SOSIALISASI PEMANFAATAN GOOGLE BUSINESS SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BAGI PENGUSAHA PENGINAPAN DI BANJARBARU

Risa Dwi Ayuni(1*), Sitna Hajar Malawat(2), Ade Nur Atika Sari(3)

(1) Program studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Kalimantan MAB.
(2) Program studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Kalimantan MAB.
(3) Program studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Kalimantan MAB.
(*) Corresponding Author

Sari


Dalam sebuah bisnis, proses pemasaran menjadi bagian yang penting dan harus selalu diperhatikan. Strategi komunikasi pemasaran yang digunakan pemilik bisnis dengan calon atau pelanggan mereka menjadi kunci keberhasilan suatu promosi. Google bisnisku menjadi salah satu media online yang efektif digunakan oleh pelaku bisnis khususnya di bidang jasa dan penginapan. Google binisku memiliki banyak manfaat salah satunya profil bisnis yang akan langsung muncul pada laman pencairan hanya dengan mengetikkan kata kunci atau kata yang berkaitan dengan bisnis tersebut. Selain itu, alamat dari bisnis yang dijalankan juga terhubung dan keluar sebagai daftar tempat yang disarankan pada google maps sesuai dengan ulasan yang ada. Pelatihan google bisnis ini menjadi salah satu upaya mengoptimalkan penggunaan fitur yang ada pada google bisnisku sebagai strategi komunikasi pemasaran di tengah pandemic covid-19. Usaha penginapan yang menjadi mitra pengabdian ini adalah pemilik guest house yang ada di kota banjarbaru.




Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustiena Merdekawati, A. K. (2021). Pelatihan Google Bisnisku untuk meningkatkan pemasaran pada Karang Taruna Tunas Mandiri Desa Sukaharja. PaKMas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 66-70.

Dwiarta, I. M. (2017). Google bisnis, Sim dan Sia guna menentukan HPP sebagai Sarana Meningkatkan Pendapatan Masyarakat. Jurnal Penamas Adi Buana, 27-38.

Oana, D. U. (2018). Integrated marketing communication and its impact on consumer behavior. Studies in Business and Economic, 92-102.

Stabile, S. J. (2008). Google Benefits or Google's Benefit? Journal of Business & Technology Law, 97-107.

Ayuni, R. D., & Kurniawan, M. Y. (2020).

PELATIHAN DESAIN KREATIF MARKETPLACE DAN MEDIA SOSIAL BAGI PENGRAJIN BATU PERMATA KHAS BANJAR MARTAPURA DALAM MENARIK MINAT PEMBELI. JURNAL PENGABDIAN AL-IKHLAS UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN MUHAMMAD ARSYAD AL BANJARY, 5(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppkmdu.v0i1.7792

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.