EVALUASI KINERJA SIMPANG DI KAWASAN JALAN BUKIT KAMINTING KOTA PALANGKA RAYA

Sendes Rono Pane(1*), Supiyan Supiyan(2), Desriantomy Desriantomy(3)

(1) Universitas Palangka Raya
(2) Universitas Palangka Raya
(3) Universitas Palangka Raya
(*) Corresponding Author

Sari


Persimpangan Jalan Bukit kaminting, Jalan Bukit Indah dan Jalan Garuda merupakan salah satu persimpangan yang ada di kawasan Jalan Bukit Kaminting yang sering mengalami konflik lalu lintas seperti kemacetan pada jam-jam tertentu. Hal ini disebabkan oleh karena semakin besarnya arus lalu lintas yang melalui persimpangan ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Kinerja Persimpangan Jalan Bukit kaminting, Jalan Bukit Indah dan Jalan Garuda setelah dilakukan pelebaran ruas jalan pada Jalan Bukit Kaminting. Dalam penelitian ini menggunakan dua data yaitu, data primer dan data sekunder, dan analisis data pada penelitian ini berdasarkan acuan PKJI 2014. Dari hasil analisis data pada simpang diperoleh nilai kapasitas (C) sebesar 2642,51 skr/jam, nilai derajat  kejenuhan (Dj) sebesar 0,82, peluang antrian (PA) sebesar 27%–54%, dan nilai tundaan simpang (T) sebesar 13,891 det/skr. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut Persimpangan Jalan Bukit Kaminting, Jalan Bukit Indah dan Jalan Garuda masuk dalam kategori tingkat pelayanan D dimana kondisi arus mendekati tidak stabil dengan volume lalu lintas tinggi dan kecepatan masih ditolerir namun sangat terpengaruh oleh perubahan kondisi arus.

Kata kunci : Kinerja Simpang, PKJI 2014, Derajat Kejenuhan, Kapasitas, Tundaan Simpang.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonim. 2014. Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia. Jakarta: Dirjen Bina Marga DPU.

Anonim. 2020. Badan Pusat Statistik Kota Palangka Raya.

Bawangun, Vrisilya., Theo K. S. dan Lintong S. 2015. Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal untuk Simpang Jalan W. R. Supratman dan Jalan B. W. Lapian di Kota Manado. Manado: Jurnal Sipil Statik Universitas Sam Ratulangi Manado. Vol. 3 No. 6.

Cahyo, R. D. 2019. Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal di Kawasan Jalan Bukit Kaminting Palangka Raya. Tugas Akhir Fakultas Teknik UPR, Palangka Raya.

Direktorat Jendral Bina Marga (1992), Standar Perencanaan Geometrik untuk Jalan Perkotaan, Jakarta.

H., Mursid Budi., Wicaksono A. dan Anwar M. R. 2014. Evaluasi Kinerja Simpang Tidak Bersinyal Jalan Raya Mengkreng Kabupaten Jombang. Jurnal Rekayasa Sipil Universitas Brawijaya. Vol. 8 No.3

Hendarto, S. (2001). Dasar-Dasar Transportasi. Bandung: ITB.

Kabi, Marchyano B. R., Lintong E. dan James A. T. 2015. Analisis Kinerja Simpang Tanpa Sinyal (Studi Kasus pada simpang Tiga Ringroad sampai Maumbi). Manado: Jurnal Sipil Statik Universitas Sam Ratulangi. Vol. 3 No. 7.

Listiana, Novi. dan Tri Sudibyo. 2019. Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal Jalan Raya Dramaga-Bubulak Bogor, Jawa Barat. Bogor: Jurnal Teknik sipil dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor. Vol. 04 No. 01.

Morlok, E. K. 1991. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Jakarta: Erlangga.

Pasaribu, Eriko. 2015. Analisa Tingkat Pelayanan Persimpangan Tidak Bersinyal (Studi Kasus Persimpangan Empat Lengan Jalan Yos sudarso, Jalan Yos Sudarso III dan Jalan Bukit Keminting, Palangka Raya. Tugas Akhir Fakultas Teknik UPR, Palangka Raya.

Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 96 Tahun 2015, Tentang Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas, Jakarta.

Pratama, M. D. M. dan Elkhasnet. 2019. Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal Jalan A. H. Nasution dan Jalan Cikadut, Kota Bandung. Bandung: Jurnal teknik Sipil Institut Teknologi Nasional. Vol. 5 No. 2.

Republik Indonesia. 2006. Peraturan Menteri Perhubungan No. 14 Tahun 2006 Tentang Manajemen dan Rekayasa lalu Lintas di Jalan. Sekretariat Negara. Jakarta.

Rorong, Novriyadi., Lintong E. dan Joice E. W. 2015. Analisa Kinerja Simpang Tidak Bersinyal di Ruas Jalan S. Parman dan Jalan D. I. Panjaitan. Manado: Jurnal Sipil Statik Universitas Sam Ratulangi. Vol. 3 No. 11.

Sriharyani, Leni. dan M. Nur Hidayat. 2017. Analisa Arus Kendaraan terhadap Kinerja Simpang Tak Bersinyal dengan Metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014 ( Studi Kasus Simpang Tiga Pasar Punggur Lampung Tengah). Lampung: Jurnal Universitas Muhammadiyah Metro. Tapak Vol. 6 No. 2.

Tamin, O. Z. 2000. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Bandung: ITB




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jk.v4i2.6414

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.