Analisis Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Peserta Didik Pada Lembaga Pendidikan dan Keterampilan Kharisma Banjarmasin

Apriya Santi(1*)

(1) Fakultas Ekonomi Universitas Islam Kalimantan MAB
(*) Corresponding Author

Sari


Evaluasi terhadap kualitas pelayanan dan kepercayaan dapat mengembangkan perspektif
positif dalam upaya memberikan kepuasan kepada pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah
mengetahui dan menganalisis pengaruh faktor kualitas pelayanan dan faktor kepercayaan
terhadap kepuasan. Dengan teknik Purposive Sampling, terdapat 67 orang peserta didik
sebagai populasi yang seluruhnya dijadikan responden. Teknik analisis yang digunakanadalah Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan faktor kualitas pelayanan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan dan faktor kepercayaan pun berpengaruh terhadap tingkat kepuasan peserta didik pada LPK Kharisma Banjarmasin


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akbar, MM & Parvez N 2009, Impact of service quality, trust and customer satisfaction on customer loyality, ABAC Journal, vol 29, No.1.

Aryani,D & Rosinta, F 2010, Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan dalammembentuk loyalitas pelanggan, jurnal Ilmu Administrasi dan organisasi vol.17, no 2.

Bahadori,M et.al.2011, Assessing quality of educational service by servqual model, vol.6, no.6.

Ferdinand,A 2006, Structural Equation Modelling dalam penelitian manajemen, Semarang, penerbit Universitas Diponegoro.

Handayani, Dwi 2007, Pengaruh kualitas pelayanan dan nilai pelanggan terhadap kepuasan pelanggan Hotel Patria Plaza Blitar.

Kotler, Philip 2000, Manajemen Pemasaran, Edisi Kesepuluh, PT. Prehallindo, Jakarta.

Kotler, Philip & Keller,K 2009 ,Manajemen Pemasaran,Edisi Tiga Belas Jilid Dua, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Ong, Wee Ming & Nankervis, 2012 Service Quality in higher education :Student perception in Australia and Malaysia, Review of integrative business and economics research, Vol. 1, no. 1

Publikasi Peraturan Daerah Kota Banjarmasin,www.jdih.bjm.web.id(Tanggal akses : 16 Februari 2013).

Publikasi Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi,www.antaranews.com(Tanggal akses : 16 Februari 2013).

Publikasi Badan Akreditasi Nasional PNF, web.banpnf.or.id(Tanggal akses : 17 Februari 2013).

Publikasi BPS,www.bps.go.id(Tanggal akses : 17 Februari 2013).

Publikasi Undang-undang Sisdiknas,www.bapsi.undip.ac.id(Tanggal akses : 17 Februari 2013).

Setiawati, R & Putri, A2012, The impact of perceived value on customer satisfaction,loyalty, recommendation and repurchase, International conference on trade, tourism & managing, Bangkok.

Shptim, C 2012, Exploring the relation among service quality, satisfaction, trust and store loyalty among retail customers, journal of competitiveness, Vol. 4.

Stodnick & Rogers, 2008Using servqual to measure the quality of class room experience, journal of Inovative Education vol. 6, No.1

Walter, A, Mueller &Helfert, G 2000, The impact of satisfaction, trust and relation value on commitment.

Wijayanti 2012, Pengaruh relationship marketing terhadap kepuasan pelanggan pada Asuransi Jiwa Bersama Bumi Putera 1912, Universitas Muhammadiyah, Purwokerto.

Winahyunungsih 2013. Pengaruh kepercayaan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Hotel Graphita Kudus.

Yasmaniar, VH 2008, Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dibutur modal kerja dengan kepercayaan sebagai intervening variabel pada PT. BCA Kancab. Solo Tbk.

Zulganef & Murni, A 2008, Hubungan kepuasan dan kepercayaan mahasiswa terhadap lembaga pendidikantinggi dengan keinginan untuk membujuk calon mahasiswa melanjutkan studi ke PT, Jurnal manajemen teori dan terapan,No.2.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/ppdu.v0i1.8121

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.