PENGARUH PEER ASSESMENT MENGGUNAKAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI DI SMAN 1 ALALAK

Erika Nada Depani(1*), Herlina Apriani(2), Raden Roro Ariessanty Alicia Kusuma Wardhani(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peer assesment menggunakan problem posing terhadap hasil belajar siswa pada materi laju reaksi di SMAN 1 Alalak. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Alalak Handil Bakti, Barito Kuala, Kalimantan Selatan, menggunakan metode eksperimen yang melibatkan dua kelompok belajar yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan desain penelitian posstest-only control group design. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 58 sampel yang terdiri dari kelas eksperimen berjumlah 29 siswa dan kelas kontrol berjumlah 29 siswa. Instrumen untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah soal tes pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran peer assessment menggunakan model problem posing mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada materi laju reaksi di SMAN 1 Alalak. Hal ini dapat dilihat pada hasil uji hipotesis yang menggunakan uji mann-whitney, dengan hasil sig yang didapatkan adalah 0,00 yang mana signya < 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.


Kata Kunci


Peer Assesment, Hasil belajar, Problem Posing, Laju Reaksi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ariyani, S., Apriani, H., Akhyar, O. (2018). Pengaruh Penerapan Peer Assessment Melalui Model Team Assisted Individualzation (TAI) pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMAN 9 Banjarmasin. Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia. 1 (2) 34-39.

Arikunto, S. (2007). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S., (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 6. Jakarta : Rineka Cipta.

Brown, S., Rust, C. dan Gibbs, G. (1994). Involving Students in the Assessment Process, in Strategies for Diversifying Assessments in Higher Education, Oxford: Oxford Centre for Staff Development, and at Deliberations.

Iskandar, S. M. (2011). Pendekatan Pembelajaran Sains Berbasis Konstruktivis. Malang: Bayumedia.

Rudi, Apriani, H., Wardhani, R.R.A.A.K. (2018). Pengaruh Penerapan Peer Assessment Melalui Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Koloid. Vidya Karya. 33 (2) 163-167.

Sarwono, J. (2012). IBM SPSS “Advances Statistic”: Prosedur-Prosedur Generalisasi dan Perluasan General Linear Model (GLM). Yogyakarta: ANDI

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta

Manitoba. (2013). Grade 12 Chemistry: A Foundation for Implementation. Winnipeg: Manitoba Education School Program Division.

Zulharman. (2007). Self dan Peer Assessment Sebagai Penilaian Formatif dan Sumatif. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v3i1.3106

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

      

   

Supported by:

               

 

        

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari