PENGGUNAAN E-MODUL PEMBELAJARAN TERMOKIMIA BERBASIS KEARIFAN LOKAL TANAMAN PURUN DAN NILAI RELIGIUS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Miftahul Huda(1*), Emilda Prasiska(2), Fitria Rizkiana(3)

(1) Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari
(2) Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari
(3) Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari
(*) Corresponding Author

Sari


Teknologi memiliki banyak keuntungan bagi guru, salah satunya adalah pemanfaatannya sebagai alat pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji perbedaan nilai pretest dan posttest siswa setelah mendapat perlakuan dengan e-modul pembelajaran termokimia berbasis kearifan lokal tanaman purun dan nilai religius. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Pre-Experimental. Dalam penelitian ini digunakan metode One Group Pretest and Posttest Design. Data penelitian dikumpulkan melalui tes yang instrumennya berupa soal pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah uji wilcoxon dengan SPSS v.26. Berdasarkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,006 < 0,05, Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan e-modul pembelajaran termokimia berbasis kearifan lokal tanaman purun dan nilai religius.


Kata Kunci


E-modul; Hasil Belajar; Materi Termokimia

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aneilla, Y., Nasbey, H., Permana, A.H. (2023). E-Modul Fluida Statis Berbasis Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) Berbantuan Flip PDF Professional. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), 11, 225-232.

Damayanti, H.L., & Anando, A.A. (2021). Peran Guru dalam Menumbuh kembangkan Kemandirian Siswa Melalui Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Sinestetis, 11(1), 52-59.

Elvarita, A., Iriani, T., & Handoyo. S.S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Mekanika Tanah Berbasis E-Modul pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (JPenSil), 9(1), 1-7.

Hamid, A., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Julia, R.I., Nellitawati, Dahliana, D., Azima, N. F., & Yumna. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 723-731.

Kuncahyono. (2018). Pengembangan E-Modul (Modul Digital) dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 2(2), 219-231.

Samosir, Y.M., & Nainggolan, B. (2022). Pengaruh Penerapan E-Modul Kimia Berbasis Cooperative Learning Type NHT pada Pembelajaran Ikatan Kimia Kelas X SMA. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(3), 165-173.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alphabet.

Wirawan, I.K.Y.A.P., Sudarma, I.K., & Mahadewi, L.P.P. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning untuk Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VII Semester Ganjil. E-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan, 8(2), 1-8.

Yuniarti, I., Karma, N., Istiningsih, S. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Tema Cita-Citaku Subtema Aku dan Cita-Citaku Kelas VI. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 691-697.

Zulherman, Amirullah, G., Purnomo, A., Aji, G.B., Supriansyah. (2021). Development of Android-Based Millealab Virtual Reality Media in Natural Science Learning. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1), 1-10




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v7i1.14280

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

      

   

Supported by:

               

 

        

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari