MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN GEMAR MEMBACA PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PREDICT OBSERVE EXPLAIN BERBASIS LITERASI
(1) PGSD, Universitas Muhammadiyah Purwokerto
(2) PGSD, Universitas Muhammadiyah Purwokerto
(3) PGSD, Universitas Muhammadiyah Purwokerto
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRAK: Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berpikir kritis dan sikap gemar membaca peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan sikap gemar membaca peserta didik melalui model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) berbasis literasi. Penelitian ini terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik Kelas IV A SDN 4 Kotayasa yang berjumlah 26 peserta didik yang terdiri dari 12 peserta didik laki-laki dan 14 peserta didik perempuan. Alat pengumpulan data menggunakan tes keterampilan berpikir kritis, lembar aktivitas guru, lembar aktivitas peserta didik, lembar observasi sikap gemar membaca peserta didik serta lembar skala sikap gemar membaca peserta didik. Hasil peningkatan yang terjadi dapat dilihat pada setiap siklusnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) berbasis literasi dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan sikap gemar membaca peserta didik pada tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku di kelas IV A SDN 4 Kotayasa, Kecamatan Sumbang, Banyumas.
IMPROVING CRITICAL THINKING SKILLS AND LIKE TO READ OF STUDENTS THROUGH PREDICT OBSERVE EXPLAIN MODELS BASED ON LITERACY
ABSTRACT: The background of this study is the low level of critical thinking skills and the reading interest’s students. This study aims to improve critical thinking skills and the reading interest’s students through literacy-based Predict Observe Explain (POE) learning models. This research consists of stages of planning, action, observation and reflection. The subjects of this study were the 4th A grade students of SDN4 Kotayasawhich amount to 26 students consisting of 12 boy and 14 girl. The tools that used for collecting data are tests of critical thinking skills, teacher activity sheets, student activity sheets, observation sheets, attitudes to reading students and scale sheets of attitude to love reading students. The results of the improvements that occur can be seen in each cycle. The results of this study indicate that the use of a literacy based Predict Observe Explain (POE) model can improve the critical thinking skills and the reading attitude of students in Theme 7 “The Beauty of Diversity in My Country”in 4th A grade SDN 4 Kotayasa, Sumbang Sub-District, Banyumas District.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariani, D. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Mahasiswa/I PGMI. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 108-115.
Jumiati, J. (2017). Penerapan Metode Karya Wisata pada Konsep Dasar IPA MI/SD Materi Perkembangbiakan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa PGMI. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 19-27.
Kuswana, W. S. (2011). Taksonomi Berpikir. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muslim, A., & Badarudin. (2017). Penggunaan Model POE (Prediction Observaton Explanation) pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas IV MI Muhammadiyah Beji. Jurnal Seminar Nasional.
Prasetyono, D.S. (2008). Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca Pada Anak Sejak Dini. Jogjakarta: Think.
Rianti, Maya., Dkk. (2015). Pendidikan 18 Karakter Bangsa SD/ MI – SMP/ MTs: Gemar Membaca: Mustika Cendekia Negeri.
Susanto,A. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Tilaar, H.A.R., Paat, J.Ph., dan Paat, L. (2011). Pedagogik Kritis. Jakarta: Rineka Cipta.
Warsono & Hariyanto. (2013). Pembelajaran Aktif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Widyaningrum, R., Sarwanto., & Karyanto, P. (2013). Pengembangan Modul Berorientasi POE (Predict Observe Explain) Berwawasan Lingkungan pada Materi Pencemaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik. Jurnal Bioedukasi.1(6), 100-117.
Wu, Y.T & Tsai, C.C. (2005). Effect of Constructivistoriented Instruction on Elementary School Student Cognitive Structures. Journal of Biological Education. 39(3), 113-119.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v4i2.1863
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Anggit Fathiara, Badarudin Badarudin, Aji Heru Muslim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
bocoran pola spin mahjong wins 3 di koi800 viral di grup facebook karena bisa tembus jackpot besar
strategi jitu main mahjong ways di koi800 bermodal 10ribu auto jadi saldo jutaan viral di tiktok
netizen heboh trik mahjong wins 3 dengan jam gacor pagi dinihari auto meledak saldo
tips main mahjong ways di koi800 dengan setelan auto spin bikin pengguna baru auto jp
warga bandung bongkar rumus spin mahjong wins 3 setiap malam dan berhasil bawa pulang jackpot
viral pola rahasia mahjong ways dari komunitas online bisa bikin saldo naik drastis di koi800
anak kost di yogyakarta buktikan trik jam gacor mahjong wins 3 bikin tarik saldo harian naik
influencer ungkap tips main mahjong ways supaya menang terus di koi800 tanpa modal besar
pola spin acak mahjong wins 3 yang lagi trending di komunitas bikin pemain pemula auto heboh
bocoran strategi mahjong ways ala konten kreator koi800 ini disebut bikin auto saldo menggila
pemuda di cikarang bagi tips main mahjong wins sampai 3 kali jp dalam seminggu pakai pola ini
jam gacor mahjong ways yang sering dibocorkan di group wa ternyata benar benar bisa menang banyak
pola spin mahjong wins 3 di koi800 yang disebut paling gacor dan jarang diketahui pemain pemula
bocoran tips trik main mahjong ways dari pemain lama bisa bikin kemenangan naik tiap sesi spin
viral cara main mahjong wins dengan rumus pola tertentu bikin netizen ramai coba sendiri
netizen bongkar jam gacor terbaik mahjong ways di koi800 bikin saldo naik dalam 10 menit
tips dan trik pemain berpengalaman dalam main mahjong wins 3 bisa bikin modal kecil auto besar
pola spin terbaru mahjong ways yang mulai banyak dicari karena sering bikin saldo meledak
rahasia strategi auto spin di mahjong wins dengan setting khusus bikin netizen kaget karena jp
pengguna koi800 ceritakan perjalanan menang mahjong wins dari pakai rumus dan jam gacor ini
warga bandung ungkap trik bermain mahjong wins 3 dengan jam gacor gojek800
tips penting dari mahasiswa ui soal pola mahjong ways di gojek800
bocoran strategi mahjong wins 3 dari karyawan kantoran jakarta
jam gacor mahjong ways versi komunitas gamer surabaya di gojek800
temuan rumus baru mahjong wins 3 bikin warga semarang heboh
cara anak malang mengatur pola spin di mahjong ways ala gojek800
ibu rumah tangga berbagi trik mahjong wins 3 saat jam gacor tiba
strategi mahjong ways gojek800 yang dipakai pekerja shift malam
kisah siswa smk di tangerang raih jackpot mahjong dengan rumus langka
warga depok berbagi bocoran tips mahjong ways saat istirahat kerja
mahasiswa bali bongkar jam gacor mahjong wins 3 di gojek800
tips mahjong ways dari komunitas online bekasi di sela wfh
pola spin mahjong yang dipakai content creator tiktok gojek800
rahasia pekerja freelance jakarta raih hadiah mahjong ways
rumus spesial mahjong wins 3 dari sesi pagi pukul 08 09
pelajar sma dapat hadiah dari pola spesifik mahjong di gojek800
analisis jam gacor mahjong ways menurut forum malam jumat
trik mahjong ala anak kost jogja bikin netizen penasaran
kisah driver online dapat spin beruntun di mahjong wins gojek800
pola rahasia mahjong ways dari diskusi grup facebook terungkap