IPA dan Pembelajaran Berpikir Tingkat Tinggi (Telaah Buku Siswa MI/SD Kelas VI Tema 1, Karya Afriki, dkk)
(1) Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(*) Corresponding Author
Abstract
Indonesia
Pendahuluan: Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan pembelajaran yang mengacu pada kemampuan berpikir tingkat tinggi sebagai cara untuk mengajarkan materi IPA bagi peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah atau Sekolah Dasar. Metode: Penelitian ini adalah penelitian pustaka. Pengumpulan dan penelaahan referensi tentang indikator-indikator kemampuan berfikir tingkat tinggi kemudian dihubungkan dengan penyajian pada materi IPA dalam buku siswa kelas VI tema 1. Penelitian ini menggunakan metode analisis induktif dan deduktif. Hasil: Pada awal materi setiap subtema terdapat pertanyaan untuk menggali pengalaman dan melatih berfikir tingkat tinggi. Terdapat kegiatan untuk mengkreasikan diri pada setiap sub tema . Terdapat soal untuk melatih berfikir tingkat tinggi pada setiap akhir soal latihan.
English
Introduction: This study aims to explain the implementation learning base on high-level thinking skills as a strategy to teach secience content for students in Islamic Elementary School or Primary School. Methods: This study is a library research. Collecting and reviewing references about indicators of high-level thinking skills was linked with the presentation of the in the book graders VI themes 1. This study used analysis method inductive and deductive. Results: The first content on each sub-theme contained questions to explore the experience and training of high level thinking. There are activities for the creation of themselves in each sub-theme. There are aquestions to practice high-level thinking on each exercises.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Afriki, dkk. 2015. Buku Teks Pelajaran untuk Siswa. Tematik Kelas VI Tema 1. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemdikbud. 2013. Permendikbud Nomor 67 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Kemdikbud.
Krathwohl, Bloom & Masia.1964.The Taxonomy of Educational Objectives:
Handbook II. Tersedia di www.nwlink.com /~donclark/hrd/bloom.html.
Krathwohl, D. R. 2002. A revision of Bloom's Taxonomy: an overview – Theory Into Practice,College of Education, The Ohio State University Learning Domains or Bloom's Taxonomy: The Three Types of Learning, tersedia di www.nwlink.com /~donclark/ hrd/bloom.html.
Mulyadi, dkk. 2010. Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Lingkungan untuk Perolehan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi di SD. Pontianak: Magister Teknologi Pembelajaran FKIP Untan.
Rosnawati. 2014. Enam Tahapan Aktivitas dalam Pembelajaran Matematika Mendayagunakan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Siti Muhlishoh. 2014. Bagaimana Meningkatkan Level Berpikir dalam Proses Pembelajaran.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v2i1.738
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jumiati Jumiati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.