PELATIHAN PEMBUATAN KRUPUK IKAN NILA/TENGGIRI BERBAGAI RASA

Agus Purnomo(1*), Rozzana Erziaty(2), Abdul Hadi(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Sari


Banjarmasin merupakan daerah yang memiliki sungai yang luas dan penghasil ikan tawar seperti ( ikan lele, nila, patin, emas dan lain-lainya). Banjarmasin merupakan penghasil ikan tawar sebesar 6,7 juta ton ikan/pertahun. Salah satunya ikan Nila yang bisa di jadikan menjadi bahan makanan seperti lauk pauk, dan krupuk. Ikan Nila merupakan salah satu jenis ikan yang sangat digemari oleh masyarakat Banjarmasin karena rasanya yang gurih dan lezat. Permintaan akan ikan Nila di kota Banjarmasin tidak pernah sepi, baik permintan untuk rumah makan/ restoran, dan sebagai bahan utama dalam pembuatan krupuk.
Desa Tanjung Pagar terletak di kabupaten banjarmasin Timur yang tingkat pengangguran dan putus sekolah sangat tingi angkanya. Dengan adanya masuk program pengabdian kepada masyarakat disini dapat mengurangi dan mengakat pertumbuhan perekonomian masyarakat tersebut dengan melalui program pelatihan pembuatan krupuk ikan berbagai rasa sebagai peluang usaha.
Adanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat di sini dengan tujuan untuk memberika solusi atas Tingginya tingkat putus sekolah para pemuda dan pemudi desa Tanjung pagar karena terkendala biaya pendidikan. Dengan adanya program pelatihan ini dapat memberika solusi dalam mengurangi tingkat pengangguran dan membuka peluang usaha mikro kecil.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ade. 1994. Mencari primadona baru ikan air tawar. Majalah Agrobisnis. Surabaya

Winarno. F.G. 2008. Bahan Tambahan Makanan.Gramedia, Jakarta.

Muhammad Nurdin, 2018, Cara Pembuatan Krupuk Ikan Renyah dan Gurih, Jakarta

Oreochromis niloticus, 2007. Budidaya Ikan Nila dan sebagai bahan Krupuk Ikan, Bandung.

Yuliatmoko, W dan Satyatama, D.I. 2012. Pemanfaatn umbi talas sebagai bahan substitusi tepung terigu dalam pembuatan cookies yang disuplementasi dengan kacang hijau. Jurnal Matematika, Sains, dan Teknologi.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppkmdu.v0i0.3807

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.