The Role of Price in Mediating Product Quality on Purchasing Decisions at Cipadu Market, Tangerang City, Banten Province

Reno Catelya Dira Oktavia(1*), Ismeth Emier Osman(2), Tri Djoko Sulistiyo(3), Gratia Wirata Laksmi(4), Emenina Tarigan(5)

(1) Institut Pariwisata Trisakti
(2) Institut Pariwisata Trisakti
(3) Institut PariwisataTrisakti
(4) Institut PariwisataTrisakti
(5) Institut PariwisataTrisakti
(*) Corresponding Author

Abstract


This research aims to determine the role of price in mediating product quality on purchasing decisions at Cipadu Market, Tangerang City. This type of research is descriptive research with a quantitative approach using the path analysis method. The location of this research was at Cipadu Market. The sampling technique used accidental sampling because the researcher happened to meet the respondents directly. The research results show that; (1) Product quality has a significant effect on price; (2) Product quality has a significant effect on purchasing decisions; (3). Price has a significant effect on purchasing decisions. Product quality and affordable prices at Cipadu Market are interrelated, creating an attraction that influences consumer purchasing decisions, with a focus on customer satisfaction and trust, as well as business strategies to maintain low prices without sacrificing quality. Traders are advised to ensure high quality standards, offer a variety of products, collaborate with trusted manufacturers, and maintain competitive prices. Consumers are asked to provide reviews that give merchants insight into product quality and user satisfaction.


Full Text:

PDF

References


Amalia, E. (2013). Mekanisme Pasar dan kebijakan penetapan harga adil dalam perspektif ekonomi Islam. Al-Iqtishad, V(1), 1-22.

Amalia, R. J. (2022). Analisis perilaku konsumtif dan daya beli konsumen terhadap belanja online di masa pandemi COVID-19. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam – JIEBI, 4(1), 1-16.

Cooper, D. R., & Emory, C. W.(2012). Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Erlangga.

Dahliani, Y., & Ahwal, R. H. (2021). Kajian pengaruh kualitas produk, harga, lokasi, dan promosi terhadap kepuasan pelanggan pada Gieselin Food Sukser Makmur di Jember. JIP: Jurnal Inovasi Penelitin, 2(1), 181-190.

Damayanti, R. H. (2021). Peran harga sebagai variabel mediasi dalam hubungan antara kualitas produk, promosi, dengan keputusan pembelian (Studi Kasus Pada PT. Indosat Tbk). Skripsi. Universitas Islam Sultan Agung Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen Semarang.

Evelina, N., DW, H., & Listiyorini, S. (2013). Pengaruh citra merek, kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian kartu perdana Telkomflexi (Studi kasus pada konsumen TelkomFlexi di Kecamatan Kota Kudus Kabupaten Kudus). Diponegoro Journal of Social and Politic, 1(1), 1-11.

Fernando, M. F., & Aksari, N. M. A. (2018). Pengaruh kualitas produk, harga, promosi, dan distribusi terhadap keputusan pembelian produk Sanitary Ware Toto di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(1), 441-469.

Fikri, S., Wiyani, W., Suwandaru, A. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Mahasiswa. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 3(1), 120-133.

Fraenkel, J. R., & Wallen, N. E. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education 8th Edition. Boston: McGraw-Hill Higher Education

Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh harga terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity, 2(1), 69-72.

Harahap, D. A. (2015). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di Pajak Usu (Pajus) Medan. Jurnal Keuangan dan Bisnis, 7(3), 227-242.

Mayasari, I., Sugeng, N. W., & Ratnaningtyas, H. (2021). Peran Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Milenial: Studi Jajanan Tradisional. At-Tadbir: jurnal ilmiah manajemen, 5(2), 135-147.

Mulyadi, M. N. (2022). Pengaruh harga terhadap keputusan pembelian Lapis Talas Kujang Bogor untuk keperluan usaha waralaba. JIMKES: Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 10(3), 511-518.

Nadiya, F. H., & Wahyuningsih, S. (2020). Pengaruh kualitas produk, harga dan citra merek terhadap keputusan pembelian fashion 3second di marketplace (Studi Pada mahasiswa pengguna Fashion 3second Di Kota Semarang). Prosiding Seminar Nasional Unirnus, 3, 1096-1104.

Nasution, M. A. (2019). Pengaruh harga dan kualitas produk alat kesehatan terhadap keputusan pembelian konsumen pada PT. Dyza Sejahtera Medan. Jurnal Warta Edisi 59, 1-18.

Oktavenia, K. A. R., & Ardani, I. G. A. K. (2019). Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian handphone Nokia dengan Citra Merek sebagai pemediasi. E-Jurnal Manajemen Unud, 8(3), 1374 - 1400

Putro, S. W., Semuel, H., Karina, R., & Brahmana. (2014). Pengaruh kualitas layanan dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas konsumen Restoran Happy Garden Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(1), 1-9.

Ratnaningtyas, H., Nurbaeti, N., Asmaniati, F., & Amrullahi, A. (2022). The Effect of 4P on The Decision to Visit Ampera 2 Tak Veteran's Restaurant Bintaro, Jakarta Selatan. JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 7(1), 149-159

Rosita., & Satyawisudarini, I. (2017). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen (Studi kasus pembelian online produk T-Shirt Samesame Clothing). Jurnal Manajemen dan Bisnis (Almana), 1(3), 109-125.

Santoso, J. B. (2019). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen (Studi pada konsumen Geprek Bensu Rawamangun). Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 16(01), 127-146.

Saragih, H. (2015). Analisis strategi penetapan harga dan pengaruhnya terhadap volume penjualan pada PT. Nutricia Indonsesia Sejahtera Medan. Jurnal Ilmiah Methonomi, 1(2), 46-54.

Sari, S. P. (2020). Hubungan minat beli dengan keputusan pembelian pada konsumen. Psikoborneo, 8(1), 147-155.

Setiawan, M. C., Ferdinand, A., & Sufian, S. (2015). Studi Tentang Minat Beli Produk Pada Produk Pemanas Air Solohart. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, XIV(3), 287-307.

Tilaar, T. T., Soegoto, A. S., & Arie, F. V. (2017). Pengaruh store atmosphere dan persepsi nilai terhadap keputusan pembelian (Studi Pada Rm. D’fish Kawasan Megamas Manado). Jurnal EMBA, 5(3), 3488-3497.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/atd.v8i1.13061

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Reno Catelya Dira Oktavia

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

At-Tadbir: Jurnal Ilmiah Manajemen is licensed under Creative Commons Attribution-Share A like 4.0 International License