KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR ANTARA GURU DAN MURID PAUD JOYCE BANJARBARU

Nurhayati Nurhayati(1*)

(1) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari
(*) Corresponding Author

Sari


Latar belakang dari penelitian ini bagaimana terjalinya komunikasi interpersonal dalam kegiatan belajar mengajar antara guru dan murid untuk membangun karakter anak. Komunikasi interpersonal diterapkan dalam proses belajar mengajar juga di gunakan sebagai pendalaman karakter dari masing-masing murid. Dalam sebuah kelas, akan mempermudah proses transfer informasi antara masing-masing anggotanya sehingga guru akan lebih mudah memahami dan mendalami karakter murid untuk kemudian mengembangkan potensi yang dimiliki murid dan mengarahkan ke arah yang lebih baik. Proses komunikasi Interpersonal tidak hanya terjadi pada guru dengan murid, namun juga terjadi antara murid satu dengan murid lainnya. Rumusan masalah bagaimana komunikasi interpersonal dalam kegiatan belajar mengajar antara guru dan murid PAUD JOYCE BANJARBARU pada pembentukkan karakter anak? Bagaimana strategi komunikasi interpersonal dalam  belajar mengajar antara guru dan murid pada pembentukan karakter anak? Bagaimanakah hambatan yang dihadapi untuk membentuk karakter anak menjadi anak yang cerdas,aktif dan komunikatif? Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif, dan objeknya para guru-guru dan orang tua. Komunikasi interpersonal di terapkan dalam proses belajar mengajar sebagai pendalaman karakter anak kemudian mengembangkan potensi yang dimiliki murid. Strategi yang dilakukan ialah menanamkan kemandirian. Hambatan yang dihadapi ialah pada faktor lingkungan yang membawa kepada unsur negatif dan yang kedua orang tua.        

 

Kata kunci: Komunikasi Interpersonal;PAUD JOYCE Banjarbaru.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku

Alo Liliweri, 2011 Komunikasi Serba Ada Serba

Makna. Edisi pertama. Prenada

Media. Kencana: Jakarta.

Budyatna Muhammad dan Leila Mona Ganiem,

Teori Komunikasi Antar

Pribadi. Kencana: Jakarta.

Deddy Mulyana, 2001 Ilmu Komunikasi Suatu

Pengantar. Divisi buku umum,

Remaja Rosada Karya: Bandung.

Effendy, 2004. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi.

Remaja Rosda Karya: Bandung.

Effendy, Onong Uchjana, 2003. Ilmu Komunikasi dan

praktek. PT Remaja Rosdakarya: Bandung

Sardiman, 2007 Intraksi dan Motivasi Belajar

Mengajar. PT. Raja Grafindo

Persada: Jakarta.

Sunarto, 2003 Komunikasi Antar Pribadi.Gramedia

Pustaka Jaya: Jakarta.

Tommy Suprapto, 2006 Pengantar Teori Komunikasi.

Media Pressindo: Yogyakara.

Yuliani Nurani Sujiono, 2004 Konsep Dasar

Pendidikan Anak Usia Dini Indeks: Jakarta

Skripsi

Ahmad Khoiron. 2015 KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA

PIMPINAN DAN STAF (Studi Deskriftif Kualitatif Pola Interaksi Antara Pemimpin Dan Staf Sekretariatan Dinas Komisi Pelayanan Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Jawa Tengah). Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Muhammadiyah, Surakarta.

Herdiansyah Pratama. 2011. POLA HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA ORANG TUA DENGAN ANAK TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI PADA ANAK. Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Usin Khoirul Anisah. 2011. ANALISIS DESKRIPTIF KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR ANTARA GURU DAN MURID PAUD ANAK PRIMA PADA PROSES PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK (Studi deskripsi komunikasi interpersonal antara guru dan murid yang diterapkan PAUD anak prima dalam rangka mencapai tujuan pendidikan bagi balita). Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta.

(Kasus Pantai Parangtritis Dan Sekitarnya). Jurnal Teknologi Lingkungan Volume 2, Nomor 2, Mei. Halaman 159-167.

Wisyanto. 2003. Analisis Potensi Bahaya Tsunami Di Pantai Selatan Jawa Timur Melalui Identifikasi Kemiripan Bentuk Tapchan. Jurnal Alami, Volume 8, Nomor 2. Halaman 33-38




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jm.v3i1.3524

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.