KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MELALUI PENGGUNAAN STRATEGI MATHEMATICAL BET LINE

Sandi Amirulloh(1*), H. Yayan Carlian(2), Siti Khozanatu Rohmah(3)

(1) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
(2) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
(3) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak: Penelitian ini beranjak dari masalah yang dikemukakan oleh hasil survey Trends International Mathematic Science Study (TIMSS). Hasil survei tersebut menunjukkan bahwa hanya 2% siswa di Indonesia yang mampu mengerjakan soal-soal cerita matematika. Hal tersebut disebabkan oleh karena kemampuan berpikir kreatif matematis siswa tergolong rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi mathematical bet line lebih baik secara signifikan dari siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain yang digunakan yaitu nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di salah satu Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang sesuai dengan indikator kemampuan berpikir kreatif matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi mathematical bet line lebih baik dari siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional.

 

ABILITY OF MATH CREATIVE THINKING THROUGH THE USE OF THE MATHEMATICAL BET LINE STRATEGY

 

Abstract: This research moved from the problem raised by the Trends International Mathematics Science Study (TIMSS) survey. The survey results show that only 2% of students in Indonesia can work on math story problems. It is caused by the students' mathematical creative thinking ability is relatively low. The purpose of this study is to know of increasing mathematical creative thinking ability of students who take learning with mathematical bet line strategies significantly better than students who take learning with conventional models. This research is a quasi-experimental study with the design used is a nonequivalent control group design. The sample in this study were all fourth-grade students in one of the Madrasah Ibtidaiyah in Rancaekek District, Bandung Regency. The instrument used in this study is a test that fits the mathematical creative thinking ability indicator. The results showed that increasing mathematical creative thinking ability of students who took learning with mathematical bet line strategies was better than students who followed learning with conventional models.

Keywords


Strategi Mathematical Bet Line, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Mathematical Bet Line Strategy, Mathematical Creative Thinking Ability

Full Text:

PDF

References


Crawford, M. L. (2001). Teaching Contextually. Texas: CCI Publishing.

Hendi. (2013). Matematis Siswa Sma Negeri Di Wilayah Barat. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sma Negeri Di Wilayah Barat Kab. Subang Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik, (2), 1–18.

Heruman. (2008). Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ismara, L., & Suratman, D. (2016). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended di SMP. Jurnal, 1–8.

Lara Dick, T. F. (2016). Supporting Sense Making With Mathematical Bet Lines. Teaching Children Mathematics.

Lestari, K. E. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Muin, A. &. (2012). Strategi React Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Prosiding Seminar Nasional (P. 1). Bandung: Universitas Pasundan.

Noer, S. H. (2009). Hambatan Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Universitas Kristen Satya Wacana, 2(1), 521–526.

Pervin, L. A. (2012). Psikologi kepribadian: Teori dan penialian disi kesembilan. Jakarta: Kencana.

Pratiwi, I. M. (2017). Strategi Mathematical Bet Line Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Self-Confidence Siswa Kelas IV.

Pratiwi, I. M., Herman, T., & Jupri, A. (2018). Improvement of Mathematical Ability through Discourse Teaching with Mathematical Belt Line at the Fourth Grade of Elementary School. 7(1), 70–76. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v7i1.11722

Pratiwi, I. M., Rachman, S. P. D., & Ariawan, V. A. N. (2019). Students’ mathematical understanding reviewed by gender through discourse learning assisted by mathematical bet line strategy. Journal of Physics: Conference Series, 1157, 042103. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042103

Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan. (2016). Trends in International Mathematics and Science Study, Result From TIMSS 2015. Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian Dan Pengembangan, 1–2.

Putri, V. S. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pisk Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Pringapus Kabupaten Semarang.

Sani, R. A. (2019). Pembelajaran Berbasis Hots (Higher Order Thinking Skills). Tangerang: Tira Smart.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v5i2.2725

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sandi Amirulloh, H. Yayan Carlian, Siti Khozanatu Rohmah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is indexed by:

                   

This journal dedicated by:

   

Creative Commons License
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.