PENGEMBANGAN MEDIA POP - UP BOOK PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA UNTUK SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 12 BANJARMASIN

Nurul Hasanah(1), Rr. Ariessanty Alicia Kusuma Wardhani(2*), Emilda Prasiska(3)

(1) Universitas Islam Kalimantan MAB
(2) Universitas Islam Kalimantan MAB
(3) Universitas Islam Kalimantan MAB
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan media Pop – Up Book pada materi hukum dasar kimia untuk digunakan oleh siswa kelas X di SMA Negeri 12 Banjarmasin. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) mencakup 5 tahapan yaitu (1) Penelitian dan pengumpulan data (Research And Information Collecting), (2) Perencanaan (planning), (3) Pengembangan draf produk (Develop Preliminary Of Product), (4) Uji coba lapangan awal (preliminary field testing). (5) Revisi hasil uji coba lapangan awal (Main Product Revision). Kevalidan media hasil pengembangan dinilai oleh 3 orang validator ahli, yaitu 2 orang dosen Program Studi Pendidikan Kimia UNISKA dan 1 orang guru mata pelajaran kimia SMAN 12 Banjarmasin. Data kepraktisan berdasarkan respon guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa media Pop-Up Book yang dikembangkan termasuk kategori sangat valid (dapat digunakan tanpa revisi), dengan hasil penilaian kevalidan rata-rata sebesar 84%. Penilaian kepraktisan media Pop-Up Book didasarkan hasil angket respon guru diperoleh nilai sebesar 80% dengan kategori praktis, dan respon dari siswa memperoleh rata-rata presentase sebesar 86,95% dengan kategori sangat praktis, sehingga media Pop-Up Book yang dikembangkan valid dan praktis untuk digunakan oleh siswa


Kata Kunci


Hukum Dasar Kimia, Penelitian Pengembangan, Pop-Up Book, Kelayakan dan Kepraktisan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Remaja Grafindo Persada.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Bandung: CV. Yrama Widya.

Khoiraton, A. Fianto, A.Y.A., & Riqqoh, A.K. 2014. Perancangan Buku Pop-up Museum Sangiran Sebagai Media Pembelajaran Tentang Peninggalan Sejarah. Jurnal Desain Komunikasi Visual, 2(1):1-8.

Lizuka, S., Endo, Y., Mitani, J., Kanamori, Y., & Fukui, Y. 2011. An Interactive Design System for Pop-Up Cards With A Physical Simulation. Vis Comput, 27:605–612.

Mahadzir, N.N.N & Li, F.P. 2013. The Use of Augmented Reality Pop-Up Book to Increase Motivation in English Language Learning For National Primary School. IOSR Journal of Research & Method in Education, 1(1):26-38.

Mawarni,E., Mulyani, B & Yamtinah, S. 2015. Penerapan Peer Tutoring Dilengkapi Animasi Macromedia Flash dan Handout untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA 4 SMAN 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014 pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol 4. No 1. hal 29-37.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat. Vol 03. No 01. Juni 2018 hal 171-187

Pramesti, J. (2015). Pengembangan Media Pop – Up Book Tema peristiwa Untuk Kelas III, Jurnal Pendidikan Guru dan Sekolah Dasar, Vol 2, No 1, 2015, hal 3-5.

Rahayu, D. (2020). Pengembangan Pop-Up Book Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Struktur Atom Di SMA Inshafuddin Banda Aceh. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. Banda Aceh

Rahmawati, N. (2013). Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Penguasaan Kosakata Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Putera Harapan Surabaya. PAUD Teratai, Vol 3 No 1. Hal 5-6.

Ruiz, C., Sang, N.L & Kok, L.L. 2015. Generating animated paper pop-ups from the motion of articulated characters. Vis Comput, 31:925-935.

Safri, M. (2017). Pengembangan Media Pop – up Book Pada Materi Minyak Bumi”. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol 05, No 1, 2017, hal 107-108.

Sanjaya, W. (2015). Penelitian Pendidikan Jenis Metode dan Prosedur. Jakarta: Prenadamedia.

Setyawan, D., Usada & Mahfud, H. 2014. Penerapan Media Pop-Up Book untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara. Jurnal Didaktika Dwija Indria, 2(11):1-5.

Sugiono. (2016). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v6i2.11931

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

      

   

Supported by:

               

 

        

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari