PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING PADA MATERI KOLOID TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 1 WANARAYA

Sri Lestari Ana(1*), Novi Rahmawanti(2), Novrian Dony(3)

(1) Universitas Islam Kalimantan MAB
(2) Universitas Islam Kalimantan MAB
(3) Universitas Islam Kalimantan MAB
(*) Corresponding Author

Sari


Proses pembelajaran merupakan kegiatan pelaksanaan kurikulum untuk mempengaruhi peserta didik demi tercapainya tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Pengajar memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Pengajar memerlukan inovasi-inovasi untuk dapat meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran kimia agar lebih menarik. Adanya keaktifan dan interaksi antar peserta didik dalam pembelajaran diharapkan pembelajaran lebih bermakna sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan oleh pengajar untuk meningkatkan interaksi, keaktifan, dan pemahaman peserta didik didalam pembelajaran kimia adalah model pembelajaran kooperatif tari bambu (bamboo dancing). Pembelajaran kooperatif merupakan sistem kerja atau belajar kelompok yang terstruktur. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Wanaraya kelas XI IPA A dan kelas XI IPA B dengan jumlah siswa 65 siswa, pada materi koloid tahun ajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai uji t-independen sebesar 0.01 kelas eksperimen dan 0.02 kelas kontrol (sig<0.05)

Kata Kunci


kooperatif, Bamboo Dancing, Koloid.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anita Lie. 2008. Cooperative Learning ; Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta : Grasindo.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta.

Isjoni. 2009. Cooperative Learning; Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Yogyakarta

:Pustaka Pelajar. Istarani, 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif (Reverensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran). Medan: Media Persada.

Istarani. 2014. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan : Media Persada.

Made Wena. 2010. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer; Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta : Bumi Aksara.

Miterianifa. 2013. Strategi Pembelajaran Kimia. Jakarta : Pustaka Mulya.

Sari, S. A., Akhyar, O., & Wardhani, R. A. (2018). Analisis Keefektifan Strategi Pembelajaran True or False dan Take and Give Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Asam Basa Kelas XI SMA Negeri 1 Alalak. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, 1(1), 1-10.

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Group.

Sukarsih, N. K., Wardhani, R. A., & Mashuri, M. T. (2018). Pengembangan Kartu Remi Kimia Menggunakan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sistem Koloid Kelas XI SMA KORPRI Banjarmasin. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, 1(1), 16-22.

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Wina Sanjaya. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v2i2.2386

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

      

   

Supported by:

               

 

        

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari