PROGRAM HUMAS TERHADAP PEMBENTUKAN CITRA PEMERINTAHAN YANG BAIK DI PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

risa dwi ayuni(1*), ade nur atika sari(2), rizki aprilianty(3), muhammad agus humaidi(4)

(1) fisip uniska
(2) fisip uniska
(3) fisip uniska
(4) fisip uniska
(*) Corresponding Author

Sari


Pembentukan citra yang baik pada pemerintahan terletak pada kualitas strategi pemikiran humas. Humas tidak hanya sebagai corong utama dalam pemerintahan, tetapi ia juga sebagai penjembatan antara pemerintahan dan masyarakat. Humas  menciptakan dan mendukung citra baik di mata publik. Teori agenda setting humas dapat menciptakan kesadaran masyarakat dimana media yang digunakan humas dapat menonjolkan isu apa yang paling penting  diberitakan. Dengan agenda setting, humas dapat menggiring opini publik yang baik sehingga citra baik pada pemerintahan terletak pada keberhasilan humas dalam menciptakan tanggung jawab dalam menyampaikan informasi, meyakini, mendidik, dan membangkitkan kepentingan publik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan studi kasus wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil yang ditemukan bahwa humas Diskominfo Provinsi Kalimantan Selatan bekerja sama dengan media untuk membangun citra baik pemerintah agar program yang mereka jalannya bisa tersampaikan dengan cepat kepada publik, sehingga dampak dari tersampainya program tersebut tercipta opini positif dari publik tentang pemerintah yaitu Kalsel maju, ekonomi berkelanjutan, dan sejahtara.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Elfrida, Santhy Verawati. (2015). Proses Membangung agenda setting kebijakan pada portal berita pemerintah dan kesesuaiannya dengan agenda media online. Jurnal Masyarakat telematika dan informasi. Vol.6 No.1 Hal: 13-16.

Kriyanto, Rachmat. (2021). Best Practice Humas (Public Reations Bisnis dan Pemerintah: Manajemen Humas, Teknik Produksi Media Publisitas dan Public Relations Writing Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.

Khotimah, Novy Khusnul. (2021). Pemanfaatan Media Sosial oleh Praktisi Humas Pemerintah di Indonesia. Yogyakarta: Jejaka Pustaka.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia. (2011). Pedoman Umum Tata Kelola Kehumasan di Lingkungan Instansi Pemerintah. Di akses dari : https://perpus.menpan.go.id/

Berg, H. L. (2017). qualitative research methods for the social sciences. Pearson. Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre- print Digital Library, 1-6.

Jamshed, S. (2014). Qualitative research method-interviewing and observation. Journal of basic and clinical pharmacy 5(4), 87.

Nazir, M. (2017). Metode Peneltian. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia Cet.11.

Rukajat. (2018 : 1). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono.(2015: 203). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Cet.XXI. Bandung: Alfabeta.

Susanti, D.E., Rahmanto, Andre., Wijaya, Mahendra. (2022). Public Relations Strategy in Maintaining a Positive Reputation in the Digital Age. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding (IJMMU). Page 477-485.

Ardianto, E. (2016). Handbook of Public Relations Pengantar Konprehensive. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Soemirat S dan Ardianto E.(2017). Hubungan Publik Dasar-dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jm.v6i1.11280

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.