PENERAPAN BLUE OCEAN STRATEGY (BOS) TERHADAP PENJUALAN MOTOR KAWASAKI

Defin Shahrial Putra, Abdurrahim Abdurrahim

Sari


Perkembangan industri otomotif di Indonesia sudah sedemikian pesatnya dan membuat tingkat persaingannya semakin ketat, khususnya pada industri sepeda motor. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis strategi yang tepat untuk bertahan dalam persaingan. Dan dengan upaya memenangkan motor kawasaki dalam persaingan bisnis sebagai strategi penjualan yang baru dengan menggunakan pendekatan Blue Ocean Strategy. Hasil dalam penelitian ini di dapatkan bahwa pada diagram SWOT posisi perusahaan berada pada posisi kuadran III yang artinya perlu dilakukan perubahan strategi, karena strategi bersaing saat ini termasuk dalam zona Red Ocean sehingga untuk keluar dari persaingan strategi perusahaan yang tepat dengan menggunakan Blue Ocean Strategy.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kim, W. & Mauborgne. 2005. Blue Ocean Strategy: Menciptakan Ruang Pasar Tanpa Pesaing dan Biarkan Kompetisi Tak Lagi Relevan, Indonesia. Harvard Business School Publishing Corporation.

Prasetyo, Bambang. 2005. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Aplikasi, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunarto, A. & Zainal, A. 2007. Model Perencana Strategis Sistem Informasi Pada Industri Penyiaran Televisi dengan Pendekatan Blue Ocean Strategy dan Balanced Scorecard. Jakarta. Jurnal System Informasi MTI UI Vol 3 No 2.

Utaminingsih, Ina. 2010. Rancangan Blue Ocean Strategy pada PT. Silkargo Indonesia Samudera. Jakarta. http://jmbr.ppm-school.ac.id/index.php/jmbr/article/view/86

https://triatmono.info/data-penjualan-tahun-2012/data-penjualan-motor-tahun-2005/

https://bmspeed7.com/2018/07/12/data-aisi-penjualan-motor-sport-fairing-250cc-periode-januari-juni-2018/

https://kawasaki-motor.co.id/

https://oto.detik.com/motor/d-4109851/dominasi-kawasaki-ninja-di-persaingan-motor-sport-250-cc


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.