PENGEMBANGAN MODUL AJAR KIMIA PADA TOPIK IKATAN IONIK DENGAN MENGINTEGRASIKAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA
(1) Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
(*) Corresponding Author
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdullah, M. A. (2014). Religion, science and culture: An integrated, interconnected paradigm of science. Al-Jami’ah, 52(1), 175–203. https://doi.org/10.14421/ajis.2014.521.175-203
Abdullah, Z. (2022). Menggali Nilai-Nilai Moderatisme Islam dalam Ilmu Biologi. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 4, 115–123.
Afwadzi, B., & Miski, M. (2021). RELIGIOUS MODERATION IN INDONESIAN HIGHER EDUCATIONS: Literature Review. ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam, 22(2), 203–231. https://doi.org/10.18860/ua.v22i2.13446
Agama, K. (2019). Tanya Jawab Moderasi Beragama. Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.
Ardhana, I. A. (2023). Mengeksplorasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Ilmu Kimia. In A. Mulyono, A. M. Dja’far, & F. S. Alim (Eds.), Moderasi Beragama di Tengah Isu Kontemporer (Vol. 1, pp. 37–62). Kementerian Agama RI. https://balitbangdiklat.kemenag.go.id/resensi/moderasi-beragama-di-tengah-isu-kontemporer-2023
Herman, M, Mawarnis, E. R., Ramadhani, D., & Herman, H. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbantuan Augmented Reality Terintegrasi Nilai Keislaman pada Materi Larutan Elektrolit. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), 6991–7004. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/3944
Herman, Mimi. (2021). Integrasi dan Interkoneksi Ayat-Ayat Al-Quran dan Hadist dengan Ikatan Kimia. Jurnal Education and Development, 9(2), 317–327.
Jamaluddin, J. (2022). Implementasi Moderasi Beragama di Tengah Multikulturalitas Indonesia (Analisis Kebijakan Implementatif pada Kementerian Agama). AS-SALAM Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 7(1), 1–13. https://journal.stai-yamisa.ac.id/index.php/assalam/issue/view/10
Junaedi, E. (2019). Inilah Moderasi Beragama Perspektif Kemenag. Harmoni, 18(2), 182–186. https://doi.org/10.32488/harmoni.v18i2.414
Junaedi, E. (2022). Moderasi Beragama dalam Tinjauan Kritis Kebebasan Beragama. Harmoni, 21(2), 330–339.
Khoirunnissa, R., & Syahidin, S. (2023). Urgensi Pendidikan Moderasi Beragama Sebagai Upaya Menangkal Radikalisme di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(2), 177. https://doi.org/10.36667/jppi.v10i2.1276
Kurniasari, D., Simponi, N. I., & Haqiqi, Arghob, K. (2019). Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Pada Reaksi Redoks dan Elektrokimia Terhadap Rahasia Kekuatan Benteng Besi Iskandar Zulkarnain. Walisongo Journal of Chemistry, 2(1), 26–39. https://doi.org/10.21580/wjc.v3i1.3877
Moore, D. L. (2007). Overcoming religious illiteracy: A cultural studies approach to the study of religion in secondary education. In Overcoming Religious Illiteracy: A Cultural Studies Approach to the Study of Religion in Secondary Education. https://doi.org/10.1057/9780230607002
Muhammad, R. (2021). Internalisasi Moderasi Beragama dalam Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik. Jurnal Ilimiah Al-Muttaqin, 6(1), 98.
Muslim, B., Ramli, M., & Nursarifah, U. (2021). Pengembangan Video Animasi Kimia Terintegrasi Keislaman pada Materi Struktur Atom. Jambura Journal of Educational Chemistry, 3(2), 47–52. https://doi.org/10.34312/jjec.v3i2.11568
Nur, A., & Mukhlis, L. (2015). Konsep Wasathiyah dalam Al-Quran (Studi Komparatif antara Tafsir al-Tahrîr wa at-Tanwîr dan Aisar at-Tafâsîr). An-Nur, 4(2), 205–225. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Annur/article/view/2062
Qurniati, D. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Kimia Kontekstual Terintegrasi Keislaman. Chemistry Education Practice, 4(2), 186–193. https://doi.org/10.29303/cep.v4i2.2535
Riduwan. (2010). Rumus dan Data dalam Analisis Data Statistika. In Alfabeta.
Shihab, M. Q. (2020). Wasathiyah, Wawasan Islam tentang Moderasi Beragama (Kedua). Lentera Hati.
Siregar, P. (2014). Integrasi Ilmu-Ilmu Keislaman Dalam Perspektif M. Amin Abdullah. MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 38(2), 335–354. http://jurnalmiqotojs.uinsu.ac.id/index.php/jurnalmiqot/article/view/66
Sutrisno, E. (2019). Aktualisasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan. Jurnal Bimas Islam, 12(2), 323–348. https://doi.org/10.37302/jbi.v12i2.113
Wahyuni, T. S. (2019). Pengembangan Buku Ajar Matakuliah Biokimia Berintegrasi dengan Nilai-Nilai Sains dalam Alquran. Jurnal Zarah, 7(1), 1–6.
Zain, Z., & Vebrianto, R. (2017). Integrasi Keilmuan Sains dan Islam dalam Proses Pembelajaran Rumpun Ipa. Seminar Nasional Teknologi Informasi Komunikasi Dan Industri, 0(0), 703–708. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SNTIKI/article/view/3198
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v7i1.13962
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Indexed by:
Supported by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari