PENGARUH TERPAAN TAYANGAN ANIMASI NUSSA OFFICIAL (CUCI TANGAN YUK) DI YOUTUBE TERHADAP PERILAKU IMITASI ANAK

Anasthya Luviani(1*), Santi Delliana(2)

(1) Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis
(2) Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis
(*) Corresponding Author

Sari


Tayangan Nussa Official episode Cuci Tangan Yuk memberikan efek pada anak usia 4-5 tahun berupa meniru tingkah lakunya. Kegiatan mencuci tangan kini menyadarkan masyarakat akan pentingnya kesehatan. Dalam situasi wabah Covid-19 ini budaya mencuci tangan memakai sabun sangat diperlukan. Penelitian ini bertujuannya untuk mengetahui seberapa besar pengaruh terpaan tayangan animasi Nussa Official episode Cuci Tangan Yuk di YouTube terhadap perilaku imitasi anak usia 4-5 Kota Bekasi Utara. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis eksplanatif. Sampel pada penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun berjumlah 97 orang. Data diperoleh menggunakan kuesioner dengan skala likert, kemudian di analisis menggunakan uji regresi linier sederhana melalui software IBM SPSS 25. Penelitian ini menggunakan Teori Belajar Sosial. Hasilnya terdapat pengaruh terpaan tayangan animasi Nussa Official episode Cuci Tangan Yuk terhadap perilaku imitasi anak usia 4-5 tahun di Kota Bekasi Utara dengan koefisien korelasi sebesar 0,427 dengan persamaan regresi Y= 46,328+0,797X. Adapun koefisien determinasi R Square=0,182 yang berarti variabel terpaan tayangan animasi Nussa Official episode cuci tangan yuk mempengaruhi perilaku imitasi sebesar 18,2%.

 

Kata Kunci: Perilaku imitasi;Anak usia dini;Terpaan tayangan;Youtube.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adi, B. (2009). Panduan Praktis Searching di Internet. Jakarta: TransMedia. Bandura, A. (1997). Self-Ef icacy, The Exercise of

Control. New York: W.H. Freeman and

Company. Bovee, C. L., & Arens, W. F. (1995). Stock Image

Contemporary Advertising (2nd ed.). USA:

Gigabooks. Cangara, H. (2015). Pengantar Ilmu Komunikasi

(cetakan ke). Jakarta, 13220: PT. RajaGrafindo

Persada. Dian, B. (2015). Berkomunikasi Ala Net Generation. Jakarta, 13220: PT. Elex Media Komputindo

Kompas Gramedia. Effendy, O. U. (2009). Ilmu Komunikasi teori dan

praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Fachruddin, H. D. (2011). Dasar-Dasar Penyiaran:

Sejarah, Organisasi, Operasional, dan Regulasi

(2nd ed.). Jakarta: Kencana Prenada Media

Group. Retrieved from

https://books.google.co.id/books/about/Dasar_d

asar_Penyiaran_Sejarah_Organisasi.html?hl=id

&id=_IGWDwAAQBAJ&redir_esc=y

Husamah, Yuni Pantiwati, Arina Restian, P. S. (2018). Belajar dan Pembelajaran (cetakan ke). Malang:

UMM Press. Khomsahrial, R. M. (2016). Komunikasi Massa. Jakarta, 13220: PT. Grasindo. Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset

Komunikasi (edisi pert). Jakarta, 13220:

KENCANA: PRENAMEDIA GROUP. Kriyantono, R. (2010). Teknik Praktis Riset

Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset

Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi

Pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Media

Group. Kriyantono, R. (2016). Teknik Praktis Riset

Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media

Group. Liliweri, A. (2018). Paradigma Peneltian Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Littlejohn, S. W dan Foss, K. A. (2018). Teori

Komunikasi. Jakarta, 13220: Salemba

Humanika. Morrisan. (2010). Teori Komunikasi Massa. Bogor:

Ghalia Indonesia. Munir. (2012). Multimedia Konsep & Aplikasi Dalam

Pendidikan. (M. . Ruswandi dan Nurfitriansyah, Ed.), Antimicrobial agents and chemotherapy

(pertama, Vol. 58). Bandung: ALFABETA. Notoatmodjo, S. (1993). Pengantar Pendidikan dan

Ilmu Perilaku Kesehatan. Yogyakarta: Andi

Offset. Nurhayati. (2020). Komunikasi Interpersonal Dalam

Kegiatan Belajar Mengajar Antara Guru dan

Murid Paud Joyce Banjarbaru. Jurnal

Mutakallimin, 3(1), 23–27. Retrieved from

https://ojs.uniska- bjm.ac.id/index.php/mutakallimin/article/view/3

Nussa Official. (2019). Nussa: Cuci Tangan Yuk!

Retrieved from

https://www.youtube.com/watch?v=MzuKOouE

HnM

Rinawati, R. (2017). Pola Komunikasi dalam

Anasthya Luviani dan Santi Delliana E-ISSN : 2686-178X

MUTAKALLIMIN; Jurnal Ilmu Komunikasi

Vol 3 No 2 November 2020

Pencegahan KDRT di Jawa Barat. Mediator:

Jurnal Komunikasi, 10(1), 87–96. https://doi.org/10.29313/mediator.v10i1.2693

Siregar, S. (2015). Statistik Parametrik Untuk

Penelitian Kuantitatif. Jakarta, 13220: Bumi

Aksara. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini:

Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. (Y. Rendy, Ed.) (Pertama). Jakarta, 13220: E- BOOK. Tamburaka, A. (2012). Agenda Setting Media Massa. Jakarta, 13220: PT. RajaGrafindo Persada. Wirawan, S. S. (1983). Pengantar Umum Psikologi. Jakarta: Bulan Bintang




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jm.v3i2.3726

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.