyepakati penyerahannya untuk penerbitan.

Pemberitahuan dan Konflik Kepentingan

Seluruh penulis harus memberitahukan dalam naskah mereka setiap konflik keuangan atau konflik substantif lainnya yang mungkin diduga mempengaruhi hasil atau penafsiran naskah mereka. Seluruh dukungan keuangan untuk projek harus diberitahukan.

Kesalahan mendasar dalam karya-karya yang diterbitkan

Jika seorang penulis menemukan kesalahan atau ketidakakuratan yang berarti dalam karya publikasinya, menjadi kewajiban penulis untuk segera memberitahu editor atau penerbit jurnal dan bekerja sama dengan penyunting untuk menarik kembali atau membetulkan tulisan.

 

Jurnal Template

JUDUL ARTIKEL DITULIS DENGAN FONT TIMES NEW ROMAN BOLD 12 pt

 (Max 15 Kata)

 

(JUDUL DALAM BAHASA INGGRIS) Times New Roman, miring, 12 pt

 

Nama Penulis 1 Tanpa Gelar1,Nama Penulis 2 Tanpa Gelar1

Program Studi Asal, Universitas/Lembaga Asal

Alamat institusi

1alamat email, 2alamat email 11 pt

 

 

 

ABSTRACT (Times New roman, Bold, 12 pt)

Abstract describes in general the issue of the research reported in the manuscript, written Abstract should be written in both English and Indonesian in a single paragraph, 120 – 150 words, highlighting the key messages from the research like research goals, methods, and findings. Abstract should to show how the paper contributes to the development of science in the field of elementary education. Key words should be written under the abstract in bold italics and should reflect the substance of the paper. Key words should also be mentioned in the title. Format of the writing of abstract and key words, as well as the body of the article must follow this template.

 

Keywords:  maximum five words

 


PENDAHULUAN

Template ini ditulis sebagai panduan format atau tata-letak penulisan artikel yang dipublikasikan dalam Ziraa’ah : Majalah Ilmiah Pertanian. Penulis harus mengikuti aturan penulisan, baik dari segi jenis huruf, ukuran, tata-letak, banyaknya kata, sistematika dan penulisan rujukan. Yang tidak kalah penting adalah bahwa tulisan mengikuti Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) Bahasa Indonesia, menggunakan kosakata yang tepat dan mengikuti kaidah ilmiah dengan baik dan benar. Apabila artikel ditulis dalam Bahasa Inggris, maka artikel harus menggunakan grammar yang benar dan telah diperiksa oleh ahli bahasa (proofread) dengan cermat. Selain itu, tulisan harus mematuhi etika publikasi ilmiah.

            Badan artikel termasuk daftar pustaka ditulis dalam dua kolom, seperti dalam template ini. Penulisan baris pertama pada paragraf pertama setelah sub-judul ditulis tidak menjorok (urut dengan penulisan sub-judul). Pada paragraf berikutnya, baris pertama ditulis menjorok ke dalam satu tab (1,27 cm).

Pengetikan artikel akan lebih mudah apabila menggunakan perangkat lunak Microsoft Word. Gunakan menu Page Layout untuk menentukan ukuran kertas yang digunakan yaitu A4, margin atau batas kanan, kiri, atas dan bawah menggunakan pilihan normal (yaitu 1,18" inch = 3 cm). Spasi antar baris adalah single (tunggal) tanpa ada tambahan antar paragraf. Jenis huruf yang digunakan adalah Times New Rowman ukuran 12.

Secara keseluruhan, badan artikel berjumlah antara 5000 sampai 7000 kata (sekitar 10-13 halaman), tidak termasuk daftar pustaka. Sistematika penulisan terdiri atas pendahuluan, metode penelitian, hasil dan pembahasan (tidak dipisahkan),  kesimpulan, daftar pustaka. Pendahuluan berisi alasan dilakukan penelitian yang ditunjang dengan kajian literatur (teoritik). Bagian pendahuluan ditulis sebanyak lebih kurang 20% dari badan artikel. Kemudian, metode yang berisi uraian singkat mengenai metode penelitian yang digunakan (kurang lebih 10% badan artikel). Bagian selanjutnya adalah yang sangat penting yaitu mengenai hasil dan pembahasan. Bagian ini ditulis sekitar 65% dari isi artikel keseluruhan dan pembahasan hasil penelitian harus merujuk pada hasil penelitian sebelumnya. Kesimpulan ditulis dengan singkat (sekitar 5% dari badan artikel) untuk menyatakan jawaban singkat dari masalah penelitian.

            Penulis disarankan untuk membuat satu paragraf ucapan terima kasih (acknowledgement) kepada pihak-pihak utama yang mendukung penelitian, misalnya dari pemberi dana. Bagian ini ditulis sebelum daftar pustaka. Sementara daftar pustaka ditulis sesuai dengan kaidah yang dikeluarkan oleh American Psychological Association (APA) Edisi keenam yang terbit pada tahun 2010.

 

METODE PENELITIAN Bold 12 pt

Bagian metode ini harus dapat menjelaskan desain metode penelitian yang digunakan, waktu dan tempat penelitian, sumber data, dan bagaimana prosedur pelaksanaannya. Alat, bahan, media atau instrumen penelitian harus dijelaskan dengan baik. Jika perlu dan penting, penulis dapat melampirkan kisi-kisi dari instrumen atau penggalan bahan yang digunakan sekedar memberikan contoh bagi para pembaca.

            Apabila ada rumus-rumus statistika yang digunakan sebagai bagian dari metode penelitian, sebaiknya rumus yang sudah umum digunakan tidak ditulis. Misalnya ada ketentuan spesifik yang ditetapkan oleh peneliti dalam rangka mengumpulkan dan menganalisis data penelitian dapat dijelaskan pada bagian metode ini. Penulis disarankan menyampaikan sumber rujukan atas metode yang digunakan.

 

HASIL DAN PEMBAHASAN Bold 12 pt

Pada umumnya hasil penelitian dideskripsikan terlebih dahulu, kemudian ada bagian pembahasan. Seperti dalam template ini, ada sub-sub judul hasil dan pembahasan yang terpisah.

            Artikel dapat memuat tabel dan/atau gambar. Tabel atau gambar tidak boleh terlalu panjang, terlalu besar dan terlalu banyak. Penulis sebaiknya menggunakan variasi penyajian tabel dan gambar. Tabel dan gambar yang disajikan harus dirujuk dalam teks.

Dalam Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, penulisan tabel adalah seperti contoh berikut ini. Tabel 1 menjelaskan nama Style dalam template artikel ini, sedangkan Gambar 1 menjelaskan tentang bobot banyaknya kata dalam setiap bagian yang disarankan. Tabel tidak memuat garis vertikal (tegak) dan garis horisontal (datar) hanya ada di kepala dan ekor tabel. Ukuran huruf isian tabel boleh diperkecil.

 

                                                                                                                              Tabel 1.    Style dan Fungsinya

No

Nama Style

Fungsi

1

CP_ABSTRACT BODY

Abstrak

2

CP_ABSTRACT KEYWORD

Keyword dari abstrak

3

CP_AUTHOR

Penulis

5

CP_BODYTEXT

Teks artikel/paragraf

6

CP_FIGURE

Penamaan gambar

7

CP_HEADING 1

Judul (Bold)

8

CP_HEADING 2

Sub-judul (tegak, tidak tebal)

9

CP_HEADING 3

Sub-sub judul (italic)

 

 

Gambar 1. Bobot bagian-bagian tulisan

 

Pembahasan hasil penelitian harus merujuk pada hasil-hasil penelitian sebelumnya yang telah terbit dalam jurnal ilmiah. Penulis disarankan untuk merujuk hasil-hasil penelitian yang telah diterbitkan dalam Cakrawala Pendidikan.

            Penulisan rujukan dalam badan artikel dan dalam daftar pustaka mendasarkan pada kaidah yang dikeluarkan oleh American Psychological Association (APA) Edisi keenam yang terbit pada tahun 2010. Ada banyak website yang menyediakan informasi mengenai APA, misalnya yang dibuat oleh Purdue Online Writing Lab . Untuk referensi artikel daring (online), yang ditulis dalam teks hanya pengarangnya saja, alamat lengkap website ditulis di daftar pustaka (lihat Purdue Online Writing Lab).

Cakrawala Pendidikan mengacu pada sumber-sumber yang kredibel, yaitu yang ditulis oleh ahli di bidangnya dan melalui proses revieu atau editing sebelum diterbitkan. Berikut ini diberikan beberapa contoh penulisan referensi dalam tubuh artikel.

