POLA KOMUNIKASI PELATIH DALAM MEMBINA ATLET TAEKWONDO BERPRESTASI

Talitha Laliba Rahmawinati(1*), Rahmawati Zulfiningrum(2)

(1) Universitas Dian Nuswantoro
(2) Universitas Dian Nuswantoro
(*) Corresponding Author

Sari


Komunikasi memiliki peranan penting dalam proses pembinaan atlet berprestasi dengan didukung pendekatan personal dan peningkatan kompetensi atlet. Menjadi seorang atlet taekwondo memerlukan disiplin waktu, kondisi fisik yang baik, semangat yang tinggi tanpa mengenal kata menyerah, pengalaman, serta pertahanan mental yang stabil demi mencapai visi, misi serta tujuan yang telah ditargetkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi pelatih dalam membina atlet berprestasi. Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Narasumber penelitian diantaranya adalah kepala pelatih, pelatih utama, dan atlet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi pelatih dan atlet sebagai berikut; a) secara verbal melalui penyampaian instruksi secara langsung dan menjalin kedekatan personal, b) interaksi simbolik memiliki dampak positif pelatih mengetahui kepribadian dan tujuan atlet sedangkan dampak negatifnya adalah instruksi yang berlebihan menimbulkan ketidakfokusan dan kedekatan berlebihan dapat mengurangi kedisiplinan, c) non verbal, memberikan arahan kepada atlet didukung dengan gestur tubuh. Pola komunikasi yang efektif antara pelatih dan atlet menjadi kunci utama dari keberhasilan atlet dalam meraih prestasi yang didukung dengan pengalaman dan wawasan yang dimiliki oleh pelatih. Pelatih perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan atlet, melakukan pembaruan ilmu dan wawasan, serta membangun suasana yang menyenangkan selama latihan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdulloh, B. H., & Jatmiko, T. (2021). Standarisasi Kondisi Fisik Atlet Taekwondo Puslatda Jawa Timur. Jurnal Prestasi Olahraga. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-prestasi-olahraga/article/view/40660

Ahmadi, D. (2005). Interaksi Simbolik : Suatu Pengantar.

B.Cahyono, Y. R. H. (2020). Pola Komunikasi Interpersonal Antara Orang Tua Dan Anak Dalam Mencegah Penularan Covid 19. 2, 1–15.

Habiba, M. (2019). AKTIVITAS KOMUNIKASI ANTARPRIBADI ANTARA PELATIH DAN ATLET TAEKWONDO PROVINSI JAWA TENGAH DALAM MENCAPAI PRESTASI NASIONAL. In Society. UNIVERSITAS SEMARANG.

Hajaroh, M. (2013). Paradigma, Pendekatandan Metode Penelitian Fenomenologi. Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, 1–21.

Lumentut, G. F., Kerja, M., Di, A., Lembaga, L. P. M., Mahasiswa, P., Unsrat, I., Febrina, G., Pantow, J. T., & Waleleng, G. J. (2017). POLA KOMUNIKASI PEMIMPIN ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA ANGGOTA DI LPM (LEMBAGA PERS MAHASISWA) INOVASI UNSRAT. VI(1–15).

Morreale, S. P., Spitzberg, B. H., & Barge, J. K. (2012). Human communication: Motivation, knowledge and skills. Belmont, California: Thomson Learning (J. Perkins (ed.); second edi, Issue 9). Holly J. Allen.

Nur Ahmad Muharram, & Puspodari. (2020). Pengembangan Buku Teknik Dasar Taekwondo Berbasis Mobile Learning Dan Model Tes Keterampilan Tendangan Ap Hurigi Pada Atlet Taekwondo Kota Kediri. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 5(2), 41–46. https://doi.org/10.36526/kejaora.v5i2.1006

Safira Nur Ujiningtyas. (2021). RESEPSI AUDIENS PADA SENIMAN LINTAS GENDER DALAM DOKUMENTER LELAKI AYU PRIMADONA JAWA: LENGGER LANANG. Https://Medium.Com/. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Sholihah, I. & P. (2021). KOMUNIKASI INTERPERSONAL PELATIH TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI ATLET Imroatus Sholihah. Kesehatan Dan Olahraga, 95–104.

Siregar, N. S. S. (2016). Kajian Tentang Interaksionisme Simbolik. Perspektif, 1(2), 100–110. https://doi.org/10.31289/perspektif.v1i2.86

Suyanto. (2019). Fenomenologi sebagai metode dalam penelitian pertunjukan teater musikal. Lakon: Jurnal Pengkajian & Penciptaan Wayang, XVI(1), 26–32.

Ulfah, H. (2019). PERAN KOMITE OLAHRAGA NASIONAL INDONESIA (KONI) DALAM MENDUKUNG PRESTASI ATLET PADA CABANG OLAHRAGA ATLETIK DI KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA. 6–10.

Yussar, Z. (2019). Strategi Komunikasi Pelatih Dengan Atlet Dalam Mencapai Tujuan Prestasi Berkuda Pada Sekolah Berkuda “Yussar Horse Club Sidoarjo.” Universitas Airlangga Undergraduate Thesis, 1–9.

Yusuf, saleha fitriana. (2021). PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PELATIH DAN ATLET SHALEHA FITRIANA YUSUF.

Z. Hidayat, MM, M. S. (n.d.). FOUR CATEGORIES OF INTERPERSONAL COMUNICATION ( IPC ) Reasons for study IPC (Sseion 02). Universitas Esa Unggul.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jm.v6i1.10070

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.