HUBUNGAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI KELAS XI MIPA MAN 2 MARABAHAN

Dandy Dandy(1), Fitria Rizkiana(2*), Yasmine Khairunnisa(3)

(1) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(2) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(3) Universitas Lambung Mangkurat
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran kimia kelas XI MIPA di MAN 2 Marabahan. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data minat dan nilai ulangan harian peserta didik kelas XI pada mata pelajaran kimia. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah angket minat yang berisi 20 butir soal dan dokumentasi nilai ulangan harian peserta didik semester. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan korelasi product moment dengan bantuan SPSS 16. Dari hasil analisis tersebut didapatkan nilai sig (2-tailed) 0,00 dan koefisien korelasi sebesar 0,858, yang berarti bahwa terdapat hubungan yang positif dan sangat kuat antara minat dan hasil belajar peserta didik kelas XI pada mata pelajaran kimia.


Kata Kunci


Minat Belajar, Hasil Belajar, Kimia

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amin, E. V., Andayani, Y., & Sukib. (2018). Hubungan antara Minat Belajar dan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA. Chemistry Education Practice (CEP), 1(1), 13-19.

Aprijal, A., Alfian, A., & Syarifudin, S. (2020). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap

Hasil Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Sungai Salak Kecamatan Tempuling. MITRA PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 6(1), 76-91.

Depdiknas. (2013). pedoman penelusuran minat pesertadidik sekolah menengah pertama. In pedoman penelusuran minat pesertadidik sekolah menengah pertama. Jakarta: Depdiknas.

Gie, T. L. (2014). Cara Belajar yang Efektif. In T. L. Gie, Cara Belajar yang Efektif. Yogyakarta: PUBIB.

Mujakir, & Rusydi. (2019). Pembelajaran Kimia Inovatif untuk Melatih Menjelaskan dan Menyelesaikan Masalah Larutan pada Peserta Didik MAN di Aceh. DIDAKTIKA, 20(1), 38-57.

Rajab, A., Masruhim, M. A., & Widiyowati, I. I. (2018). Hubungan Antara Minat Belajar dengan Hasil Belajar Siswa SMA Menggunakan Model Pembelajaran Number Head Together dengan Bantuan Media Papan Tempel pada Pokok Bahasan Tata Nama Senyawa. Bivalen: Chemical Studies Journal, 1(1), 39-44.

Selfiana, D. (2018). Korelasi Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas IV MIN 5 Bandar Lampung. Lampung: UIN Raden Intan Lampung.

Zaturrahmi. (2019). Lingkungan Belajar Sebagai Pengelolaan Kelas: Sebuah Kajian Literatur. E-Tech, 7(4), 1-7.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v6i2.11585

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

      

   

Supported by:

               

 

        

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari