Pengembangan Buku Ajar Tematik Terpadu Berbasis Kearifan Lokal

Desy Anindia Rosyida(1*)

(1) PGMI FSI Uniska MAB Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Abstract


Indonesia

Pendahuluan: Pencapaian kompetensi pembelajaran tematik terpadu kurikulum 2013 yaitu mempelajari semua mata pelajaran secara terpadu melalui tema-tema kehidupan yang dijumpai peserta didik sehari-hari. Melalui kearifan lokal, mampu menambah pengetahuan siswa tentang kebudayaan daerah dan nasional serta mengajak siswa untuk berfikir konkrit sesuai dengan lingkungan sekitar siswa.Metode:Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembanagn Research and Development (R & D), dengan model Dick & Carey yang memiliki sepuluh langkah dalam prosedur pengembangannya. Hasil:Guru kelas IV memberikan nilai validasi sebesar 95% yang berarti sangat layak dan tidak perlu revisi, hasil uji coba lapangan mendapat kualifikasi layak dari semua subyek, dan ahli isi memberikan nilai 80% yang beraarti layak dan tidak perlu revisi, ahli desain buku ajar, buku pendamping siswa mendapat nilai 92, 5% yang berada kualifikasi sangat layak sehingga buku tidak perlu revisi. Kesimpulan:Buku pendamping siswa ini mendapatkan penilaian kualifikasi yang baik dari berbagai pihak.

English

Introduction: The competence achievement of  integrated thematic learning  in curriculum  2013 is to learn integrally all of subject matters though themes about life which is faced by students’ daily activity. This local knowledge is not only can increase students’ knowledge about culture and nationality but also can motivate students to think concretely based on their environment.  Method: Research and Development (R & D) with ten steps of development procedure by Dick and Carey Model was used in this research. Result: The fourth grade teacher gave validation value at 95%. Other hand, expert person in content of textbook analyzer gave validation value at 80 % and expert person in design textbooks gave validation value at 92.5 %. Thus, the textbooks is good qualification for students so that it do not need to get revision. Conclusion: This Students’ text book has been developed and got good qualifications  by some respondents.

References


Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Amri, Sofan dan Loeloek Endah Poerwati. 2013. Panduan Memahami Kurikulum 2013: Sebuah Inovasi Struktur Kurikulum Penunjang Pendidikan Masa Depan. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.

Arikunto, Suharsimi. 2003. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

A. Streenbrink, Karel. 1994. Pesantren Madrasah dan Sekolah Pendidikan Islam dalam Kurun Modern. Jakarta: LP3ES.

Belawati, Tian. 2003. Materi Pokok Pengembangan Buku ajar Edisi ke Satu. Jakarta: universitas Terbuka.

Daryanto. 1997. Kamus Bahasa Indonesia Lengkap. Surabaya: Apollo.

Depag RI. 2005. Pedoman Manajemen Berbasis Madrsah. Jakarta: Depag.

Dick, Walter and Lou Carey. 1978. The Systematic Design of Instruction. USA.

E. Mulayasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Junaidi, Wawan. 2010. http//pembelajaran-matematika.html. Diakses pada tanggal 30 Juni 2011.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2013. Buku Tematik Terpadu Tema “Tempat Tinggalku”. Jakarta: Kemendikbud.

Muhaimin. 2008. Modul Wawasan tentang Pengembangan Buku ajar Bab V. malang: LKP2I.

Permendikanas nomor 2. 2008. bab 1 tetang Ketentuan Umum.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, cv.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Suneti, Ririn. 2007. Pengembangan Buku ajar Pembelajaran Akhlakul Karimah Dengan Pertanyaan (Studi di Mts Mauhammadiyah I dan SMPN 14 Malang). Tesis tidak diterbitkan.. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. UIN Malang.

Uyun, Fitratul. 2010. Pengembangan Buku ajar Pembelajaran Al-Qur’an Hadis dengan Pendekatan Humeneutik bagi Kelas 5 MIN 1 Malang. Thesis tidak diterbitkan. Malang: program Pascasarjana UIN Maliki Malang.

Vembriarto, St. 1985. Pengantar Pengajaran Modul. Yogyakarta: Yayasan Pendidikan Paramita.

Wahidmurni. 2008. Cara Mudah Menulis Proposal dan Laporan Penelitian Lapangan; Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif (Skripsi, Thesis, dan Disertasi). Malang: UM Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v1i1.272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Desy Anindia Rosyida

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is indexed by:

                   

This journal dedicated by:

   

Creative Commons License
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.