PENGEMBANGAN CHEM SLOT MELALUI PEER ASSESSMENT PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA DI SMAN 1 ALALAK

Mutmainnah Mutmainnah(1*), Herlina Apriani(2), Novi Rahmawanti(3)

(1) Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin
(2) Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin
(3) Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al Banjari, Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan media chem slot sebagai media pembelajaran tata nama senyawa. Media chem slot dapat dijadikan sebagai pertimbangan bagi para guru kimia untuk dijadikan media dalam melaksanakan pembelajaran, khususnya untuk mempermudah siswa dalam mengingat dan memahami materi tata nama senyawa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development atau R&D) menurut Sugiyono (2016) melalui tahap 1 sampai 8. Teknik analisis yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Hasil analisis angket validitas media chem slot diperoleh rata-rata 92,15% dengan kategori sangat layak. Hasil analisis angket uji pemakaian media chem slot melalui peer assessement diperoleh rata-rata 14,02 dengan kategori sangat baik. Pengamatan pada angket siswa, media chem slot dapat memudahkan siswa dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil angket dapat disimpulkan bahwa media chem slot melalui peer assessment yang dihasilkan layak digunakan sebagai media pembelajaran.


Kata Kunci


Pengembangan, Chem slot, Peer Assessement, Tata Nama Senyawa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aryani, S., Apriani, H., Akhyar, O. 2018. Pengaruh Penerapan Peer Assessment melalui Model team assisted individualzation (TAI) pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMAN Banjarmasin. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, 1(2), 34-39

Asriningtyas, A.N., Kristin, F., Anugraheni, I. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(1), 23-32

Faradila., Aimah. 2018. Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMAN 15 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Unimus, 1(2), 508-512

Karina, D., Yulita, I., Ramdhani, E. P. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Kimia (ULTAKIM) Berbasis Kemaritiman pada Materi Hakikat Ilmu Kimia. Jurnal Zarah, 7(1), 13-16

Lisanaah S. 2016. Pengembangan Slot card Materi Animalia sebagai Media Pembelajaran Biologi di SMAN 1 Bawang. Skripsi. Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang

Sugiyono. 2016. Metode penelitian pendidikan (pendidikan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Sukarsih, N. K. A., Wardani, R. R. A. A. K., Mashuri, M.T. 2018. Pengembangan Kartu Remi Kimia Menggunakan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sistem Koloid Kelas XISMA KORPRI Banjarmasin. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia, 1(1), 16-22

Susanti, I, S., Lutfi, A. 2014. Pengembangan Permainan Tradisional Jamuran Sebagai Media Pembelajaran Tata Nama Senyawa Di Kelas X SMA. Unesa Jurnal of Chemical Education, 3(2), 279-287

Tafonao, T. 2018. Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103- 114

Yektyastuti, R., Ikhsan, J. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Kelarutan untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 88- 99




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v5i2.4459

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

      

   

Supported by:

               

 

        

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari