MANAJEMEN KEUANGAN DAN PERILAKU MENABUNG PADA MAHASISWA FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS UDAYANA

Ni Nyoman Febri Wulandari(1*), Gede Mekse Korri Arisena(2)

(1) Universitas Udayana
(2) Universitas Udayana
(*) Corresponding Author

Sari


Understudies, a piece of the informed local area, play a significant part in financial development, one of which is saving. This study aims to identify student characteristics, examine the application of financial management and saving behaviors among Agriculture Faculty students at Udayana University, and investigate the connection between the two. The sample of this research is 94 people with proportional random sampling. The data analysis method used is descriptive qualitative, quantitative, and Pearson's Product Moment. The research results show that: 1). Characteristics of students based on the age of majority is 20 years, based on gender are women, and most are in the agribusiness study program. Most of the students came from Bali and North Sumatra, where most of them chose boarding houses. Students tend to be unmarried and have dependents. The work of student parents is dominated by private employees. The biggest source of income for students is from their parents. The most preferred place to save is the bank. 2). The application of financial management and saving behavior to students is good. 3). There is a positive and unidirectional relationship between the application of financial management and saving behavior among students.


Kata Kunci


Manajemen Keuangan; Perilaku Menabung; Karakteristik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amalia, R. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan, Tingkat Pendapatan, dan Status Pernikahan Terhadap Perilaku Berhutang (Studi Kasus Pada Kabupaten Bangkalan). Surabaya: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas.

Andespa, R. (2017). Pengaruh Budaya dan Keluarga Terhadap Minat Menabung Nasabah di Bank Syariah. Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 2(1), 35-49.

Arum, R-Gramedia. (2022). “Apa itu Mahasiswa? Ini Pengertian dan Perananya”. diakses dari https://www.gramedia.com/ pada 5 Juni 2022.

Badan Pusat Statistik. (2019). Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan IV-2019. Berita Resmi Statistik No.17/02/Th.XXIV. diakses dari https://www.bps.go.id/ pada 5 Juni 2022.

Devi, L.P.P.I., Suamba. I.K. dan Arisena, G.M.K. (2022). Manajemen, Tantangan dan Hambatan Badan Usaha Milik Desa (Bum Desa). Jurnal Hexagro, 6(1), 22-36.

Firlianda, F. (2019). Faktor-faktor Yang Memengaruhi Perilaku Menabung Pada Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Gadinasyrin, P. V. (2014). Faktor-faktor Yang Memengaruhi Perilaku Menabung: Studi Pada Kalangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Hulukati, W. dan Djibran, M.R. (2018). Analisis Tugas Perkembangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Jurnal Bikotetik, 2(1), 73-80.

Irwandi, P., dan Kharisudin, A. (2022). Perspektif Mahasiswa Bekerja di Bidang Pertanian Sebagai Upaya Peningkatan Pembangunan SDM Indonesia. Jurnal Sigmagri Unwaha, 2(1), 35-48.

Laily, N. (2013). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Mahasiswa Dalam Mengelola Keuangan. Journalof Accounting and Business Education, 1(4).

Margaretha, F., dan Pambudhi, R.A. (2015). Tingkat Literasi Keuangan Pada Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 17(1), 76-85.

Nababan Darma dan Isfenti Sadalia. 2013. Analisis Personal Financial Literacy dan Financial Behavior Mahasiswa strata I Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara. Media Informasi Manajemen, 1(1), 1-16.

Pandega, G.S. (2018). Analisis Faktor dalam Pemilihan Bank Konvensional Sebagai Tempat Menabung Pada Mahasiswa UNNES. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Purwanto, A. dan Taftazani, B.M. (2018). Pengaruh Jumlah Tanggungan Terhadap Tingkat Kesejahteraan Ekonomi Keluarga Pekerja K3L Universitas Padjajaran. Jurnal Pekerja Sosial, 1(2).

Putri, H.N. dan Rahmi, E. (2019). Pengaruh Pendapatan Orang Tua Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FE UNP. Jurnal EcoGen, 2(3), 315-326.

Putri, T.P. dan Susanti. (2018). Pengaruh Kontrol Diri, Literasi Keuangan, dan Inklusi Keuangan Terhadap Perilaku Menabung Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 6(3), 323-330.

Rikayanti, V., dan Listiadi, A. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Pembelajaran Manajemen Keuangan, dan Uang Saku Terhadap Perilaku Menabung. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 8(3), 29-36.

Samani, M. dan Hariyanto. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, hlm.84.

Sekarwati, M.A., dan Susanti. (2020). Pengaruh literasi keuangan, Inklusi Keuangan dan Modernitas Individu Terhadap Perilaku Menabung Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri Surabaya. Jurnal FEB Unmul, 16(2), 268-275.

Sina, P.G. (2012). Analisis Literasi Ekonomi. Jurnal Economia, 8(2), 135-143.

Sirine, Hani., dan Utami, D.S. (2016). Faktor-faktor yang Memengaruhi Perilaku Menabung di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 19(1), 27-52.

Suciana, A. (2021). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Literasi Finansial Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SUSKA Riau. Skripsi. Pekanbaru: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Sukirno, S. (2012). Makroekonomi Teori Pengantar. Rajawali Pers.

Wahana, A. (2014). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Mahasiswa dalam Menabung (Studi Kasus Mahasiswa S1 FEB UNDIP Tembalang). Semarang: Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponogoro.

Wahyuni, N.M.D.K., Ustriyana, I.N.G. dan Arisena, G.M.K. (2020). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Nasabah Menabung di Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Kawasan Pemukiman dan Pariwisata. Jurnal Agromix, 11(2), 227-240.

Zulaika, M.D., dan Listiadi, A. (2020). Literasi Keuangan, Uang Saku, Kontrol Diri, dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Menabung Mahasiswa. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(2), 137-146.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/zmip.v48i2.11142

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

 

    

 

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.