ANALISIS TRIP GENERATOR AKIBAT DARI GANGGUAN (POHON TUMBANG) DI JALUR QUARRY FEEDER STUDI KASUS DI PT. INDOCEMENT TUNGGAL PRAKARSA, TBK PLANT 12 TARJUN

Moethia Faridha(1*)

(1) Program Studi Teknik Elektro, Universitas Islam Kalimantan MAB
(*) Corresponding Author

Sari


PT. Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk Plant 12 Tarjun merupakan perusahaan penghasil semen dengan kapasitas 7500 ton Clinker per hari. Dan untuk kelancaran Penyuplaian Tenaga Listrik di setiap Feeder / Jaringan di Pasang Proteksi Relay yang berfungsi untuk mengamankan Feeder / Jaringan dari Gangguan yang terjadi. Di Jalur Quarry Feeder tersedia fasilitas Proteksi Relay tersebut, namun gagal mengamankan gangguan yang terjadi, sehingga menyebabkan Trip Generator yang berdampak terganggunya Pencapaian Target Produksi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui cara prinsip kerja dari proteksi relay dan mengetahui cara menganalisa trip Generator akibat gangguan yang terjadi dengan pengaturan setting time relay yang sesuai dengan arus.
Analisa menggunakan Software ETAP Version 12.6 untuk mengetahui besar Arus Hubung Singkat. Hasil analisa menggunakan Software ETAP Version 12.6 adalah Proteksi Relay adalah alat yang memonitor besarnya Arus Gangguan dengan menggunakan Current Transformer sebagai Tranducernya. Apabila Arus yang mengalir melebihi nilai setting, maka Proteksi Relay akan membuka PMT sesuai dengan nilai waktu yang diinginkan. Nilai Setting yang ada terlalu besar, sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan Beban maksimal Operasional yang ada. Sensitivitas dan Reabiliti Proteksi Relay di Outgoing Quarry Feeder dan Incoming Quarry Feeder tidak sesuai dengan yang diharapkan. Koordinasi antar Relay sangat penting terutama untuk sistem yang lebih kompleks, untuk menghindari terjadinya Relay tidak bekerja atau kesalahan pada penunjukan indikasi alarm gangguan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku Manual ABB No 01 Tentang Operasional Boiler

Buku Manual ABB No 37 Tentang Proteksi Relay

Buku Manual ABB No 38 Tentang Equipment dan Peralatan

Buku Manual ABB No 39 Tentang Schematic Diagram

Diktat Proteksi Sistem Tenaga Listrik Oleh Muhammad Taqiyyuddin Alawiy




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/al-jazari.v2i1.854

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.