ANALISIS EKONOMI PADA PERKUATAN RUMAH GUNA PENGURANGAN DAMPAK GEMPA BUMI

Mohamad F.N. Aulady(1*), Felicia T. Nuciferani(2), Dyan Eka Nurhayati(3), Adi A. Pratama(4)

(1) Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
(2) Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
(3) Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
(4) Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
(*) Corresponding Author

Sari


Indonesia berada pada "Ring of Fire" yang merupakan rangkaian gunung berapi aktif serta terletak pada empat lempeng utama yaitu lempeng Eurasia, lempeng India-Australia, lempeng Laut Filipina dan lempeng Pasifik mengakibatkan timbulnya sesar baru di daerah Surabaya yaitu Sesar Kendeng dan Sesar Waru. Hal ini berpotensi menyebabkan gempa bumi maka masyarakat perlu melakukan tindakan pencegahan untuk mengurangi dampak kerugian yang timbul. Tujuan penelitian yaitu mengaplikasikan metode retrofitting pada bangunan rumah tipe 42/70 disertai dengan analisis cost benefit analysis. Hasil penelitian menyajikan bahwa tingkat kerusakan rumah tanpa dilakukan retrofitting yaitu sebesar 64,42 % dengan total kerugian mencapai Rp. 165.471.763,35. Pada saat retrofitting diaplikasikan dengan metode kombinasi penambahan balok dan kolom yang  dibantu aplikasi software maka hasil struktur bangunan rumah lebih tahan terhadap gempa dan tidak terjadi kerusakan pada bangunan disertai biaya retrofitting mencapai Rp. 10.551.814,65. Hasil dari analisis cost benefit analysis yang melakukan perbandingan antara biaya perbaikan atau retrofitting menjadi harga yang lebih efisien bila dibandingkan dengan harga kerusakan yang mencapai Rp 165.471.763,35

Kata Kunci : Gempa Bumi, Retrofitting, Cost Benefit Analysis

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Badan meteorologi klimatologi dan geofisika. 2020. Peta Seismisitas Indonesia,(online), https://www.bmkg.go.id/seismologi-teknik/Di akses 25 november, 2020.

Badan Standarisasi Nasional. 2019. Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Struktur Bangunan Gedung dan Non Gedung.1726. Badan Standarisasi Nasional. Jakarta.

Boen,Teddy. 2010. Cara Memperbaiki Bangunan Sederhana Yang Rusak Akibat Gempa Bumi

Desain Spektra Indonesia. 2021. Desain Spektra Indonesia 2021.

Direktorat Bina Teknik Permukiman Dan Perumahan, Direktorat Jendral Cipta Karya, Kementrian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat, (online), http://rsa.ciptakarya.pu.go.id/, 2021. Di akses 13 April, 2021.

Irsyam, M. , Lutfi, R. 2017. Peta sumber dan bahaya gempa Indonesia tahun 2017. Bandung: Pusat Penelitian dan Pengembangan Perumahan dan Permukiman, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pekerjaan Umum, (online),

https://www.bnpb.go.id/uploads/24/seminar/PemutahiranSumberdanPetaGempaIndonesia. Di akses 22 september, 2020.

Murtianto, Hendro. 2016. Potensi Kerusakan Gempa Bumi Akibat Pergerakan Patahan Sumatera Di Sumatera Barat dan Sekitarnya. Jurnal Geografi Gea.

Nur, Arief Mustofa. 2010. Gempa Bumi, Tsunami, dan Mitigasinya. Jurnal Geografi. Balai Informasi dan Konservasi Kebumian karangsambung – LIPI, Kebumen.

Sungkawa, Dadang. 2016. Dampak Gempa bumi Terhadap Lingkungan Hidup. Jurnal Geografi Gea

Probandari, Ari. 2007. Cost Effectiveness Analysis Dalam Penentuan Kebijakan kesehatan : Sekedar Konsep Atau Aplikatif ?. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan.

Widodo, Amien. 2017. Identifikasi Percepatan Tanah Maksimum (PGA) dan Kerentanan Tanah Menggunakan Metode Mikrotremor Jalur Sesar Kendeng. Jurnal Geosaintek




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jk.v4i2.6434

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.