            Contoh yang pertama adalah penulisan sumber referensi di dalam teks. Penulisan dapat seperti ini (Madya, 2011), atau jika ada dua penulis maka ditulis seperti ini (Tabachnick & Fidell, 2007). Jika ada lebih dari dua sampai lima penulis, untuk penyebutan yang pertama ditulis semua, seperti (Thomas-Hunt, Ogden, & Neale, 2003) dan penyebutan berikutnya ditulis (Thomas-Hunt et al., 2003). Nama penulis sebanyak kurang dari enam ditulis semua, sebagai contoh (Janssen, Kirschner, Erkens, Kirschner, & Paas, 2010), tetapi sebanyak enam penulis atau lebih ditulis penulis pertama saja, sebagai contoh (Fuchs et al., 2000)

            Dapat pula ditulis dimana nama di luar tanda kurung, seperti Madya (2011), menyesuaikan dengan pernyataan yang ditulis. Apabila pernyataan merupakan kutipan langsung, maka halaman harus disertakan dengan ditulis seperti contoh ini (Tobias & Duffy, 2009: 23) atau (Tobias & Duffy, 2009: 23-28).

Kutipan langsung yang berisi kurang dari 40 kata harus ditulis dalam paragraf (tidak dipisah) dan dengan diberi tanda kutip. Apabila kutipan langsung berisi 40 kata atau lebih, maka kutipan ini ditulis dalam blok (terpisah dari paragraf), menjorok setengah inchi dari pinggir, tanpa diberi tanda kutip. Sebaiknya, artikel tidak memuat terlalu banyak kutipan langsung. Sebagai contoh kutipan langsung lebih dari 40 kata adalah sebagai berikut.

 

... when each group member has acquired a different knowledge base and combinations of knowledge are required to solve a problem, collaborative learning (heterogeneous) could be an advantage. If group learning is desirable in school, then teachers need to structure the curriculum to permit each student to acquire a different knowledge base before instructing them in collaborative work. (Retnowati, 2012)

 

Suatu pernyataan dapat juga merupakan sari pati dari beberapa referensi, sehingga sumbernya ditulis dengan menyebutkan semua referensi urut alfabet dan tanda titik kome (;) untuk memisahkan antar sumber, dengan cara seperti ini (Ritter, Nerb, Lehtinen, & O'Shea, 2007; Sahlberg, 2012; Schunk, 2012).

Penting untuk dicatat bahwa semua penyebutan nama adalah mengikuti aturan bahwa nama terakhir yang dituli, tidak memandang suku bangsa asal nama tersebut. Sebagai contoh Burhan Nurgiyantoro dan Anwar Efendi adalah nama Indonesia, ditulis (Nurgiyantoro & Efendi, 2013).

Untuk sumber rujukan terjemahan, maka yang dirujuk adalah nama pengarang asli, tahun buku terjemahan dan buku asli disebutkan semua, sebagai contoh lihat di daftar pustaka buku dari (Schunk, 2012a) asli dan Schunk (2012b) terjemahan.

Selanjutnya adalah pembahasan tentang sumber referensi yang diterbitkan oleh pemerintah. Ada dua jenis, yang pertama adalah buku/laporan/artikel yang ditulis oleh tim atau agen dari instansi pemerintah; yang kedua adalah peraturan perundang-undangan (legal document). Untuk jenis yang pertama, penulisannya sama seperti buku/laporan/artikel yang diterbitkan oleh instansi manapun. Peneliti harus dapat mengidentifikasi siapa tim penyusun/pengarang buku/laporan/artikel tersebut (sebutkan nama-namanya jika ada), yang terkadang tidak tertulis dengan eksplisit. Jika tidak ada nama tim penyusun buku, sebutkan institusi penerbit.

Untuk jenis yang kedua, tidak perlu ditulis nama pengarang tetapi langsung disebutkan nama perundang-undangan itu. Sebagai contoh apabila merujuk pada Undang-Undang RI No. 14 (2005) atau Permendiknas No. 22 (2006) maka nama institusi pemerintah tidak perlu ditulis sebagai penulis.

Daftar pustaka ditulis pada bagian akhir artikel dengan jenis dan ukuran huruf sama dengan tubuh artikel. Daftar pustaka diurutkan sesuai dengan alfabet. Semua yang dirujuk dalam artikel harus tertulis dalam daftar pustaka, dan semua yang tertulis dalam daftar pustaka harus menjadi rujukan dalam artikel dengan menuliskan apa yang dirujuk di dalam artikel. Semua penyitatan harus mengikuti etika penulisan, terutama dalam hal menulis kutipan langsung atau tidak langsung.

            Tim redaktur Cakrawala Pendidikan menyarankan kepada penulis untuk menggunakan perangkat lunak yang membantu penulisan artikel dengan mudah, terlebih lagi untuk membantu penulisan sumber referensi. Hal-hal seperti ini bersifat mekanis dan dapat menyita waktu untuk memikirkan hal-hal yang lebih substansial dari isi penelitian. Namun demikian, menggunakan format standar penulisan dapat memudahkan pembaca untuk memahami isi artikel sehingga dapat menindaklanjuti hasil penelitian yang disampaikan dalam artikel.

 

KESIMPULAN Bold 12 pt

berisi kesimpulan dari hasil penelitian yang dilaksanakan. Agar template ini dapat diterapkan dengan tertib, penulis dapat mengunduh template dan menyimpan file dalam komputer pribadi dengan mengganti nama file, lalu menindih tulisan dalam template ini dengan artikel dari penulis, sebaiknya secara bertahap, tanpa menghapus sub-sub judul, tanpa mengubah format. Template ini ditulis menggunakan Microsoft Word 2013. Untuk memudahkan menulis sumber referensi, gunakan perangkat lunak seperti Mendeley, Zotero dan lain sebagainya.

 

UCAPAN TERIMA KASIH (JIKA ADA) Bold 12 pt

Bagian ini berisi ucapan terima kasih kepada sponsor atau pendonor dana, atau kepada pihak-pihak yang secara penting berperan dalam pelaksanaan penelitian.

 

DAFTAR PUSTAKA Bold 12 pt

Bagian ini memberikan contoh penulisan sumber sitasi. Semua yang ada dalam daftar ini dapat dirunut dalam badan artikel template ini untuk dipelajari tata cara penulisan sitasi dalam teks.

 

(Jenis: artikel jurnal satu pengarang)

Batubara, H. H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis Android untuk Siswa SD/MI. Muallimuna3(1), 12-27.

 

(Jenis: artikel jurnal lebih dari satu pengarang)

Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2016). Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran Matematika SD/MI. Muallimuna2(1), 47-66.

 

(Jenis: buku satu pengarang)

Madya, S. (2011). Teori dan Praktik Penelitian Tindakan (Action Research). Bandung: Alfabeta.

 

(Jenis: buku dua pengarang)

Tabachnick, B. G., & Fidell, L. S. (2007). Using multivariate statistics (Fifth ed.). Needham Heights, MA: Allyn & Bacon.

 

(Jenis: e-book)

Bransford, J. D., Brown, A. L., & Cocking, R. R. (2005). How people learn: Brain, mind, experience and school   Retrieved from https://www.nap.edu/catalog/9853/how-people-learn-brain-mind-experience-and-school-expanded-edition

 

(Jenis: book section)

Sahlberg, P. (2012). The most wanted: Teachers and teacher education in Finland. dalam L. Darling-Hammond & A. Lieberman (Eds.), Teacher education around the world: changing policies and practices. London: Routledge.

 

(Jenis: buku yang diterjemahkan)

Schunk, D. H. (2012b). Learning theories an educational perspective (E. Hamdiah & R. Fajar, Trans.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (Original work published 2012).

 

(Jenis: buku author sama dengan penerbit)

American Psychological Association. (2010). Publication manual of the American Psychological Association (6 ed.). Washington, DC: Author.

 

(Jenis: prosiding)

Retnowati, E. (2012, 24-27 November). Learning mathematics collaboratively or individually. Paper presented at the The 2nd International Conference of STEM in Education, Beijing Normal University, China.

 

(Jenis: artikel daring/online)

Purdue Online Writing Lab. (27/03/2015). APA Style. Reference list: Electronic sources (web publications).  Dikutip pada 12 Maret 2017 dari https://owl.english.purdue.edu/owl/resource/560/10/ pada tanggal 5 Juni 2017.

 

(Jenis: dokumen hukum perundangan)

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan 2016 No. 22, Penilaian Autentik di Sekolah Dasar.

 

(Jenis: dokumen buku pedoman/laporan institusi pemerintah/organisasi)

NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: Author.

 

 

Appendix a.

(jika ada)

 

Appendix b.

(jika ada)