PENGEMBANGAN MEDIA PAKAPINDO (PAPAN KANTONG PINTAR DORAEMON) PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X DI MA RAUDHATUSYSYUBBAN

Dina Zairida(1*), Okviyoandra Akhyar(2), Raden Roro Ariessanty Alicia Kusuma Wardhani(3)

(1) Universitas Islam Kalimantan MAB
(2) Universitas Islam Kalimantan MAB
(3) Universitas Islam Kalimantan MAB
(*) Corresponding Author

Sari


Hukum dasar kimia merupakan salah satu materi kimia yang mempunyai karakteristik yang bersifat kongkrit sampai yang bersifat abstrak, bersifat rill dan dekat dengan kehidupan sehari-hari, selain itu juga membutuhkan pemahaman konsep yang tinggi dan kemampuan matematika yang baik, sehingga membuat kurangnya motivasi siswa. Pada penelitian ini dikembangkan media pakapindo untuk membantu meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi hukum-hukum dasar kimia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan langkah 1 sampai langkah 6. Populasi yang digunakan adalah kelas X MA Raudhatusysyuban dengan sampel kelas X MIA yang berjumlah 27 orang siswa. Selain menguji kelayakan media, penelitian ini juga menguji efektivitas media terhadap motivasi belajar. Hasil penelitian pengembangan media pakapindo ditinjau dari analisis kelayakan media pakapindo dimana pada validasi media oleh ahli memperoleh penilaian sebesar 67,7 berada pada rentang X > 63 sehingga termasuk kedalam kategori sangat baik,uji keterbacaan media pakapindo memperoleh persentase 80% ada pada kategori sangat baik, dan uji respon siswa diperoleh persentase 70,8 ada pada kategori sangat baik. Pada uji kelompok kecil dengan sampel 10 orang siswa di SMAN 1 Sungai Tabuk diperoleh persentase sebesar 63% sedangkan uji kelompok besar di MA Raudhatusysyuban 94,3% dengan peningkatan motivasi belajar siswa sebesar 30,82%

Kata Kunci


Hukum Dasar Kimia, Motivasi Belajar, Pakapindo

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustina, F. (2017) Pengembangan Media Pakapindo Sebagai Media Pembelajaran Untuk Melatih Keaktifan Menjawab Dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Malang, Malang

Ambarwati, T., Haryono., Dan Sukardjo, JS., (2014) Penerapan Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Dilengkapi Media Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi HidrolisisGaram Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013, Jurnal Pendidikan Kimia, 3 (1), 58-64

Faridha, D. (2017) Penerapan Media Kantong Ajaib Doraemon Dengan Model Omeake Untuk Meningkatkan Kalimat Tanya Siswa. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Surabaya. Surabaya.

Lindasari, A. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Pedagogical Content Knowledge Untuk Materi Pokok Struktur Atom Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al – Banjari. Banjarmasin

Mahrus, M. (2015) Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Audio Visual Pada Mata Pelajaran Akhlak Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bondowoso. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang

Wulandari, I.A., Mashuri, M. T., Dony, N. (2018). Pengaruh Media Kotak Kartu Misterius (Kokami) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Hukum-Hukum Dasar Kimia di SMA Negeri 12. Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia. 1(2), 1-5.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v2i2.2382

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

      

   

Supported by:

               

 

        

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari