PENGARUH KOMUNIKASI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT BESS FINANCE BANJARMASIN

Noorlaily Maulida

Sari


Penelitian  ini  bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) Pengaruh komunikasi terhadap kinerja karyawan, (2) Pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan, (3) Pengaruh  komunikasi dan motivasi terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif analitis dengan  pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode survey. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. BESS Finance Banjarmasin yang  berjumlah 64 orang. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah dengan uji regresi dengan menggunakan program SPSS for windows 21. Hasil pengujian hipotesis yang pertama menunjukkan bahwa komunikasi memiliki pengaruh yang signifikan tehadap kinerja karyawan PT. BESS Finance Banjarmasin, Hasil hipotesis kedua menunjukkan bahwa motivasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan PT. BESS Finance Banjarmasin. Hasil hipotesis yang ke tiga menunjukkan bahwa komunikasi dan motivasi secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan PT. BESS Finance Banjarmasin.

 

Kata kunci: Komunikasi, Motivasi, Kinerja Karyawan

Teks Lengkap:

12-23

Referensi


As’ad, Moh. (2008), Kepemimpinan Efektivitas Dalam Perusahaan. Yogyakarta,Liberty.

Andree Wijaya Suhaji (2012), Pengaruh Kemampuan dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Manggala. Journal.Widyamanggala.ac.id Vol.1 no.1 (2012).

Arikunto, S 2002, Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik, Jakarta, Rineka Cipta.

Barcal, Robert (2001). Performance Management. Alih Bahasa Surya Darma dan Yanua Irawan. Jakarta : PT. SUN

Davis, Keith and John. W. Newstrom (1997)

Eni Herlina (2012). Pengaruh Kemampuan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus CV. Mitra Setia Jaya di Sidoarjo). Skripsi, Yayasan Kesejahteraan Pendidikan Dan Perumahan Universitas Pembangunan Nasional“Veteran ” Jawa Timur Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Surabaya.

Erlin Setiyoningsih, (2011). Pengaruh motivasi, kemampuan dan kinerja karyawan terhadap kepuasan kerja dengan kompensasi sebagai variabel moderator (studi pada Poultry Shop UD Jatinom Indah, Kanigoro, Blitar) Tesis, Program Magister Ilmu Manajemen Pascasarjana Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang

Gibson, Invancevich, and Dolrelly (2005), Organisasi. Alih Bahasa Nunuk Adiarni, Edisi Kedelapan. Jakarta: Bina Rupa Aksara.

Gomes, Faustino Cardoso. (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Andi Offset

Ghozali, Imam H (2007). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Cetakan keempat. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Herlin Susilaningtyas (2011). Pengaruh Motivasi, Kemampuan dan Kompensasi Terhadap Kinerja Dinas Kehutanan Jawa Timur di Surabaya. Tesis

Khairul Akhir Lubis (2008). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Perkebunan Nusantara IV (Persero) Medan. Tesis Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara Medan.

Irawan, Prasetya (2006), Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Ilmu – Ilmu Sosial, Jakarta

Lili Wahyuni (2009). Pengaruh Komunikasi Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Akuntansi Dengan Komitmen Organisasi Dan Tekanan Pekerjaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris Pada Perusahaan BUMN Di Provinsi Sumatera Barat). Tesis, Program Studi Magister Akuntansi Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

Luhgiatno (2006), Pengaruh Motivasi dan Kemapuan Terhadap Kinerja di PT. Gelora Fajar Farma.STIE Pelita Nusantara Semarang. Journal.vol.1 no.1 juni 2006.

Liliweri, Alo, 2007, Dasar-Dasar Komunikasi Kesehatan. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Mangkunegara, AA. Anwar Prabu, (2005). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Cetakan I Bandung : PT. Refika Adiatama.

M. Kuncoro (2003). Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta : Erlangga.

Prawirosentono S., 2000. “Kebijakan Kinerja Karyawan”. Yogyakarta. BPFE.

Rao, T.V. 1996. Penilaian Prestasi Kerja : Teori dan Praktek. Cetakan Ketiga. Penerjemah Ny. L. Mulyana. PT Binaman Pressindo. Jakarta

Ruky. A., 2001, Sistem Manajemen Kinerja, Jakarta Gramedia.

Robbins, Stephen, P. (2001), Perilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi dan Aplikasi. Terjemahan Malida & Dewi Sartika. Jakarta: PT. Prenhalindo Utama.

Ronald Listio, (2010). Pengaruh Kompetensi dan MotivasiTerhadap Kinerja Karyawan PT. Allianz Life Indonesia Wilayah Jawa Barat. Tesis, Program Pascasarjana Universitas Komputer Indonesia Bandung

Rivai, Vethzal 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori ke Praktik. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Sudarmanto, R. Gunawan. (2005), Analisis Regresi Linier Ganda Dengan SPSS Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Administrasi, Cetakan ke-20, Akfabeta Bandung.

Siagian, Sondang P. (1998). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT. Gunung Agung

Sekaran, Uma (2000). Research Methods for Business. 3rd ed. New York : John Wiley & Sons.

Sekaran, U (2006). Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Edisi Kedua. Jakarta : Salemba Empat.

Sangkala. (2006). Intellectual Capital Management. Strategi Baru Membangun Daya Saing Perusahaan. Yapensi, Jakarta.

Simamora, Bilson (2004). Riset Pemasaran. Falsafah, Teori dan Aplikasi. Jakarta PT. Gramedia Pustaka Utama.

Titan Erwinia Gayatri, (2011). Analisis Motivasi, Kemampuan Kerja dan Kinerja Pegawai Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno. Tesis Fakultas Ekonomi Program Magister Perencanaan dan Kebijakan Publik Jakarta.

Umar H, 2002, Metode Riset Bisnis, Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama

Vroom, V. H. 1964. Work and Motivation. New York : Wiley and Sons

Wahyuni, Sri, (2007), Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Kemampuan Kerja Dan Promosi Jabatan Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Pada Badan Pengelola Keuangan Daerah Kabupaten Sragen.

Wood, et al (2001). Organizational Behavior A Global Perspective. John Wiley & Sons Australia ltd.

Zainun, B. 1994. Manajemen dan Motivasi. Cetakan Keenam. Balai Aksara. Jakarta.

Zikmund. William G (2000). Business Research Methods. 6th ed USA : The Dryden Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/atd.v2i1.1188

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

This works is licensed under Creative Commons Attribution-Share A like 4.0 International License.