ANALISIS DAYA DUKUNG PILE SLAB JEMBATAN LAYANG JALAN BUKIT RAWI KALIMANTAN TENGAH

Bagasianari Tarigan(1*), Suradji Gandi(2), Mohammad Ikhwan Yani(3)

(1) Universitas Palangka Raya
(2) Universitas Palangka Raya
(3) Universitas Palangka Raya
(*) Corresponding Author

Sari


Pada saat musim penghujan, lokasi jalan Bukit Rawi, Kalimantan Tengah sering mengalami kebanjiran dan mengakibatkan kemacetan yang sangat panjang. Sehingga untuk mengatasi masalah tersebut maka dibangun jembatan layang dengan menggunakan struktur Slab on Pile. Pada saat pembangunan ditemukan beberapa kendala salah satunya adalah lokasi tersebut memiliki jenis tanah gambut yang memiliki daya dukung sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kapasitas daya dukung pile slab yang terjadi pada jembatan layang di jalan Bukit Rawi berdasarkan data SPT dan  CPT, dan mengetahui berapa besar penurunan yang terjadi pada pile slab di jalan Bukit Rawi. Data penelitian diperoleh dari data sekunder yang didapatkan dari P2JN (Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional) Provinsi Kalimantan Tengah. Perhitungan pembebanan pada struktur atas dilakukan dengan menggunakan SAP2000. Berdasarkan hasil perhitungan data SPT, besar daya dukung tiang pancang tunggal dengan metode Meyerhof sebesar 91,01 ton (aman), metode L Decourt sebesar 40,143 ton (tidak aman). Berdasarkan hasil perhitungan data CPT, besar daya dukung tiang pancang tunggal dengan metode Aoki dan De Alencar sebesar 92,17 ton (aman), metode Langsung sebesar 216,971 ton (aman), metode Philipponnat sebesar 89,344 ton (aman). Penurunan yang terjadi pada pile slab adalah sebesar 7,3 mm.

Kata kunci: daya dukung, pile slab, jembatan layang, CPT, SPT.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bowles, Joseph E. 1997. Analisis dan Desain Fondasi Jilid 1 Edisi 4. Jakarta: Erlangga Tabel System uscs

Cahyono, Arif Budi. 2011. Studi Pelaksanaan Pekerjaan Tiang Pancang Piled Slab (Fly Over) Jembatan Martadipura Tenggarong Kalimantan Timur. Skripsi. Universitas Negeri Malang : Malang.

Hardiyatmo, C. H. 2002. Mekanika Tanah II. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

SNI 1725:2016. 2016. Pembebanan Untuk Jembatan. Badan Standarisasi Nasional. Bandung.

SNI 2847-2013. 2013. Persyaratan Beton Struktural Untuk Bangunan Gedung. Badan Standarisasi Nasional. Bandung.

SNI T-02-2005. 2005. Standar Pembebanan Untuk Jembatan. Badan Standarisasi Nasional. Bandung.

Wahyudi, Herman. 1999. Daya Dukung Fondasi Dalam. Surabaya : Jurusan Teknik Sipil – FTSP ITS

Wijaya, Septian Tesa. 2018. Analisis Perbandingan Daya Dukung Fondasi Telapak Serta Perancangan Fondasi Telapak Pada Tribun Stadion (Studi Kasus Stadion Hinang Golloa, Kecamatan




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jk.v3i2.4285

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.