MANAJEMEN PERAWATAN DAN PEMELIHARAAN GEDUNG, ASET DAN FASILITAS DI UNIVERSITAS PALANGKA RAYA

Zerizkyeska Nugrahayu N.(1*), Dewantoro Dewantoro(2), Apria Brita Pandohop Gawei(3)

(1) Universitas Palangka Raya
(2) Universitas Palangka Raya
(3) Universitas Palangka Raya
(*) Corresponding Author

Sari


Aset dan fasilitas berupa bangunan gedung yang ada di Universitas Palangka Raya perlu dikelola dengan baik dan dilakukan perawatan serta pemeliharaan secara terjadwal. Perawatan dan pemeliharaan bangunan gedung bertujuan agar bangunan gedung dapat berfungsi dengan baik dan tetap laik fungsi serta memperpanjang umur bangunan dengan pemeriksaan secara teratur. Manajemen universitas belum sepenuhnya diterapkan dengan tepat. Kondisi fisik bangunan gedung UPR pada umumnya belum memiliki kualitas yang baik dan berorientasi jangka panjang sehingga mengurangi faktor efisiensi, keamanan dan kenyamanan penggunaannya, serta sarana  dan prasarana pendidikan masih belum memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis bangunan gedung yang dimiliki UPR berdasarkan fungsi bangunan gedung dan mengetahui  manajemen perawatan dan pemeliharaan gedung, aset, dan fasilitas di UPR berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 24/PRT/M/2008. Data penelitian diperoleh dengan metode dokumentasi, observasi, dan wawancara kepada pihak pengelola bangunan gedung di UPR. Pengecekan keabsahan data menggukakan triangulasi. Metode analisis data model Miles dan Huberman digunakan daam menganalisis penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, UPR memiliki bangunan gedung dengan  fungsi hunian, fungsi usaha,  fungsi sosial dan budaya, dan fungsi keagamaan. Dalam pelaksanaan pemeliharaan dan perawatan bangunan gedung, UPR sudah melakukan pemeliharaan dan perawatan bangunan gedung dengan rutin dan baik, namun dalam manajemen pemeliharaan dan perawatan bangunan gedung UPR belum sepenuhnya menerapkan peraturan yang berlaku.

Kata Kunci:  manajemen, pemeliharaan, perawatan, bangunan gedung, aset.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afifudin, Beni Ahmad Saebani., 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Pustaka Setia. Bandung.

Arafat, M. Fathan., 2015. Pemeliharaan dan Perawatan Gedung Fakultas Teknik Universitas Jember. Universitas Jember. Jawa Timur.

Departemen Pekerjaan Umum., 2002. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung. Kementerian Pekerjaan Umum. Jakarta.

Departemen Pekerjaan Umum., 2008. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 24 Tahun 2008 tentang Pedoman Pemeliharaan dan Perawatan Bangunan Gedung. Kementerian Pekerjaan Umum. Jakarta.

Elia, Andrie., 2019. Rencana Strategis Universitas Palangka Raya Tahun 2020 - 2024. Universitas Palangka Raya. Palangka Raya.

Griffin, Ricky W., and Moorhead, Gregory., 2014. Organizational Behavior Managing People and Organizations. Eleventh Edition. USA/.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia., 2015. Peraturan Menteri R iset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Palangka Raya. Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jk.v4i2.6415

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.