MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN GEMAR MEMBACA PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PREDICT OBSERVE EXPLAIN BERBASIS LITERASI
(1) PGSD, Universitas Muhammadiyah Purwokerto
(2) PGSD, Universitas Muhammadiyah Purwokerto
(3) PGSD, Universitas Muhammadiyah Purwokerto
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRAK: Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berpikir kritis dan sikap gemar membaca peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan sikap gemar membaca peserta didik melalui model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) berbasis literasi. Penelitian ini terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik Kelas IV A SDN 4 Kotayasa yang berjumlah 26 peserta didik yang terdiri dari 12 peserta didik laki-laki dan 14 peserta didik perempuan. Alat pengumpulan data menggunakan tes keterampilan berpikir kritis, lembar aktivitas guru, lembar aktivitas peserta didik, lembar observasi sikap gemar membaca peserta didik serta lembar skala sikap gemar membaca peserta didik. Hasil peningkatan yang terjadi dapat dilihat pada setiap siklusnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) berbasis literasi dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan sikap gemar membaca peserta didik pada tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku di kelas IV A SDN 4 Kotayasa, Kecamatan Sumbang, Banyumas.
IMPROVING CRITICAL THINKING SKILLS AND LIKE TO READ OF STUDENTS THROUGH PREDICT OBSERVE EXPLAIN MODELS BASED ON LITERACY
ABSTRACT: The background of this study is the low level of critical thinking skills and the reading interest’s students. This study aims to improve critical thinking skills and the reading interest’s students through literacy-based Predict Observe Explain (POE) learning models. This research consists of stages of planning, action, observation and reflection. The subjects of this study were the 4th A grade students of SDN4 Kotayasawhich amount to 26 students consisting of 12 boy and 14 girl. The tools that used for collecting data are tests of critical thinking skills, teacher activity sheets, student activity sheets, observation sheets, attitudes to reading students and scale sheets of attitude to love reading students. The results of the improvements that occur can be seen in each cycle. The results of this study indicate that the use of a literacy based Predict Observe Explain (POE) model can improve the critical thinking skills and the reading attitude of students in Theme 7 “The Beauty of Diversity in My Country”in 4th A grade SDN 4 Kotayasa, Sumbang Sub-District, Banyumas District.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariani, D. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Mahasiswa/I PGMI. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 108-115.
Jumiati, J. (2017). Penerapan Metode Karya Wisata pada Konsep Dasar IPA MI/SD Materi Perkembangbiakan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa PGMI. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 19-27.
Kuswana, W. S. (2011). Taksonomi Berpikir. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muslim, A., & Badarudin. (2017). Penggunaan Model POE (Prediction Observaton Explanation) pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas IV MI Muhammadiyah Beji. Jurnal Seminar Nasional.
Prasetyono, D.S. (2008). Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca Pada Anak Sejak Dini. Jogjakarta: Think.
Rianti, Maya., Dkk. (2015). Pendidikan 18 Karakter Bangsa SD/ MI – SMP/ MTs: Gemar Membaca: Mustika Cendekia Negeri.
Susanto,A. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Tilaar, H.A.R., Paat, J.Ph., dan Paat, L. (2011). Pedagogik Kritis. Jakarta: Rineka Cipta.
Warsono & Hariyanto. (2013). Pembelajaran Aktif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Widyaningrum, R., Sarwanto., & Karyanto, P. (2013). Pengembangan Modul Berorientasi POE (Predict Observe Explain) Berwawasan Lingkungan pada Materi Pencemaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik. Jurnal Bioedukasi.1(6), 100-117.
Wu, Y.T & Tsai, C.C. (2005). Effect of Constructivistoriented Instruction on Elementary School Student Cognitive Structures. Journal of Biological Education. 39(3), 113-119.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v4i2.1863
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Anggit Fathiara, Badarudin Badarudin, Aji Heru Muslim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This Journal is indexed by:
This journal dedicated by:
Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah by https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/ is licensed under is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.