PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI HIDROLISIS GARAM DI MAN 1 BANJARMASIN

Zainab Zainab(1*), Novi Rahmawanti(2), Herlina Apriani(3)

(1) Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin
(2) Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin
(3) Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Bahan ajar LKS yang biasa digunakan di sekolah relatif kurang menarik karena terkesan monoton, tidak berwarna, tampilan tidak menarik, tidak sesuai dengan kebutuhan siswa, dan digunakan hanya untuk latihan soal saja, sehingga siswa tidak mampu membangun konsep itu sendiri. LKS didesain dengan warna yang cerah, memuat gambar dan karakter disertai pendekatan induktif dan langkah-langkah inkuiri terbimbing. Tujuan penelitian ini adalah menguji apakah LKS berbasis inkuiri terbimbing valid dan praktis digunakan sebagai bahan ajar pada materi hidrolisis garam di MAN 1 Banjarmasin. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development atau R&D) melalui tahap 1-8. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1 dengan jumlah 29 siswa. Hasil penelitian menunjukkan valid dengan nilai rata-rata 95,33 dengan kriteria sangat layak dan praktis dengan nilai rata-rata 22,24 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan bahwa LKS berbasis inkuiri terbimbing valid, praktis dan dapat dijadikan sebagai bahan ajar pada materi hidrolisis garam. LKS ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang menarik dan mampu melatih kemampuan berpikir kritis siswa melalui inkuiri terbimbing pada materi hidrolisis garam.

Kata Kunci


penelitian pengembangan, lembar kerja siswa, inkuiri terbimbing, hidrolisis garam

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustina., Masriani & Sartika, R.P. (2015). Profil Kinerja Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) Pada Materi Hidrolisis Garam. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan, 4(9), 1-13.

Astuti, Y & Setiawan, B. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Inkuiri Terbimbing Dalam Pembelajaran Kooperatif Pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 88-92.

Ika, J., Sumarti, S.S. & Widodo, A.R. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Self Efficacy dan Hasil Belajar Kimia pada Materi Koloid. Journal of Innovative Science Education, 6(1), 50-58.

Latifah, S., Setiawati. E. & Basith, A. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Nilai-Nilai Agama Islam Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing Pada Materi Suhu Dan Kalor. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 5(1), 44-51.Ningsyih, S., Junaidi, E. & Idrus, S.W.A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kimia Siswa. Jurnal Pijar MIPA, 11(1), 55-59.

Nurfausiah & Suhardiman. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 10-13.

Matthew, M.B. & Kenneth, I.O. (2013). A Study On The Effects Of Guided Inquiry Teaching Method On Students Achievement In Logic. International Researcher, 2(1),135-140.

Pujiastuti, D., Ashadi & Mulyani, S. (2018). Pengembangan Handout Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing Dilengkapi Media Grafis Pada Materi Ikatan Kimia MA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 3(1), 305-311.

Resita, I., Ertikano, C. & Suana, W. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Pokok Cahaya. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(2), 11-22.

Rizalini, R. & Sofyan, H. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Kelas XI IPA SMA/MA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 103-114.

Sari, A.A., Hadisaputro, S. & Nurhayati, S. (2017). Penerapan Inkuiri Terbimbing Berpendekatan Multiple Intelligences Terhadap Hasil Belajar Kimia. Chemistry in Education, 6(2), 57-62.

Sugiyono. 2016. Metode penelitian pendidikan (pendidikan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukarsih, N.K.A., Wardani, R.R.A.A.K., & Mashuri, M.T. (2018). Pengembangan Kartu Remi Kimia Menggunakan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sistem Koloid Kelas XI SMA KORPRI Banjarmasin. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia. 1(1), 16-22.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v4i2.5942

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

      

   

Supported by:

               

 

        

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari