META ANALISIS: PENGARUH BERBAGAI JENIS MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SAINS SISWA

Zuhrah Adminira Ruslan(1*), Muliana Gunawan Hamid(2)

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author

Sari


Media berperan sebagai alat bantu dalam menyampaikan materi pelajaran dan memegang peranan penting terhadap pemahaman konsep pelajaran sains. Beragam jenis media pembelajaran memberikan pilihan untuk mendukung pendidikan di bidang sains. Adha dan Akmam (2020) menyatakan penggunaan media pembelajaran visual secara keseluruhan mampu memberikan efek pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi sains. Penelitian ini mengacu pada meta analisis dengan populasi dalam penelitian berupa jurnal ilmiah berskala nasional di Indonesia tentang pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar pada bidang sains. 20 sampel jurnal penelitian quasi eksperimen dianalisis sejak tahun 2018-2023. Media pembelajaran yang paling banyak digunakan adalah media visual sebanyak 15 media (75%). Sebanyak 17 jurnal mengaplikasikan media pembelajaran pada tingkat SMA. Hasil analisis effect size dari sampel menunjukkan rata-rata perolehan nilai yaitu 2,65 atau berada pada kategori besar menunjukkan dampak positif penggunaan media terhadap hasil belajar siswa.


Kata Kunci


Hasil Belajar Sains, Media Pembelajaran, Meta Analisis

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adha, I.A. dan Akmam. (2020). Meta Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika, Vol. 6, No.2, Desember 2020.

Adrian, W. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Power Point terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Malunda. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, Vol. 8, No. 2, April 2023.

Afriani, N. dkk. (2022). Pengaruh Modul Elektronik Kimia terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA SMAN 1 Jonggat pada Materi Termokimia. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, Vol. 7 No. 1, Maret 2022.

Danun, N.F.T. dkk. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Dalam Pembelajaran Fisika Untuk Pokok Bahasan Usaha Dan Energi Di SMA Kristen Makale. Neutrino Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. 5 No. 2, Desember 2022.

Hafifah, A. (2022). Meta Analisis Pengaruh Media Audio-Visual terhadap Hasil Belajar IPA. Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, Vol. 3, No. 3 Juli 2022.

Hasan, N. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas XI IPA 2 SMA Makassar Raya. Omega: Jurnal pendidikan dan sains Fisika, Vol. 1, No. 1, Juli 2022.

Hartini, S. (2021). Media Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Lombok Tengah: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Juhaeni, dkk. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Teka Teki Silang Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Perkembangbiakan Tumbuhan. Journal of Instructional and Development Researches, Vol. 2 No. 6 Desember 2022.

Konengian, N.K. dkk. (2023). Penerapan Media Kahoot Pada Materi Stoikiometri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan Kimia FKIP UHO, Vol. 8, No.3, Desember 2023.

Kurniawan, M. dkk. (2023). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Kahoot! terhadap Minat dan Hasil Beajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Wonomulyo. KROMATIN: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, Vol. 4, No.1 2023

Manurung, N. dan Sembiring, D.M.S. (2018). Pengaruh Media Powerpoint Berbasis Model Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Materi Virus Kelas X SMA Nurul Iman Tanjung Morawa. BEST Journal, Vol. 1 No. 02 September 2018.

Marzuki. (2018). Pengaruh Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan Manusia Di Kelas Viii Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Satu Atap Sintang. Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Vol. 2 No. 1, Mei 2018.

Mayasari, A, dkk. (2022). Meta Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Elektronik terhadap Hasil Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa. ORBITA: Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika, Vol. 8, No. 1, Mei 2022.

Mayarni, (2021). Keterampilan Berpikir Kreatif Biologi Siswa Kelas X Melalui Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Google Sains (Audiovisual). Reflection Journal, Vol. 1, No. 2 Desember 2021.

Mulyana, A. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Kimia. Vocational: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, Vol. 1 No. 4 Oktober 2021.

Muswita, dkk. (2021). Efektifitas Media Booklet Terhadap Pengetahuan Jenis Tumbuhan Paku Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, Vol. 07, No. 02 2021.

Nadia, I. dkk. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe pada Mata Pelajaran Kimia Materi Struktur Atom. Jurnal Pendidikan Kimia FKIP UHO, Vol.7 No.1, April 2022.

Nazliah, R. dkk. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Respirasi di Kelas XI SMA Negeri 2 Bilah Hulu. JURNAL BIOLOKUS, Vol 2 No.2 Desember 2019.

Nengsih, C.O. dkk. (2021). Studi Meta-Analisis: Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Esabi (Jurnal Edukasi dan Sains Biologi), Vol. 3, No. 2, Desember 2021.

Ningsih, B.I. (2018). Pengaruh PBL Menggunakan Media LKS pada Materi Pencemaran Lingkungan terhadap Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Islam Yabadi Bebuak. Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains (PENBIOS), Vol. 3, No. 2, November 2018.

Nurdin, F. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash 8 melalui Model Pembelajaran Langsung pada Materi Pokok Laju Reaksi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik (Studi pada Peserta Didik SMKN Tapango). Jurnal Chemica, Vol. 22 No. 1 Juni 2021.

Nurhasanah, S. dkk. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Pintar Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri Rejosari. Linggau Journal Science Education, Vol. 2 No. 3 September 2022.

Oktaviani, I. dkk. (2021). Pengenalan Media Pembelajaran Daring Berbasis STEM untuk Guru IPA Di SMAN 9 Bandar Lampung. Jubaedah: Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah. Vol. 1 No. 1 April 2021.

Padang, N. dkk. (2018). Perbandingan Hasil Belajar Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) dengan Media Power Point Dan Media Kartu Kerja Pada Pokok Bahasan Struktur Atom. CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science, Vol. 2 No. 1, Juni 2018.

Pasambo, E. dan Radia, E.H. (2022). Meta Analisis Pengaruh Multimedia Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol 6 No 3Tahun 2022.

Putra, D.P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Kartun 3D. Jurnal Literasi Digital, Vol. 1 No. 2 Juli 2021.

Rahmawati, S. dkk. (2021). Meta Analisis Media Pembelajaran IPA SMP/MTS Berbasis Virtual Reality. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. 5, No. 1 Juni 2021.

Ristanto, R.H. dkk. (2021). Digital flipbook immunopedia (DFI): A learning media to improve conceptual of immune system. Journal of Physics: Conference Series, 1796 (2021) 012066.

Rizaldy, M. dan Kurniawan, W.D. (2023). Pengaruh Media Powerpoint Video Kelistrikan Otomotif Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMKN 5 Surabaya. JVTE: Journal of Vocational and Technical Education, Vol. 5, No. 2, September 2023.

Saude, S. dkk. (2023). Pengaruh Media Mobile Learning Berbasis Android terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Materi Sistem Pencernaan. Journal of Biological Education, Vol. 7, No. 1 September 2023.

Suhardiman, dkk. (2022). Meta Analisis Pengaruh Media Simulasi E-Learning PhET terhadap Hasil Belajar dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan MIPA, Vol. 12, No. 3, September 2022.

Syam, M. dkk. (2018). Penggunaan Media iMindMap7 pada Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Studi tentang Hasil Belajar Siswa Kelas XI-IPA 1 MAN 2 Model Makassar pada Materi Pokok Laju Reaksi). Jurnal Chemica, Vol. 19 No. 1 Juni 2018.

Syamsudin, A. dkk. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan E-learning Berbasis MOODLE terhadap Hasil Belajar Siswa. Vol 3 No 2 November 2022.

Winangsih, E. dan Harahap, R.D. (2023). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran pada Muatan IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol. 7 No. 1 2023.

Yunitasari, dkk. (2022). Pengaruh Penerapan Discovery Learning Berbantuan Virtual Laboratory terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan MIPA, Vol. 12, No. 4, Desember 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v7i1.14212

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

      

   

Supported by:

               

 

        

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari