PENGGUNAAN LKS KIMIA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI PARTIKEL PENYUSUN BENDA DAN MAKHLUK HIDUP DI MTs RAUDHATUSYSYUBBAN

Norhayani Norhayani(1), Herlina Apriani(2*), Antoni Pardede(3)

(1) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(2) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(3) Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Islam Kalimantan, Jl. Adhiyaksa No. 2, Kayu Tangi Banjarmasin, Indonesia 70123
(*) Corresponding Author

Sari


Konsep materi kimia sering dianggap sulit dan abstrak oleh siswa sehingga berdampak pada motivasi belajar siswa. Materi partikel penyusun benda dan makhluk hidup adalah salah satu materi kimia yang diajarkan di kelas IX tingkat SMP/ Sederajat yang berisi konsep abstrak seperti atom, ion, dan molekul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa menggunakan lembar kerja siswa bidang kimia berbasis inkuiri terbimbing pada materi partikel penyusun benda dan makhluk hidup di kelas IX MTs Raudhatusysyubban tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang merupakan penelitian eksperimental semu (Quasy Experiment). Penelitian ini menggunakan metode The Static Group Comparison Design (TSGCD). Data penelitian dikumpulkan melalui teknik pengisian angket mengguankan instrumen berupa angket motivasi belajar. Data analisis menggunakan uji Mann Whitney U test berbantuan SPSS. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar siswa pada penggunaan LKS kimia berbasis inkuiri terbimbing dalam materi partikel penyusun benda dan makhluk hidup MTs Raudhatusysyubban

Kata Kunci


Inkuiri terbimbing, Motivasi belajar, Materi Partikel penyusun benda dan makhluk hidup

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ikhsan, M. Afdal. (2016). Kajian motivasi belajar siswa dalam pembelajaran kimia. Jurnal Pendas Mahakam, 1 (1). 65-68.

Islamiah, N. Apriani, H. & Dony, N. (2020). Pengaruh lembar kerja siswa (LKS) berbasis pendekatan induktif terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi hukum hukum dasar kimia di SMAN 1 Sungai tabuk. Dalton : Jurnal pendidikan kimia dan ilmu kimia, 3 (2) 29-34.

Khairiyah, R. S., Wardhani, R. R. A. A. K., & Apriani, H. (2019). pengaruh lembar kerja siswa (LKS) berbasis pendekatan induktif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan di SMA Negeri 12 Banjarmasin. Dalton : Pendidikan kimia dan ilmu kimia, 2(1) 11-15.

Kompri. (2015). Motivasi pembelajaran perspektif guru dan siswa. Bandung: PT. REMAJA ROSDAKARYA.

Prasetyawati, I. W. Subiki., & Budiarso (2019). Pengaruh lks berbasis inkuiri terbimbing disertai permainan ular tangga terhadap motivasi dan hasil. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(3) 137-143.

Simatupang, A. (2021). Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia di SMA Negeri 2 Kota Jambi. Jurnal inovasi pendidikan menengah, 1(3) 199-205.

Wahyuning, F. Priyambodo, E., & Sugeng. (2019). Penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada pembelajaran kimia untuk meningkatkan keterampilan berargumentasi dan motivasi belajar siswa SMA. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia., 3(1) 46-51.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/dl.v6i1.10725

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

      

   

Supported by:

               

 

        

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari