ANALISIS RASIO SOLVABILITAS UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN TERHADAP ASSET DAN EQUITY PADA PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK PERIODE 2012 - 2015

Novia Shintia

Sari


Permasalahan dalam penelitian ini adalah berapa besar behutang yang ditanggung oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dan bagaimana kemampuan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dalam membayar utangnya terhadap asset dan ekuitas dengan membandingkan rata-rata perusahaan. Oleh karena itu tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui besar behutang yang ditanggung oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dan untuk mengetahui kemampuan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dalam membayar utang-utangnya terhadap asset dan ekuitas dengan membandingkan rata-rata perusahaan. Hasil penelitian ini menggunakan analisis solvabilitas dengan debt to asset ratio dan debt to equity ratio yang menunjukan bahwa dari aspek hutang yang dimiliki PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk ternyata dari tahun 2012 s/d 2015 mengalami peningkatan, sehingga PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk memiliki aktiva yang cukup untuk menutup piutangnya. Kemudian dilihat dari aspek ekuitasnya yang diukur dengan debt to equity ratio ternyata tidak mencukupi untuk menutupi seluruh hutangnya. Dari hasil penelitian laporan keuangan dan kaitannya dengan analisis rasio solvabilitas, maka didapat bahwa selama 4 tahun terakhir (tahun 2012-2015) yang menunjukan bahwa laporan keuangan yang dicapai PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dengan debt to asset ratio berada pada predikat baik sedangkan debt to equity ratio berada pada predikat kurang baik.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agoes, S. (2012). Auditing: Petunjuk Praktis Pemeriksaan Akuntan oleh Akuntan Publik. Jakarta: Salemba Empat.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Astuti, C. D. (2007). Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan. Jurnal Informasi, Perpajakan, Akuntansi, dan Keuangan Publik Volume 2 No.1, 27-42.

Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan. (2011). Keputusan Ketua Bapepam dan LK No : Kep-346/BL/2011 tentang Penyampaian Laporan Keuangan Berkala Emiten atau Perusahaan Publik. Bapepam dan LK.

Belkaoui, A. R. (2006). Teori Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Birjandi, H., Hakemi, B., & Sadeghi, M. M. (2015). The Study Effect Agency Theory and Signaling Theory on the Level of Voluntary Disclosure of Listed Companies in Tehran Stock Exchange. Research Journal of Financial and Accounting Vol 6 No 1.

Brian, I., & Martani, D. (2014). Analisis Pengaruh Peng-hindaran Pajak dan Kepemilikan Keluarga Terhadap Waktu Pengumuman Laporan Keuangan Tahunan Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi XVII.

Bursa Efek Indonesia. (2004). Keputusan Direksi PT Bursa Efek Jakarta Nomor: Kep-307/BEJ/07-2004 Tentang Peraturan Nomor I-H Tentang Sanksi. Bursa Efek Indonesia.

________. (2013). Pengumuman Penyampaian Laporan Ke-uangan Auditan yang Berakhir Per 31 Desember 2012. Bursa Efek Indonesia.

________. (2014). Pengumuman Penyampaian Laporan Ke-uangan Auditan yang Berakhir Per 31 Desember 2013. Bursa Efek Indonesia.

________. (2015). Pengumuman Pe-nyampaian Laporan Keuangan Auditan yang Berakhir Per 31 Desember 2014. Bursa Efek Indonesia.

Dewi, K. M., & Pamudji, S. (2013). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu dan Audit Delay Penyampaian Laporan Keuangan. Diponegoro Journal of Accounting Volume 2 No.2, 1-13.

Dewi, S. P., & Jusia. (2013). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan Pada Perusahaan Real Estate dan Property yang Terdaftar Di BEI. Jurnal Akuntansi Volume XVII No 3.

Elder, R. J., Beasley, m. S., Aren, A. A., & Jusuf, A. A. (2011). Jasa Audit dan Assurance: Pendekatan Terpadu (Adaptasi Indonesia). Jakarta: Salemba Empat.

Fitri, F. A., & Nazira. (2009). Analisis Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan Kepada Publik: Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di BEI. Jurnal Telaah & Riset Akuntansi Volume 2 No.2, 198-214.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handoko, H. (2011). Manajemen. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Harahap, S. S. (2006). Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

________. (2012). Teori Akuntansi. Jakarta: Rajawali Pers.

Hilmi, U., & Ali, S. (2008). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan. Simposium Nasional Akuntansi XI.

Ifada, L. M. (2009). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan. JAI Vol 5 No 1.

Ikatan Akuntan Indonesia. (2014). Standar Akuntansi Keuangan Per Efektif 1 Januari 2015. Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.

Ikhsan, A. (2007). Profesionalisme Auditor pada Kantor Akuntan Publik Dilihat dari Perbedaan Gender, Kantor Akuntan Publik, dan Hirarki Jabatannya. Jurnal Bisnis dan Akuntansi Vol 9 No 3, 199-222.

Kasmir. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Penerbit PT Rajagrafindo Persada.

Kasmir. 2014. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: Penerbit PT Rajagrafindo Persada.

Google Chrome. 2016. Rasio Profitabilitas. [internet]

Tersedia : http://www.kajianpustaka.com/2012/12/rasio-profitabilitas.html. [21 Mei 2016].

Website : www. Bri.co.id

Munawir, 2010. Analisis Laporan Keuangan, Konsep dan Aplikasi, penerbit Yogyakarta

Koewn, Martin, Petty, Scott. 2009. Manajemen Keuangan. Prinsip-prinsip dan Aplikasinya. Edisi kesepuluh, Jilid 1, PT Indeks Kelompok Gramedia.

Harahap, Sofyan Syafri. 2011. Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Praytino, Ryanto Hadi. 2010. Peranan Analisa Laporan Keuangan dalam Mengukur Kinerja Keuangan Perusahaan: Studi Kasus pada PT X. Jurnal Manajemen UNNUR Bandung Vol 2 No. 1. Universitas Nurtanio. Bandung. Hal. 9. Susilo




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/atd.v1i1.794

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

This works is licensed under Creative Commons Attribution-Share A like 4.0 International License.