METODE VAKT SOLUSI UNTUK KESULITAN BELAJAR MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK HIPERAKTIF

Eri Susanto(1*), Aninditya Sri Nugraheni(2)

(1) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(2) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilakukun dengan tujuan untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh guru kelas ketika mengajarkan membaca anak ABK dengan tipe hiperaktif. Metode VAKT yang focus dengan penggunaan seluruh multisensori yang dimiliki manusia, diharapkan dapat memberikan solusi guru dalam mengajar siswa ABK tipe hiperaktif dengan kesulitan belajar membaca permulaan. Penelitian ini merupakan hasil dari kajian pustaka dengan cara riset kepustakaan. Hasil penelitian ini mengungkapkan langkah-langkah pembelajaran dengan metode VAKT ini yaitu; langkah pertama dari aspek visual yaitu, guru mulai membagikan katu huruf lalu mengucapkannya, lalu siswa diminta untuk melihat dan ikut mengucapkannya, langkah kedua dari aspek auditori, guru mengucapkan bunyi guruf dan siswa mendengar dan mengikutinya, selanjutnya guru akan bertanya ke siswa bunyi huruf tersebut lalu siswa menyebutkan bunyinya, langkah ketiga dari aspek kinestetik, guru menuliskan huruf yang diajarkan diudara, dan siswa mengikutinya. Dan langkah yang terakhir adalah aspek taktil, guru membagikan kartu huruf lagi dan setelah terbagi rata kesemua siswa, guru meminta siswa untuk meraba kartu huruf dengan mengikuti bentuk huruf yang ada di kartu.

Abstract

This research was conducted with the aim of solving the problems faced by class teachers when teaching reading ABK children with hyperactive types. The VAKT method that focuses on the use of all human-owned multisensory, is expected to provide teacher solutions in teaching hyperactive ABK type students with difficulty learning to begin reading. This research is the result of literature review by library research. The results of this study reveal the steps of learning with this VAKT method namely; the first step from the visual aspect is, the teacher starts distributing katu letters then pronounce it, then students are asked to see and participate in saying it, the second step is from the auditory aspect, the teacher utters the sound of the guruf and students hear and follow it, then the teacher will ask students the sound of the letter then students mention the sound, the third step from the kinesthetic aspect, the teacher writes the letters taught in the air, and the students follow them. And the last step is the tactile aspect, the teacher distributes the letter cards again and after evenly divided all students, the teacher asks students to feel the letter cards by following the shape of the letters on the cards.


Keywords


metode VAKT, membaca permulaan, anak hiperaktif, VAKT method, beginning reading, hyperactive child

Full Text:

PDF

References


Akbar, Sukma Noor. 2017. “Terapi Modifikasi Perilaku untuk Penanganan Hiperaktif Pada Anak Retardasi Mental Ringan.” Jurnal Ecopsy 4(1):41. doi: 10.20527/ecopsy.v4i1.3414.

Arifa, Tutus Rani. 2018. “Hubungan Berpikir Kritis dan Membaca Pemahaman Dengan Kemampuan Menulis Argumentasi.” Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah 4(1):50. doi: 10.31602/muallimuna.v4i1.1427.

Batubara, Hamdan Husein. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis Android untuk Siswa SD/MI.” Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah 3(1):12. doi: 10.31602/muallimuna.v3i1.952.

Destiani, Lusy. 2016. “Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan menggunakan Metode Vakt (Visual Auditori Kinestetik Taktil) untuk Anak Autis Kelas I di SLB Autisma dian amanah yogyakarta.” Widia ortodidaktika 5(11):1101–1109.

Faradila, Arsi. t.t. “Penerapan Metode Vakt (Visual, Auditori, Kinestetik dan Taktil) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Tunagrahita Ringan SKRIPSI.” 53.

Khaliq, Abdul, Barsihanor Barsihanor, dan Tutus Rani Arifa. 2020. “Pengaruh Penggunaan Media Boneka Tangan terhadap Keterampilan Menyimak Siswa Kelas I Di Sdit Robbani Banjarbaru.” Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah 5(2):42. doi: 10.31602/muallimuna.v5i2.2883.

Nirlianti, Ria. t.t. “Penerapan Metode Vakt (Visual, Auditory, Kinesthetic, Tactile) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 di SDN 1 Mareje Timur Lembar Lombok Barat Tahun Pelajaran 2017/2018.” 111.

Nurraga, Adya. 2016. “Pengaruh Metode Vakt terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Tunagrahita Ringan Di Slb Purnama Asih.” PhD Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.

Puput, Purnamasari, dan Soendari Tjutju. t.t. “Metode Vakt untuk Pembelajaran Membaca Permulaan Anak Tunagrahita Ringan.” JASSI ANAKKU 19(1):25–31.

Putra, Andi Purnawan. 2018. “Meningkatkan Kreativitas Anak dengan ADHD melalui Literasi.” Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 1(2):354–370.

Putri Pangesti Rahayu, Suwarno. 2016. “Analisis Tentang Anak Hiperaktif dan Upaya Mengatasinya Pada Siswa Kelas Iii Sd Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016.” The Progressive and Fun Education Seminar.

Raudlatul Jannah. 2016. “Pengembangan Buku Ajar Tematik Bernuansa Islami untuk Madrasah Ibtidaiyah/ Sekolah Dasar Islam.” Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah 2(1):1–16. doi: 10.31602/muallimuna.v3i1.952.

Roshinah, Fithroh Roshinah, Laila Nursaliha, dan Saiful Amri. 2014. “Pengaruh Terapi Murottal Terhadap Tingkat Hiperaktif–Impulsif Pada Anak Attention Deficit Hyperactive Disorder (Adhd).” Pelita-Jurnal Penelitian Mahasiswa UNY 9(02).

Sutisna, Nia, dan Ayi Rahmawati. 2018. “Pengaruh Metode Vakt terhadap Peningkatan Kemampuan Mengenal Bangun Datar Pada Anak Cerebral Palsy.” PEDAGOGIA 16(2):157. doi: 10.17509/pdgia.v16i2.11334.

Tentama, Fatwa. 2009. “Peran Orang Tua dan Guru dalam Menangani Perilaku Hiperaktifitas pada Anak ADHD di SLB Negeri 3 Yogyakarta.” Jurnal KesMas 3(1):51–57.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v6i1.2506

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Eri Susanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is indexed by:

                   

This journal dedicated by:

   

Creative Commons License
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.