PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI KOLOID

Elma Yulida(1), Rr. Ariessanty Alicia Kusuma Wardhani(2*), Fitria rizkiana(3)

(1) Universitas Islam Kalimantan MAB
(2) Universitas Islam Kalimantan MAB
(3) Universitas Islam Kalimantan MAB
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan penggunaan bahan ajar, terutama Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan pendekatan kontekstual pada materi koloid sebagai alternatif bahan ajar yang lebih menarik dan efektif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA di SMA PGRI 1 Banjarmasin. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar wawancara terpimpin dan angket validator. Teknik analisis data menggunakan indeks aiken. Berdasarkan hasil penelitian maka diketahui bahwa LKPD yang dikembangkan berhasil memperoleh validitas tinggi dengan nilai sebesar 0,8988. Respon peserta didik terhadap LKPD ini juga sangat positif dengan persentase rata-rata sebesar 89,40. Hal ini menunjukkan bahwa LKPD dengan pendekatan kontekstual pada materi koloid dapat menjadi bahan ajar yang baik bagi peserta didik dalam memahami materi kimia.

Kata Kunci


Sistem Koloid, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Pendekatan Kontekstual, ADDIE

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. (2021). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 3. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Dengan pendekatan ADDIE

Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35-43.

Djalil, M. R., Bialangi, N. &Laliyo, L. A. R. (2023). Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa dalam Memahami Konsep Kimia Koloid di Kelas XI SMA Negeri 4 Gorontalo. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 13(1): 31-36.

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model ADDIE (Analysis, Design, Development,

Implementation and Evaluation) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama

Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam, 1(1), 28-37.

Marlina, I., Amilda, A., & Jayanti, E. (2022). Pengembangan LKPD dengan

pendekatan Learning Cycle 5E pada materi struktur atom dan sistem

periodik unsur. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil

Penelitian Pendidikan Kimia, 9(1), 93-103.

Miranda, R., Marlina, L., & Jayanti, E. (2022). Pengembangan Lembar Kerja

Peserta Didik (LKPD) Dengan pendekatan Pendekatan Kontekstual pada

Materi Koloid. Jurnal Al'ilmi, 11(2), 1-10.

Irsyadi, R., Masykuri, M., & Yamtinah, S. (2018). Upaya Peningkatan Kemampuan

Memori dan Prestasi Belajar Peserta didik pada Materi Koloid dengan

Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition

(CIRC) Dilengkapi Media Webquest pada Peserta didik Kelas XI IPA 2

Semester II SMA N 2 Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal

Pendidikan Kimia, 7(2), 259-266

Jayanti, E. (2020). Instrumen tes higher order thinking skill pada materi kimia

SMA. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 4(2), 135-149.

Pribadi, Benny A. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian: Panduan Peneliti,

Mahapeserta didik, dan Psikometrian. Yogyakarta: Parama Publishing.

Sadilah, T. G., & Winarto, W. (2021). Systematic Literatur Review: Penerapan

Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di Sekolah Dasar. Dialektika Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar, 11(2), 742-742.

Suparman. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta didik (LKS) Dengan

pendekatan Kontekstual Pada Materi Koloid (Skripsi). Universitas Islam

Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Walanda, H. (2012). Augmented Reality Type QR Code: Pengembangan Perangkat

Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional &

Call For Papers, Program Studi Magister Pendidikan Matematika.Universitas Siliwangi, Tasikmalaya, 19 Januari 2019.

Wasgito, M. A. (2014). Pengembangan Media Permainan Edukatif Teka-Teki

Silang (TTS) dalam Proses Pembelajaran Peserta didik Kelas VII SMP

Negeri 2 Kalianget. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 2(3), 36-43.

Yahya, S., Supardi, K. I., & Masturi. (2017). Satesik (Sains, Teknologi & Musik)

untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Sains. JISE:

Journal of Innovative Science Education, 6(1), 104-115




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v7i1.14215

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

      

   

Supported by:

               

 

        

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari