PERGERAKAN DISTRIBUSI MATRIK ASAL TUJUAN TRANSPORTASI BARANG INTERNAL DI PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Herna Puji Astutik(1*)

(1) Institut Teknologi Nasional Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Sari


Transportasi  merupakan  bagian  penting  dalam  pembangunan  dan  pengembangan  suatu daerah. Perencanaan Transportasi membutuhkan data Pergerakan Asal-Tujuan. Data pergerakan/asal   tujuan   barang   digunakan   sebagai   bahan   analisis   untuk   merumuskan kebijakan transportasi dalam usaha memfasilitasi demand pergerakan barang. Proses rekapitulasi data asal-tujuan antar Kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta sangat diperlukan, agar data pola pergerakan barang mudah dikelola dan bermanfaat bagi pihak- pihak yang berkepentingan. Metode Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan pendekatan Analisis Data Sekunder (ADS). Data yang digunakan dalam Penelitian ini adalah data survei yang telah dilakukan oleh Kemenhub Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan Survei Asal Tujuan Transportasi Barang pada tahun 2018. Berdasarankan  hasil  olahan  data  Origin-Destination  Provinsi  DIY  bahwa  pergerakan distribusi perjalanan asal terbesar adalah dari Kabupaten Sleman ke Seluruh Kabupaten di Provinsi DIY adalah 157995 ton/bulan. Untuk distribusi tujuan terbesar adalah Kabupaten Sleman yang didistribusi dari seluruh Kabupaten di DIY pula, dengan besar nilai distribusi tujuan adalah 128626 ton/bulan.

 

Kata Kunci : Transportasi Barang, Data Pergerakan Asal-Tujuan, Provinsi DIY


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arifin, Triana Sharly P., Haryanto, Budi., Ramadhani, Utari Nur. 2019. Development of Freight Trip Generation Model in East Kalimantan Province. Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas Vol.3 Sup.1

Aruperes, Gledis P., Pandey, Sisca V & Lalamentik, Lucia G. 2018. Analisis

Pergerakan Angkutan Barang Dari Kota Bitung. Jurnal Sipil Statik Vol.6 No.1 Januari

(57-66) ISSN: 2337-6732

Dwi, Aristian P., murtejo, tedy. 2017. Analisis Potensi Bangkitan Dan Tarikan (Studi Kasus pada Stasiun LRT Kedunghalang Kota Bogor). Jurnal Rekayasa Sipil ASTONJADRO Volume 6 Nomor 2, Desember 2017 ISSN 2302-4240

https://attn-barang.dephub.go.id/, diakses 23 Juli 2020 pukul 12.50 WIB

Kumaat, Meike. 2013. Analisis Bangkitan Dan Tarikan Pergerakan Penduduk Berdasarkan Data Matriks Asal Tujuan Kota Manado. Jurnal Tekno Sipil / Volume 11 / No.58 / April 2013

Martono, Nanang. 2014. Metod Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data

Sekunder. Jakarta: Rajawali Pers

Menhub. 2015. Keputusan Menteri Perhubungan KM 71 tahun 2005 tentang

Pengangkutan Barang/Muatan antar Pelabuhan Laut di dalam Negeri.

Menhub. 2018. Survei Asal Tujuan Transportasi Barang. Kementrian Perhubungan

Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan.

Mills, J., Schmitz, J., Frizelle, G. 2004. A strategic review of “supply networks”.

International Journal of Operations & Production Management, 24 (10) : 1012-1036.

Perdana, Yandra Rahadian., Soemardjito, Joewono. (2016). Analisis Asal Tujuan Komoditi Utama Antar Wilayah Pulau Jawa, Kalimantan, Dan Nusa Tenggara Timur. Jurnal Penelitian Transportasi Multimoda Volume 14/No. 01/Maret/2016.

Priyanto, Sigit., Munawar, Ahmad., Priyanto, Sigit & Wibisono, Bambang Hari. 2014.

Pola Perjalanan Di Perkotaan Yogyakarta. Jurnal Teknik Sipil Volume 12, No. 4, April

: 249 – 258

Suprayitno, H. & Soemitro, R.A.A. (2018). “Preliminary Reflexion on Basic Principle of Infrastructure Asset Management”. Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas, Vol. 2, No. 1, Maret 2018, Hal. : 1-9.

Sutrisni, Sri., Syafi’i & Setiono. 2014. Estimasi Matriks Asal Tujuan ( Mat ) Kota

Surakarta Tahun 2025. e-Jurnal MATRIKS TEKNIK SIPIL Vol. 2 No. 2/Juli 2014/237 [14] Wong, C, W, Y., Lai, K., Bernroider, E, W, N. 2015. The performance of contingencies

of supply chain information integration: The roles of product and market complexity. International Journal of Production Economics, 165:1–11




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jk.v3i2.4063

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.