EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MAN KOTA BANJARBARU

Lusiyana Lusiyana(1*), Antoni Pardede(2), Herlina Apriani(3)

(1) Universitas Islam Kalimantan MAB
(2) Universitas Islam Kalimantan MAB
(3) Universitas Islam Kalimantan MAB
(*) Corresponding Author

Sari


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektfan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) pada materi tata nama senyawa terhadap hasil belajar siswa kelas X MIA MAN Kota Banjarbaru tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain penelitian One Group Pretest Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 16 orang siswa kelas X MIA MAN Kota Banjarbaru. Pengumpulan data menggunakan soal tes pretest dan posttest yang masing-masing berjumlah 20 butir. Data dari hasil tes yang diperoleh dianalisis menggunakan uji Wilcoxon dengan taraf signifikansi α = 0.05. Pengujian dengan uji Wilcoxon diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa diterapkannya model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) pada materi tata nama senyawa sangat efektif terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN Kota Banjarbaru

Kata Kunci


model PBL, tata nama senyawa, hasil belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akbar, F., Anita, Z. dan Harahap, H. (2013). Pengaruh Waktu Simpan Film Plastik Biodegradasi dari Pati Kulit Singkong Terhadap Sifat Mekanikalnya. Jurnal Teknik Kimia Departemen Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara, 2(2), 11-15.

Arfiyani, A.Y., Haryono dan Mulyani, B. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving dilengkapi Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar Pada Materi Hidrokarbon Siswa Kelas X-5 SMA Negeri 3 Boyolali. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 3(1) , 111-116.

Arikunto. (2011). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Cohen, R. J. (2010). Psychological testing and assesment. New York : McGraw-Hill.

Daryanto. (2001). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. (2009). Panduan Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Jakarta: AV Publisher.

Ginayah, L. U., Mashuri. M. T., Wardhani, R. R. A. A. K. (2018). Pengaruh Media Teka-Teki Silang (Tts) Kimia 3d Terhadap Kemampuan Kreatif Siswa Pada Materi Hidrokarbon Kelas X SMA Negeri 12 Banjarmasin. Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, 1(2), 14-19.

Hendrayadi. (2017). Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Islam Attahiriyah, 2(2), 169-178.

Jahro, I.S dan Ridho, D. (2015). Penerapan Model Problem Based Learning Menggunakan Media Exe Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kerjasama Siswa Pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Negeri Medan, 7(3), 80-86.

Janah, C.M., Widodo, T.A. dan Kasmui. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Sains. Jurnal Kimia Universitas Negeri Semarang, 12(1) , 2097-2107.

Masidjo. (1995). Penelitian Pencapaian Hasil Belajar Siswa Di Sekolah. Yogyakarta: Kanisius

Santoso, S. (2012). Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta : PT Elex Media Komputindo

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Wasonowati, T. R. R., Redjeki, T. dan Ariani, D. R. S.( 2014). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Hukum-Hukum Dasar Kimia Ditinjau dari Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 2 Surakarta.

Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 3(3), 66-75.

Zulkardi, W., Kurniati, T. dan Fitriani. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Sub Materi Tata Nama Senyawa Hidrokarbon Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Mia Sma Negeri 1 Pemangkat. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Muhammadiyah Pontianak, 6(2), 1-7.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v2i2.2383

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

      

   

Supported by:

               

 

        

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari