PERANAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA PAUD TERPADU TRESNA NIA GUNTUNG MANGGIS LANDASAN ULIN BANJARBARU

Suranti Suranti(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di PAUD Terpadu Tresna Nia. Alasannya adalah kurangnya penguasaan kemampuan akan mengakibatkan ketidakseimbangan dalam kepemimpinan, seorang kepala sekolah harus mampu menunjukkan dirinya bahwa memahami tugas dan kewajibannya sebagai pemimpin mampu memberikan pemahaman kepercayaan kepada bawahannya yang kreatif, inovatif, realistis. ide yang dapat menantang mereka untuk membuktikan diri terkait dengan apa, mengapa, dan bagaimana melaksanakan tugasnya dengan hasil yang maksimal.

membangkitkan semangat kebersamaan dalam pemahaman untuk mencapai tujuan bersama melalui tindakan nyata dengan melibatkan mereka dalam perencanaan, penyelenggaraan, pemantauan, dan evaluasi, menunjukkan sikap orang tua, membimbing, mengarahkan dan menjadi mediator yang baik dan siap untuk "disalahkan" atau menjadi pelindung. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif.

Subjek penelitian di PAUD Terpadu Tresna Nia yang terletak di Jalan Guntung Manggis Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarbaru.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Prkatek, Cet. II; Jakarta: Rineka Cipta, 1998.

Al-Attas, Muhammad Naquib. The Concept of Education in Islam, Kuala Lumpur: ABIM, 1980.

Arifin, HM. Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama dilingkungan Sekolah dan Keluarga,

Alewine J. Thomas. Penilaian Kinerja dan Standar Kinerja Seri Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bhuana Ilmu Komputer, 2002.

Atmidjaja, Tisna. D.A. Pola Pembaharuan sistem Pendidikan di Indonesia dan Pedoman Pelaksanaannya, Jakarta: Depdikbud, 1994.

Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prkatis, Jakarta: Rineka Cipta, 1996.

Bateman Thomaa, dkk.Seni Ilmu dan Seni Manajemen Bisnis Kinerja, Jakarta: Elex Media Kamputindo, 1992.

Bellah, Robert N. Beyond Belief, New York: Harper & Row, edisi paper back, 1976.

Bolland, B.J. The Struggle of Islam in Modern Indonesia, The Hague: Martinus Nijhoff, 1971.

Adiwikarta, Sudardja. Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia II Kurikulum untuk Abad 21, Jakarta: Gramedia, 1994.

Abuddin, H. Nata. Ilmu Pendidikan Islam dengan Pendekatan Multidisipliner, Normatif Perenialis, Sejarah, Filsafat, Psikologi, Informasi, Kebudayaan, Politik, Hukum. Edisi 1-2, Cet, II; Jakarta: Rajawali Pers, 2010.

Departemen Pendidikan Nasional, Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Badan Hukum Pendidikan Nasional, Jakarta: Departemen Pendidikan, 2007.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/.v0i0.4730

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.