PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN KIMIA SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR MANDIRI PADA PEMBELAJARAN KIMIA TENTANG LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT

Debby Hermawan(1*), Novi Rahmawanti(2), Novrian Dony(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku pengayaan kimia pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Buku pengayaan ini berfungsi sebagai penunjang belajar mandiri bagi siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan model Borg and Gaal tahap 1-5. Adapun sumber data berasal dari guru, siswa dan juga umum. Data akan dianalisis menggunakan metode kuantitatif deskriftif. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa kualitas buku pengayaan termasuk dalam kategori baik, dengan presentase keidealan mencapai 85,4%. Buku ini juga dapat digunakan sebagai penunjang belajar mandiri juga ilmu pengetahuan bagi masyarakat umum.

Kata Kunci


Buku pengayaan, elektrolit dan nonelektrolit

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Depdiknas. (2004). Pedoman Merancang Sumber Belajar. Jakarta.

Khairunnisa, U., Akhyar, O., Wardhani, R, R, A, A, K. (2019). Pengembangan Media Wheels Question Pada Materi Sistem Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 12 Banjarmasin. Dalton :Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia. 2(1), 22-27.

Reber, A.S. (1988). The Penguin Dictionary of Psychology. Ringwood Victoria. Penguin Books Australia Ltd. 77




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v3i1.3103

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

      

   

Supported by:

               

 

        

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari