PENGARUH MEDIA SLOT and BALL MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK TERINTEGRASI LAHAN RAWA DAN NILAI KEISLAMAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUB MATERI PEREAKSI PEMBATAS

Mardan Mardan(1), Antoni Pardede(2), Herlina Apriani(3*)

(1) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari
(2) Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Islam Kalimantan, Jl. Adhiyaksa No. 2, Kayu Tangi Banjarmasin, Indonesia 70123
(3) Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Islam Kalimantan, Jl. Adhiyaksa No. 2, Kayu Tangi Banjarmasin, Indonesia 70123
(*) Corresponding Author

Sari


Sub materi pereaksi pembatas adalah bagian materi stoikiometri yang dianggap sulit oleh siswa sehingga berdampak pada motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media slot and ball menggunakan LKPD terintegrasi lahan rawa dan nilai keislaman terhadap motivasi belajar siswa pada sub materi pereaksi pembatas. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain penelitian The Static Group Comparison Design (TSGCD). Data penelitian dikumpulkan melalui pengisian angket motivasi belajar dan dianalisis menggunakan SPSS. Hasil uji Mann U Whitney menunjukkan bahwa Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini adalah adanya pengaruh media slot and ball menggunakan LKPD terintegrasi lahan rawa dan nilai keislaman terhadap motivasi belajar siswa pada sub materi pereaksi pembatas. Slot and ball menggunakan LKPD terintegrasi lahan rawa dan nilai keislaman dapat dijadikan referensi media pembelajaran yang menarik, interaktif dan meningkatkan keaktifan belajar siswa untuk sub materi pereaksi pembatas.

Kata Kunci


Media slot and ball; Motivasi belajar; Pereaksi Pembatas; Lembar Kerja Peserta Didik; Lahan Rawa; Nilai Keislaman

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amin, S & Sugiarto (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Playing Card Slot di Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 12 Semarang. Indonesian Journal of History Education, 7 (2), 129-134.

Apriani, H., & Rizkiana, F., (2018). Pengaruh Smash Book Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Larutan Penyangga, Quantum : Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 9(2),84-91.

Islamiah, I. D., (2019). Pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika di SMKN 1 Cihampelas. Journal on Education, 1(2), 451-457.

Magdalena, I dkk. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains, 3(2), 312-325.

Mutmainah., Apriani, H & Rahmawanti, N. (2022). Pengembangan Chem Slot Melalui Peer Assessment Pada Materi Tata Nama Senyawa Di SMAN 1 Alalak. Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, 5(2), 44-54.

Putri, S.A (2022). Hubungan Antara Religiusitas Nilai-Nilai Islam dengan Kimia Dalam Materi Elektrokimia. Jurnal Tadris Kimia IAIN Syekh Nurjati Cirebon, 1(1),12-21.

Safitri, N.C., Nursa’adah, C & Wijayanti, I.E. (2019). Analisis Multipel Representasi Kimia Siswa Pada Konsep Laju Reaksi. EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan), 4(1), 1-12.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v7i1.14318

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

      

   

Supported by:

               

 

        

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari