PENGARUH KINERJA KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH

Miseransyah Miseransyah(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh kinerja kepemimpinan dan manajemen kepala sekolah, terhadap kinerja guru. Hipotesis dalam penelitian ini adalah: (1) ada pengaruh kinerja kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, (2) ada pengaruh kinerja manajemen terhadap kinerja guru, (3) ada pengaruh kinerja kepemimpinan dan manajemen kepala sekolah secara simultan terhadap kinerja guru. Populasi dalam penelitian ini adalah guru dan kepala sekolah Sekolah Dasar Negeri  di Kabupaten Hulu Sungai Tengah pada tahun 2020. Sampel penelitian sebanyak 250 orang guru dan kepala sekolah, diambil dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan metode kuesioner, dengan instrumen sebanyak 80 item pernyataan. Sedangkan analisis datanya adalah secara kuantitatif dengan teknik statistik diskriptif, analisis korelasi dan regresi sederhana, serta analisis korelasi dan regresi berganda. Hasil penelitian adalah: (1) terdapat pengaruh yang signifikan kinerja kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, (2) terdapat pengaruh yang signifikan kinerja manajemen terhadap kinerja guru, (3) terdapat pengaruh yang signifikan kinerja kepemimpinan dan manajemen kepala sekolah secara simultan terhadap kinerja guru, hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi ganda sebesar 0,714 atau koefisien determinasinya sebesar 51,0 %.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Burhanudin, (1994). Analisis administrasi manajemen dan kepemimpinan pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Gibson, James L., (1996). Organization,behavior,structure and prosess. Organisasi,perilaku,Struktur dan proses ( Terjemahan Nunuk Adiarni). Jakarta : Binarupa Aksara.

Mulyasa, (2002). Manajemen Berbasis Sekolah(MBS) : Konsep, Strategi, dan implementasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana, D., (2000). Manajemen program pendidikan untuk pendidikan luar sekolah. Bandung : Falah Production.

Sugiono, (2000). Metode penelitian administrasi. Bandung : CV. Alfabeta Wahjosumidjo.

H.A.R. Tilaar, (2004). Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta : Rineka Cipta.

Dikdasmen, (2000). Rambu-rambu penilaian kinerja SLTP – SMU. Jakarta : Dikdasmen Depdiknas Republik Indonesia

_________, (2002). Kompetensi : Memiliki Jiwa Kepemimpinan. Jakarta : Ditjend. Dikdasmen.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/.v0i0.4720

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.