EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MAN KOTA BANJARBARU
(1) Universitas Islam Kalimantan MAB
(2) Universitas Islam Kalimantan MAB
(3) Universitas Islam Kalimantan MAB
(*) Corresponding Author
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Akbar, F., Anita, Z. dan Harahap, H. (2013). Pengaruh Waktu Simpan Film Plastik Biodegradasi dari Pati Kulit Singkong Terhadap Sifat Mekanikalnya. Jurnal Teknik Kimia Departemen Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara, 2(2), 11-15.
Arfiyani, A.Y., Haryono dan Mulyani, B. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving dilengkapi Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar Pada Materi Hidrokarbon Siswa Kelas X-5 SMA Negeri 3 Boyolali. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 3(1) , 111-116.
Arikunto. (2011). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Cohen, R. J. (2010). Psychological testing and assesment. New York : McGraw-Hill.
Daryanto. (2001). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto. (2009). Panduan Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Jakarta: AV Publisher.
Ginayah, L. U., Mashuri. M. T., Wardhani, R. R. A. A. K. (2018). Pengaruh Media Teka-Teki Silang (Tts) Kimia 3d Terhadap Kemampuan Kreatif Siswa Pada Materi Hidrokarbon Kelas X SMA Negeri 12 Banjarmasin. Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, 1(2), 14-19.
Hendrayadi. (2017). Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Islam Attahiriyah, 2(2), 169-178.
Jahro, I.S dan Ridho, D. (2015). Penerapan Model Problem Based Learning Menggunakan Media Exe Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kerjasama Siswa Pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Negeri Medan, 7(3), 80-86.
Janah, C.M., Widodo, T.A. dan Kasmui. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Sains. Jurnal Kimia Universitas Negeri Semarang, 12(1) , 2097-2107.
Masidjo. (1995). Penelitian Pencapaian Hasil Belajar Siswa Di Sekolah. Yogyakarta: Kanisius
Santoso, S. (2012). Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta : PT Elex Media Komputindo
Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Wasonowati, T. R. R., Redjeki, T. dan Ariani, D. R. S.( 2014). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Hukum-Hukum Dasar Kimia Ditinjau dari Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 2 Surakarta.
Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 3(3), 66-75.
Zulkardi, W., Kurniati, T. dan Fitriani. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Sub Materi Tata Nama Senyawa Hidrokarbon Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Mia Sma Negeri 1 Pemangkat. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Muhammadiyah Pontianak, 6(2), 1-7.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v2i2.2383
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexed by:
Supported by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari