PEMBUATAN TURBIN ANGIN SAVONIUS BERTINGKAT BERBAHAN ALUMUNIUM

Idzani Muttaqin(1*), Muhammad Suprapto(2)

(1) Universitas Islam Kalimantan MAB
(2) Universitas Islam Kalimantan MAB
(*) Corresponding Author

Sari


ABSTRAK

 

Turbin angin savonius merupakan turbin angin dengan sumbu vertikal yang memiliki banyak kelebihan di antaranya bentuk konstruksi yang mudah dibuat, tidak memerlukan kecepatan angin yang tinggi untuk mulai berputarnya. Turbin savonius memiliki kelemahan pada nilai efisiensi yang cukup rendah. Pada penelitian ini akan dilakukan perancangan sudu turbin angin savonius berbahan Alumunium dan akrilik, pengujian secara eksperimen terhadap sudu bertingkat dengan parameter kecepatan putaran poros. Penelitian ini dilaksanakan selama 6 bulan yaitu bulan Januari 2021 sampai Juni 2021. Permodelan dan pengujian akan dilakukan di Laboratorium Teknik Mesin Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari, Banjarmasin. Objek yang diteliti yaitu turbin angin savonius sudu bertingkat berbahan alumunium. hasil eksperimen yang dilakukan pada penelitian sudu berbahan alumunium memiliki kecepatan putaran 358.7 rpm pada kecepatan angin 4 m/s.

 

Kata Kunci : Turbin Savonius, Aluminium, Kecepatan Angin


Teks Lengkap:

PDF 30-34

Referensi


Debnath, Pinku. (2013) Flow Physics Analysis of Three-Bucket Helical Savonius Rotor at 90 DegreeTwist Angle Using CFD

Haqi. M. H, Gunawan. N dan Musyafa. A. (2013) Rancang Bangun Turbin Angin Vertikal Jenis Savonius dengan Variasi Jumlah Blade Terintegrasi Circular Shield untuk Memperoleh Daya Maksimum. Jurusan Teknik Fisika, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

M. Suprapto. Iskendar (2016) analisis Pengaruh jumlah sudu terhadap unjuk kerja pada turbin angin vertikal tipe savonius dengan metode taguchi.

Maulana, Yassyir. (2018). Perancangan Vertical Axis Wind Turbine (VAWT) Jenis Straight Blade. Journal of Industrial Engineering and Operation Management (JIEOM) Vol.01 No.02. Publ. UPT. Publikasi dan Pengelolaan Jurnal.

Mohammed Hadi Ali. (2013). Experimental Comparison Study for Savonius Wind Turbine of two and Tree Blades At low Wind Speed. International Journal of modern Engineering Research (IJMER), Vol.3–Issue 5. 2978-2986. Lecturer University of Mustansiriya.

Sargolzaei, (2007). Prediction of the power ratio in wind turbine Savonius rotors using artificial neural networks

Sigemes, F., (2015) savonius wind rotor basics. University Centre in Svalbard (UNIS), Norway.

Sigurd J. Savonius, The wing-rotor in theory and practice, Publ. SAVONIUS & CO., Helsingfors, Finland, 1-39, 1925




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jieom.v4i1.5444

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed By

 

 

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.