STUDI KARAKTERISTIK CAMPURAN LAPIS TIPIS ASPAL PASIR KELAS A DENGAN PENAMBAHAN SERAT SELULOSA ROADCELL-50

Yasruddin Yasruddin(1*)

(1) Dosen Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, ULM
(*) Corresponding Author

Sari


Sifat Latasir yang rentan terhadap retak-retak tentu menimbulkan pertanyaan mengenai bahan apa yang bisa meningkatkan ketahanan lapis perkerasan Latasir tersebut sehingga ketahanan terhadadap stabilitas dan durabilitasnya dapat tercapai selama umur rencana. Salah satu cara meningkatkan kinerja campuran aspal adalah dengan memodifikasi campuran aspal dengan menambahkan aditif serat selulosa Roadcell-50. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan serat selulosa Roadcell-50 terhadap perubahan karakteristik Marshall dan durabilitas campuran Latasir kelas A.

Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pasir Sungai Martapura, filler, dan aspal Shell ex-Singapura. Komposisi campuran yang digunakan dalan pengujian adalah fraksi 1 (pasir sedang) sebanyak 5.99%, fraksi 2 (pasir halus) sebanyak 83.01%, filler sebanyak 11. Pengujian dilaksanakan dengan melakukan pengujian Marshall dan uji perendaman (Immertion Test) pada campuran aspal sebelum dan sesudah ditambahkan aditif sebanyak 1%, 2%, 3%, 4% terhadap variasi kadar aspal 5.5%, 6%, 6.5%, 7%, 7.5%.

Dari hasil penelitian diketahui penambahan zat aditif ini tidak mengubah kadar aspal optimum secara signifikan tetapi mampu meningkatkan nilai indeks perendaman. Selain itu nilai stabilitas, flow, VIM, VMA meningkat seiring naiknya kadar aditif. Sementara nilai VFB dan Marshall Quotient menurun.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anwar, Rosehan, Ir. MT. (2010). Materi Kuliah Quality Control dan Spesifikasi.

Departemen Pekerjaan Umum. (2008) Spesifikasi Lapis Tipis Aspal Pasir (Latasir). Yayasan Penerbit PU, Jakarta.

Sastromijoyo, Suryatin. (1983). Petunjuk Pelaksanaan Lapis Tipis Aspal Pasir (Latasir).Yayasan Penerbit PU, Jakarta.

Soehartono, Ir. (2001). Teknologi Aspal Dan Penggunaannya Dalam Konstruksi Perkerasan Jalan. Yayasan Penerbit PU, Jakarta.

Spesifikasi Umum edisi November 2010. Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum.

Sudarsono D.U, Ir. (1997) Rencana Campuran (Mix Design). Yayasan Penerbit PU, Jakarta.

Rahman, Rahmatang.(2003). Studi Pengaruh Penambahan Roadcell-50 Terhadap Karakteristik Campuran Lapis Tipis Beton Aspal (HRS-WC)




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jk.v2i2.2677

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.



This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.