REDESAIN KONDENSOR ALAT SAMPAH PLASTIK MENJADI BAHAN BAKAR MINYAK DENGAN METODE PIROLISIS

Agus Setiawan(1*), Jainal Arifin(2), Heri Irawan(3), Firda Herlina(4)

(1) Teknik Mesin
(2) Teknik Mesin
(3) Teknik Mesin
(4) Teknik Mesin
(*) Corresponding Author

Sari


seberapa besar pengaruh variasi arah aliran air pendingin kondensor terhadap minyak plastik yang di hasilkan. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk  mengetahui kualitas hasil minyak yang di dapat dari percobaan terdahulu dan sekarang setelah kondensornya di redesain. Pengujian di lakukan Pada langkah pertama plastik botol yang di masukan ke dalam tabung reaktor berjumlah 3 kilogram dengan suhu awal 0 ̊ C, lalu kemudian di panaskan hingga suhu mencapai 180 ̊ C dengan waktu sekitar 3 jam. kemudian langkah kedua yaitu dengan memasukan sampah botol plastik lagi dengan jumlah 1 kilogram dengan rentang waktu 1 jam, dan terakhir memasukan sampah botol plastik kembali setelah 1 jam jadi total pembakaran sampah botol plastik yaitu sebanyak 5 kg dengan suhu total 300 ̊ C. Hasil  penelitian ini menunjukkan bahwa hasil redesain minyak yang di hasilkan pun sangat baik dari sebelumnya di mana hasil  lebih jernih, kandungan air nya tidak terlalu banyak dikarenakan bahan yang di gunakan di bersihkan dan di jemur. dan   pipa kondensornya terbuat dari stainles dan tembaga di mana kedua bahan ini di kenal sebagai penghantar panas yang cukup baik. Pada percobaan sebelumnya di mana pada percobaan tersebut memiliki  hasil warna yang berbeda hal ini terjadi  kurang efektifnya pengeluaran asap dari hasil pembakaran sampah tersebut, kadar air yang diketahui di dalam minyak hasil pirolisis nya terlalu banyak.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aprian Ramadhan, Munawar, A., (2010), “Pengolahan Sampah Plastik Menjadi Minyak Memakai Proses Pirolisis”, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”. Jawa Timur.

D. Mustopa K, dkk (2014). (2014). “PIROLISIS SAMPAH PLASTIK SAMPAI SUHU 900̊C SEBAGAI UPAYA MENGHASILKAN BAHAN BAKAR RAMAH LINGKUNGAN’’. Jurnal Simposium Nasional RAPI XIII - 2014 FT UMS, ISSN 1412-9612.

Ekky Wahyudi, Z. (2016). Pengolahan Sampah Plastik Polipropilena (PP) Menjadi Bahan Bakar Minyak dengan Metode Perengkahan Katalitik Memakai Katalis Sintesis. Jurnal Rekayasa Kimia Dan Lingkungan, 11(1), 17.

Endang, K., Mukhtar, G., Nego, A., & Sugiyana, F. A. (2016). No TitlePengolahan sampah plastik dengan metoda pirolisis menjadi bahan bakar minyak. Seminar Nasional Teknik Kimia Kejuangan, 6.

Hendra Prasetya, Rudhiyanto, dkk., “Mesin Pengolah Limbah Sampah Plastik Menjadi Bahan Bakar Alternatif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Haryadi Sigit, (2015) Pengaruh Arah Aliran Air Pendingin Pada Kondensor Terhadap Hasil Pegembunan Proses Pirolisis Limbah Palastik, Universitas Negeri Semarang.

Jainal Arifin, Sobar Ihsan. (2018) Analisa dan Perancangan Limbah Plastik Sampah polyethylene Terephthalate untuk Menghasilkan Bahan Bakar Alternatif, Fakultas Teknik, Teknik Mesin, Universitas Islam Kalimantan MAB Banmjarmasin

Krieith Frank. (1991). Prinsip-Prinsip Perpindahan Panas. Erlangga.

Stepen J. Miller (2005). (2005). conversion of waste plastic to lubrican base oil. American Chemical Society.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/al-jazari.v6i2.6058

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.