SOSIALISASI PENGGUNAAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID UNTUK PENGENALAN HURUF HIJAIYAH PADA MADRASAH DINIAH M.KHAIR

Fitrah Yuridka(1*), Zaenuddin Zaenuddin(2), Rusdina Rusdina(3), Rina Alfah(4)

(1) 
(2) 
(3) 
(4) 
(*) Corresponding Author

Sari


Pada Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Dosen Uniska tahun 2020 ini kami mengadakan Sosialisasi Penggunaan Game Edukasi Berbasis Android Untuk Pengenalan Huruf Hijaiyah Pada Madrasah Diniah M.Khair. Jumlah murid yang masuk setiap tahunnya sangat sedikit padahal seharusnya bisa ditingkatkan dengan memberikan media belajar yang atraktif untuk para murid. Lebih seringnya anak-anak berinteraksi menggunakan handphone dibanding dengan buku menyebabkan Ustadz/Ustadzah yang mengajarkan murid-murid dengan berpedoman pada buku dan poster-poster menjadi kurang menarik minat anak-anak tersebut untuk belajar karena merasa terlalu monoton, Media pembelajaran akan dilengkapi dengan suara pengucapan lafal huruf hijaiyah, serta memberikan evaluasi kepada anak-anak untuk dapat belajar menghafal dan menebak huruf hijaiyah secara benar dan tepat, sehingga pengabdian ini kami mensosialisasikan sebuah aplikasi pembelajaran berbasis android dengan menggunakan media smartphone.
Hasil yang didapatkan dari kegiatan ini adalah Meningkatnya pengetahuan dan kemampuan seta pemahaman para ustadzah dan ustadz serta murid tentang berbagai macam jenis media pembelajaran yang dapat digunakan dan diterapkan dalam menunjang sistem pembelajaran, Meningkatnya keterampilan para ustadzah dan ustadz serta murid dalam penggunaan media internet dan penggunaan Game Edukasi terutama sebagai media pembelajaran berbasis teknologi/Android dan para para ustadzah dan ustadz serta murid dapat menyusun dan mengembangkan media pembelajaran dengan kualitas yang lebih baik.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Burhannudin, Irwan (2015) Peranan Teknologi Informasi Bagi Guru Sekolah Dasar . http://kangirwan13.blogspot.com/2015/07/peranan-teknologi-informasi-bagi-guru.html Diakses tanggal 25 September 2018

Fanny, Arif Mahya, Siti Partini Suardiman. (2013). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, Vol: I No. 1.

Murtiwiyati & Glenn Lauren. (2013). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Budaya Indonesia Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Komputasi. Vol 12 (No 2), 2. http://ejournal.jakstik.ac.id/index.php/komputasi.

Surya Muhammad (2006) Potensi Tehnologi dan komunikasi dalam peningkataan mutu pembelajaran di kelas. Pustekkom Depdiknas

Suryani, Nunuk & Agung, Leo. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta : Ombak (Anggota IKAPI)

Wahyudin, Yanuar ( 2014) Guru dalam Pemanfaatan TIK: Isu-isu Terkini Guru dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppkmdu.v0i0.3825

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.