SOSIALISASI PERAN PENTING KOMUNIKASI DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN DENGAN PELANGGAN

Periyadi Periyadi(1*), Mohammad Zainul(2), Husnurrofiq Husnurrofiq(3), Sulastini Sulastini(4), Junaidi Junaidi(5), Abdul Kadir(6), Sanusi Sanusi(7)

(1) Program studi Magister Manajemen, Pascasarjana, Universitas Islam Kalimantan MAB
(2) Program studi Magister Manajemen, Pascasarjana, Universitas Islam Kalimantan MAB
(3) Program studi Magister Manajemen, Pascasarjana, Universitas Islam Kalimantan MAB
(4) Program studi Magister Manajemen, Pascasarjana, Universitas Islam Kalimantan MAB
(5) Program studi Magister Manajemen, Pascasarjana, Universitas Islam Kalimantan MAB
(6) Program studi Magister Manajemen, Pascasarjana, Universitas Islam Kalimantan MAB
(7) Program studi Magister Manajemen, Pascasarjana, Universitas Islam Kalimantan MAB
(*) Corresponding Author

Sari


Dalam keadaan perekonomian yang semakin sulit ini banyak terjadi persaingan di berbagai bidang, termasuk di dalamnya persaingan dalam dunia bisnis. Banyak perusahaan yang berlomba untuk mendapatkan pangsa pasar, sehingga hal ini memacu perusahaan untuk berusaha terus maju dalam memperbaiki manajemen bisnisnya. Di samping itu perusahaan mulai mengubah pandangannya dari yang berorientasi pada produk atau jasa, ke pandangan yang berorientasi pada pelanggan (customer oriented). Salah satu strategi yang dapat digunakan oleh perusahaan adalah membangun loyalitas pelanggan. Kesetiaan pelanggan dibutuhkan untuk memastikan masa depan perusahaan. Menjaga Loyalitas pelanggan mutlak diperlukan oleh sebuah perusahaan agar dapat tetap survive dan mampu bersaing dengan perusahaan lain.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arifin, Ali. 2003. Viral Marketing Konsep Baru Berinvestasi Dan Berwirausaha. Yogyakarta : Andi Publisher.

Alma, Buchari, 2004, Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa, edisi revisi, cetakan kelima, Penerbit : Alfabeta, Bandung.

Kenedy, Jhon E & Soemanegara Dermawan R. 2006. Marketing Communication. Jakarta : PT. BUANA ILMU POPULER.

Kotler, Philip & Amstrong, Gary. 2004. Dasar-dasar Pemasaran, edisi ke sembilan jilid 2. Jakarta: PT Indeks.

Kotler, Phillip. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi Keenam Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Armstrong Gary. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi Kedua Belas Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Phillip dan Keller, Kevin. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Miller, K.D., Fabian, F. & Lin, S.J. 2009. Strategies for online communities. Strategic Management Journal, 30(3), 305-322.

Porter, M. E. (1980), Competitive Strategy : Technigues For Analizing Industries and Competitors, The Free Press, New York.

Rossen, Emanuel. 2000. The anatomy of buzz : how to create Word Of Mouth Marketing. Newyork: Doubleday, Random house. Inc.

Swastha, Basu dan T. Hani Handoko, 2000, Manajemen Pemasaran, Analisa Perilaku Konsumen, edisi pertama, cetakan ketiga, Penerbit : BPFE, Yogyakarta.

Sulaksana, Uyung. 2003. Integrated Marketing CommunicationsYogyakarta: PustakaPelajar Offset.

Swastha, Basu, 2008, Manajemen Pemasaran, Analisa Perilaku Konsumen, edisi pertama, cetakan keempat, Penerbit : BPFE, Yogyakarta.

Solis, Brian. 2011. Engage: The Complete Guide for Brands and Businesses to Build, Cultivate, and Measure Success in the New Web. New Jersey: John Wiley & Sons.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, 2005, Service, Quality dan Satisfaction, edisi pertama, cetakan kedua, Penerbit : ANDI, Yogyakarta.

Umar, Husein. 2003. Metode Riset Bisnis. Jakarta : PT Gramedia Pustaka. Utampa




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppkmdu.v0i0.10318

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.