Kerjasama antara Sekolah dan Keluarga dalam Pendidikan Karakter

Barsihanor Barsihanor(1*)

(1) Prodi Penddikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Kalimantan MAB, Barito Kuala, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Indonesia

Pendahuluan: Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: 1)  bentuk kerjasama yang dilakukan oleh sekolah dengan keluarga dalam pendidikan karakter siswa di  SDIT Nurul Fikri Banjarmasin dan SDI As-Salam Malang, 2) menganalisis model pendidikan karakter siswa yang dilakukan oleh sekolah dengan keluarga di 2 sekolah tersebut, dan 3) menganalisis implikasi kerjasama antara sekolah dengan keluarga di 2 sekolah tersebut. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil: Bentuk kerjasama yang dilakukan sekolah dengan keluarga dalam pendidikan karakter adalah melalui pertemuan awal ajaran baru, komite sekolah, Pertemuan orangtua murid dan guru (POMG), Paguyuban, home visit, via ponsel, konsultasi langsung, dwi bulanan dan buku penghubung. Model pendidikan karakter yang diterapkannya adalah keteladanan, pembiasaan, nasehat, disiplin, perhatian, pengawasan, hadiah dan hukuman. Implikasi dari kerjasama tersebut meliputi pertukaran informasi, keterbukaan, dan pengawasan. Kesimpulan: Berbagai bentuk kerjasama tersebut memberikan pengaruh yang baik pada karakter anak. Karena itu, orang tua sebaiknya mendukung kegiatan tersebut.

 

English

Introduction: :  The purposes of this research are to analyze: 1) the cooperation between school side and family, 2) the character education model is conducted of school side and family, and 3) the implications of the cooperation between school side and family Integrated Islamic Elementary School Nurul Fikri in Banjarmasin and Islamic Elementary School As-salam in Malang. Metode: Case study was used in this research. Result: The cooperation which was did by schools side and families in character education is trough yearly meeting, school committees, parent-teacher meetings (POMG), Paguyuban, home visit, via phone, direct consultation, and liaison book. The character education models are good figure, habituation, advice, discipline, attention, supervision, reward and punishment. The implications of this cooperation include to exchange of information, transparency, and supervision. Conclusion: Many of the cooperations gave positive effect for children character. Therefore, the parents should support the activities.

References


Al-Magribi bin as-Said Al-Magribi. 2004. ”Kaifa Turabbi Waladan” diterjemahkan oleh Zaenal Abidin dengan Judul: Begini Seharusnya Mendidik Anak, Jakarta: Darul Haq

An Nahlawi, Abdurrahman. 1996. Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat. Penerjemah: Shihabuddin, Jakarta: Gema Insani Press

Burhanuddin, Tamyiz. 2001. Akhlak Pesantren Pandangan K.H Hasyim As’ari. Yogyakarta: Ittaqa Press

Edwards, C. Drew. 2006. flow to Handle a Hand to-Handle Kit a Parents’ Guide to Understanding and Changing Problem Behaviors, terj. Oetih F.D., Ketika Anak Sulit Diatur: Panduan bagi Para Orang Tua untuk Mcngubah Masalah Perilaku Anak. Cet. II Bandung: Mizan Pustaka

Mubayyanah, M. Said. 2006. Akhlak Anak Muslim, Terj. Abdul Syukur Abdul Razaq, Muhammad Ya’qub. Jakarta: Najla Press

Mulyasa, E. 2011. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara

Purwanto, M. Ngalim. 2007. Limit Pendidikan Teoretis dan Praktis. Edisi Kedua Cet. XVIII; Bandung: Rosdakarya

M. Ngalim. 2000. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya

Ramayulis. 1994. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia

Shaleh, Abdul Rachman. 2000. Pendidikan Agama dan Keagamaan Visi, Misi, dan Aksi. Jakarta: Gemawindu Pancaperkasa

Suprayogo, Imam. 2004. Pendidikan Berparadigma Al-Qur’an. Malang: Aditya Media Bekerjasama dengan UIN Malang Press

Zuchadi, Darmiyati. 2011. Humanisasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v1i1.275

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Barsihanor Barsihanor

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is indexed by:

                   

This journal dedicated by:

   

Creative Commons License
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.