PENGARUH LKS KIMIA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PARTIKEL PENYUSUN BENDA DAN MAKHLUK HIDUP DI MTs RAUDHATUSYSYUBBAN

Oktaviani Oktaviani(1), Antoni Pardede(2), Herlina Apriani(3*)

(1) Prodi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(2) Prodi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(3) Prodi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan MAB Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Pembelajaran kimia ditingkat sekolah menengah pertama merupakan dasar bagi pemahaman siswa untuk mempelajari kimia ditingkat yang lebih tinggi. Penggunaan media pembelajaran kimia yang tepat, kreatif dan mampu membangkitkan kemampuan berpikir kritis siswa diperlukan agar pembelajaran kimia ditingkat sekolah menengah pertama lebih mudah dan bermakna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pemahaman siswa dipengaruhi oleh pendekatan LKS berbasis inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi partikel penyusun benda dan makhluk hidup . Metode penelitian yang digunakan mengunakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan The Static Group Comparison Design dan teknik pengambilan sampel berupa Cluster Sampling. . Populasi penelitian adalah siswa kelas IX MTs Raudhatusysyubban. Data penelitian berupa hasil belajar yang dikumpulkan dengan teknik tes melalui 10 soal tes pilihan ganda kemudian dianalisis menggunakan Mann-Whitney U Test berbantuan SPSS. Perolehan signifikasi < 0,05 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh LKS Kimia Berbasis Inkuiri terbimbing terhadap hasil siswa pada materi materi partikel penyusun benda dan makhluk hidup. Hasil penelitian tersebut dapat menjadi inovasi media pembelajaran kimia ditingkat SLTA sebagai upaya peningkatan hasil belajar.

Kata Kunci


Inkuri terbimbing, partikel penyusun benda dan makhluk hidup, Hasil belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurrohim, Tonih Feronika, dan Evi Sapinatul Bahriah. (2016). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Hidrolisis Garam. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2(2) 197 - 212.

Abelta, G, A, Chandra, E, & Ismu, W. (2017). Pengaruh Penggunaan Lks Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Melalui Pemahaman Konsep. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2) 93-104.

Apriani, H, Fitria Rizkiana, dan Yasmine Khairunnisa. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa IPA SMP Berbasis Inkuiri Pada Materi Zat dan Karakteritiknya. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(2) 135 - 148.

Apriani, H. (2018). Studi Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa Melalui Peer sAssessment Dalam Training Pra-Instrument. Prosiding : The Innovation of Chemistry Education in Confronting Disruption Era to Build Excellent and Productive Generation, 71 -75

Dwiputri, H, Nina Kadaritna, dan Sunyono. (2017). LKS Inkuiri Terbimbing Mempengaruhi Peningkatan Keterampilan Mengidentifikasi Variabel dan Menentukan langkah Kerja. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 6(3) 452 - 466.

Iryani, Mawardi, & Andromeda. (2016). Pengaruh Penggunaan Lks Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Untuk Materi Koloid Kelas XI SMAN 1 Batusangkar. Eksakta, 7(1) 82 -89.

Khasanah, U,. (2016). "Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Grafis Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII MTs Al - Hikmah Bandar Lampung". Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung. Kota : Lampung

Maida, M, C, Bayharti, & Andromeda. (2019). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Eksperimen Laju Reaksi Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA SMAN 4 Padang. Jurnal Eksakta Pendidikan, 3(1) 75-81

Norhayani., Apriani, H & Pardede, A. (2023). Penggunaan LKS Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Partikel Penyusun Benda Dan Makhluk Hidup Di MTs Raudhatusysyubban. Dalton Pendidikan kimia dan ilmu kimia, 6(1) 51-55.

Prasetyawati, I., W., Subiki & Aris Singgih Budiarso. (2019). Pengaruh LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing Disertai Permainan Ular Tangga Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA di Kabupaten Jember. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(3) 137 - 143 Utami, A, F, Sri, A, & Maryani. (2018). LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Termodinamika. Prosiding : Aktualisasi Peran Generasi Milenial Melalui Pendidikan, Pengembangan Sains, dan Teknologi dalam Menyongsong Generasi Emas 2045, 71-76.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v6i3.12397

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

      

   

Supported by:

               

 

        

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari